5 Pelatih yang Dinilai Sukses di Klub Barunya Sepanjang Tahun 2019

Mereka berpotensi juara dengan klub barunya

Tahun 2019 menjadi waktu yang tak menyenangkan bagi banyak pelatih karena masifnya pemecatan yang terjadi di berbagai liga top Eropa. Performa klub yang menurun tentunya menjadi sebab utama mereka dihentikan.

Hadirnya pelatih baru pun diharapkan mampu memperbaiki kondisi klub lebih baik lagi. Meski hal itu tidaklah mudah, lima pelatih anyar berikut ini terbukti sukses di klub anyarnya sepanjang tahun 2019 lalu. Siapakah merek? Berikut ulasannya.

1. Antonio Conte - Inter Milan

5 Pelatih yang Dinilai Sukses di Klub Barunya Sepanjang Tahun 2019thenational.ae

Musim ini Inter Milan menunjuk Antonio Conte sebagai pelatih mereka gantikan Luciano Spalletti. Langkah pertama yang ia lakukan adalah membuang pemain bermasalah seperti Mauro Icardi, Ivan Perisic dan Radja Nainggolan. Menggantikannya dengan sosok baru seperti Romelu Lukaku, Alexis Sanchez, Nicola Barella dan Stefano Sensi. 

Strategi transfer dan permainan ala Antonio Conte pun terbukti ampuh. Inter Milan mampu bersaing ketat dengan Juventus, yang mendominasi Serie A delapan musim terakhir. Hingga pekan ke-17, Inter mampu puncaki klasemen dengan keunggulan selisih gol dari Juventus. 

2. Maurizio Sarri - Juventus

5 Pelatih yang Dinilai Sukses di Klub Barunya Sepanjang Tahun 2019thenational.ae

Musim lalu Maurizio Sarri ditunjuk tangani Chelsea. Meski hanya bertahan satu musim, ia mampu persembahkan gelar Liga Eropa untuk The Blues. Berbekal prestasi tersebut, Sarri kemudian ditunjuk sebagai pelatih Juventus untuk tempati posisi Massimiliano Allegri yang undur diri. 

Dengan deretan pemain bintang, Sarri mampu melanjutkan performa apik Juventus musim lalu. Sepanjang kompetisi tahun 2019, Juventus tak terkalahkan di fase grup Liga Champions dan hanya menderita satu kekalahan di Serie A. Kini mereka miliki poin yang sama dengan Inter, 42 angka, namun kalah dalam jumlah gol. 

Sarri sendiri musim ini ditargetkan mampu memberikan gelar juara Liga Champions untuk The Old Lady. 

Baca Juga: 8 Bintang Sepak Bola Ini Memilih Pensiun di Tahun 2019

3. Hans-Dieter Flick - Bayern Muenchen

5 Pelatih yang Dinilai Sukses di Klub Barunya Sepanjang Tahun 2019dailymail.co.uk

Pada pekan ke-10 Bayern Muenchen memcat Niko Kovac sebagai pelatih mereka usai dipermalukan Frankfurt dengan skor 6-1. Posisinya pun untuk sementara digantikan oleh sang assiten, Hans-Dieter Flick. Hebatnya, sang caretaker berhasil membawa Bayern Muenchen bangkit dari keterpurukannya.

Salah satunya adalah kemenangan telak 4-0 atas musuh abadi mereka, Borussia Dortmund. Dari 10 laga yang telah dijalaninya, Hans-Flick sukses meraih delapan kemenangan dan dua kekalahan. Puas dengan performanya, Muenchen pun menahbiskannya untuk tangani Muenchen hingga akhir musim.

4. Jose Mourinho - Tottenham Hotspurs

5 Pelatih yang Dinilai Sukses di Klub Barunya Sepanjang Tahun 2019skysports.com

Setelah membawa Tottenham Hotspurs lolos ke babak final Liga Champions pertama kalinya, Pochettino harus menelan pil pahit di musim ini. Alami krisis kemenangan, Pochettino pun dipecat pada November lalu. Posisinya digantikan oleh Jose Mourinho.

Sang pelatih baru pun langsung mempersembahkan kemenangan untuk Spurs pada laga debutnya. Padahal sebelumnya Spurs sulit raih kemenangan dalam tujuh laga terakhirnya. Dari 10 laga yang telah dijalani, Mourinho berikan enam kemenangan, satu imbang dan tiga kekalahan.

Spurs pun kini mulai merangkak kembali ke papan atas dan hanya terpaut enam angka dari Chelsea yang berada di peringkat empat.

5. Brenden Rodgers - Leicester City

5 Pelatih yang Dinilai Sukses di Klub Barunya Sepanjang Tahun 2019lcfc.com

Pada Februari Lalu Brendan Rodgers ditunjuk sebagai pelatih Leicester City menggantikan Clauede Puel. Eks pelatih Liverpool itu sukses mengeluarkan The Foxes dari keterpurukan musim lalu dan finish di peringkat sembilan musim 2018/2019.

Hebatnya, di musim baru ini ia sukses meningkatkan performa klub untuk bersaing di papan atas. Hingga pekan ke-21, Leicester City mampu berada di peringkat runner up menyisihkan klub besar lain seperti Mancheser City, Chelsea, Manchester United dan Tottenham Hotspurs.

Dari 35 laga yang telah dijalaninya bersama The Foxes, Brendan Rodgers catatkan 23 kemenangan, lima imbang dan tujuh kekalahan. Sebuah catatan yang sangat impresif untuk pelatih klub papan tengah.

Itulah lima pelatih baru di tahun 2019 yang berhasil meningkatkan performa klub anyar mereka. Ada pelatih favoritmu?

Baca Juga: Cari Pelatih Tetap, Bayern Munchen Inginkan Pelatih PSG

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya