5 Pemain Dortmund yang Jadi Incaran Klub Top Eropa pada Januari 2023

Deretan pemain muda berbakat

Sudah bukan rahasia lagi jika Borussia Dortmund merupakan gudangnya pemain muda berbakat. Hal ini membuat banyak klub top Eropa kerap melirik pemain mereka setiap bursa transfer dibuka, tidak terkecuali pada bursa transfer musim dingin 2023 ini.

Beberapa nama pemain Borussia Dortmund telah masuk dalam radar klub raksasa lantaran sukses menunjukkan performa impresif sepanjang musim kompetisi 2022/2023 sejauh ini. Siapa saja mereka? Yuk, simak ulasannya!

1. Marco Reus

5 Pemain Dortmund yang Jadi Incaran Klub Top Eropa pada Januari 2023Marco Reus (twitter.com/woodyinho)

Tidak ada yang meragukan jika Marco Reus adalah pemain setia bersama Borussia Dortmund. Namun, sang kapten berpotensi meninggalkan klub. Kontraknya bakal berakhir pada Juni 2024 dan Dortmund belum membuka negosiasi perpanjangan kontrak.

Kondisi ini membuat sang pemain membuka opsi hijrah ke klub lain. Al-Nassr dikabarkan siap memberikan tawaran besar agar dirinya mau hengkang ke Liga Arab Saudi. Pemain 33 tahun ini telah berkostum Dortmund selama 10 musim sejak didatangkan dari Monchengladbach pada 2012 silam.

2. Donyell Malen

5 Pemain Dortmund yang Jadi Incaran Klub Top Eropa pada Januari 2023Donyell Malen (twitter.com/BlackYellow)

Donyell Malen baru didatangkan dari PSV Eindhoven pada musim panas 2021. Namun, performanya sejauh ini dinilai belum sesuai ekspektasi. Pemain asal Belanda ini bahkan tak lagi mencetak gol kompetitif sejak akhir Juli 2022. Dia pun gagal masuk daftar pemain Timnas Belanda ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Kendati begitu, dia tetap diminati di bursa transfer Januari 2023. PSV dikabarkan ingin memulangkan sang pemain dengan status pinjaman selama 6 bulan. Dia bakal diplot sebagai pengganti Cody Gakpo yang baru bergabung dengan Liverpool.

Baca Juga: 6 Lulusan Akademi Dortmund yang Membela Tim Utama pada 2022/2023

3. Raphael Guerreiro

5 Pemain Dortmund yang Jadi Incaran Klub Top Eropa pada Januari 2023Raphael Guerreiro (twitter.com/ProximaJornada1)

Atletico Madrid dilaporkan tertarik untuk memboyong Raphael Guerreiro dari Borussia Dortmund pada Januari 2023 ini. Diego Simeone ingin menambah opsi di bek kiri karena tidak puas dengan performa Reinildo Mandava dan Sergio Reguilon. 

Dortmund sendiri kabarnya tidak keberatan melepas sang pemain agar tak kehilangan secara cuma-cuma. Pasalnya, kontrak pemain asal Portugal itu akan berakhir pada Juni 2024.

4. Youssoufa Moukoko

5 Pemain Dortmund yang Jadi Incaran Klub Top Eropa pada Januari 2023Youssoufa Moukoko (twitter.com/BlackYellow)

Youssoufa Moukoko menjadi bintang muda Dortmund yang bersinar pada 2022/2023. Lulusan akademi klub itu tampil memukau dengan menorehkan 6 gol dan 4 assist dari 14 laga Bundesliga. Bakat besarnya pun mulai dilirik klub-klub kaya raya Eropa, apalagi kontraknya akan berakhir pada Juni 2024.

Dortmund sedang berusaha keras mengamankan asetnya ini dengan kontrak baru. Namun, tawaran lebih menggiurkan datang dari Newcastle United. The Maggpies dilaporkan siap memberikan gaji 9 juta euro atau Rp147 miliar per musim. Striker 18 tahun ini juga jadi incaran Manchester United, Barcelona, dan Chelsea.

5. Jude Bellingham

5 Pemain Dortmund yang Jadi Incaran Klub Top Eropa pada Januari 2023Jude Bellingham (twitter.com/BellinghamJude)

Sejak didatangkan dari Birmingham City pada 2020 lalu, Jude Bellingham menjelma menjadi bintang baru Borussia Dortmund. Sang gelandang telah mengoleksi 19 gol dan 21 assist dari 112 pertandingan. Nilai pasarnya bahkan telah meroket ke angka 110 juta euro atau Rp1,8 triliun.

Pemain 19 tahun ini kini jadi incaran tiga klub besar, yaitu Real Madrid, Manchester City, dan Liverpool. Kendati begitu, sang pemain menegaskan jika dirinya masih betah di Dortmund. Namun, bukan tak mungkin klub bakal melepas Jude Bellingham jika ada tawaran yang sangat menggiurkan.

Borussia Dortmund dikenal sebagai klub yang cerdas dalam strategi transfer. Mereka kerap meraup keuntungan besar dalam menjual pemainnya. Rekor penjualan klub berpotensi kembali terpecahkan jika deretan pemain di atas kembali dilepas klub.

Baca Juga: 5 Pembelian Mahal Borussia Dortmund Ini Tampil Flop, Gagal Untung!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya