Punya Hobi Ekstrem, Inilah 5 Fakta Unik tentang Luis Enrique

#WorldCup2018 Pelatih barunya tim Matador nih

Luis Enrique akhirnya ditunjuk untuk menangani timnas Spanyol untuk menggantikan Fernando Hierro, yang gagal membawa La Furia Roja melangkah jauh di Piala Dunia 2018. Sebelumnya Enrique sendiri berstatus 'pengangguran' setelah mengundurkan diri dari Barcelona pada tahun 2017.

Enrique sendiri dikontrak selama 2 tahun dengan target membawa Spanyol juara di Euro 2020. Jika melihat catatan apiknya selama menangani Barcelona, di mana dia berhasil mempersembahkan 2 trofi La Liga, 3 Copa Del Rey dan 1 trofi Liga Champions dalam waktu 3 tahun, target tersebut bukanlah suatu yang mustahil.

Di balik semua prestasi tersebut, ada fakta-fakta menarik yang tak banyak orang tahun tentang manager berusia 48 tahun itu, dilansir dari Sportskeeda.com dan Footyfair.com. Apa saja? Check this out.

1. Pencinta lari marathon

Punya Hobi Ekstrem, Inilah 5 Fakta Unik tentang Luis Enriquesportskeeda.com

Setiap orang punya hobi masing-masing. Tak terkecuali seorang yang bermain di lapangan hijau. Bagi Luis Enrique, lari marathon merupakan hal yang paling disukainya selain sepak bola. Setelah memutuskan gantung sepatu sebagai pemain, dia sering terlibat dalam berbagai even lari marathon.

Pada tahun 2005, dia pernah mengikuti New York City Marathon, Amsterdam Marathon pada tahun 2006, dan pada tahun 2008 dia mengikuti Florence Marathon dan Moroccon Marathon. Bahkan dia juga sempat mengikuti perlombaan triathlon 140 mil, yang merupakan perlombaan paling berat di dunia.

2. Masuk dalam 100 pemain terbaik dunia menurut Pele

Punya Hobi Ekstrem, Inilah 5 Fakta Unik tentang Luis Enriquesoccerladuma.co.za

Semua pencinta sepak bola dunia pasti setuju jika Pele merupakan pemain terbaik dunia sepanjang masa.Tak hanya diisi dengan prestasi hebat, Pele pun merupakan pemain yang memiliki karakter dan kepribadian pesepak bola sejati. Tak mengherankan jika kisah hidupnya pun diangkat kedalam sebuah film dan buku.

Pada bulan Maret 2004, Pele mengeluarkan sebuah list yang berisi 100 pemain terbaik dunia menurut dirinya. Luis Enrique merupakan dari tiga pemain asal Spanyol yang masuk dalam list tersebut. Hal ini tentunya menggambarkan kualitas Enrique saat sebagai pemain.

3. Pernah bermain untuk Real Madrid

Punya Hobi Ekstrem, Inilah 5 Fakta Unik tentang Luis Enriquefourfourtwo.com

Tak banyak pemain yang bisa bermain untuk dua klub terbaik Spanyol, Real Madrid dan Barcelona. Namun Luis Enrique merupakan salah satunya. Dia pernah bermain untuk El Real selama 5 musim, dari tahun 1991 hingga 1996.

Enrique kemudian hengkang menuju Barcelona dengan status free transfer. Bersama Barcelona dia berhasil mempersembahkan dua gelar La Liga, sebelum memutuskan gantung sepatu pada tahun 2004.

Enrique pernah mengungkapkan bahwa saat membela Real Madrid, dirinya merasa tidak dicintai oleh publik Santiago Bernabeu. Sehingga dia pun merasa tak memiliki memori yang berharga di sana.

4. Hobi juga berselancar

Punya Hobi Ekstrem, Inilah 5 Fakta Unik tentang Luis Enriquesportskeeda.com

Selain memiliki hobi lari marathon, Luis Enrique juga sangat menyukai olahraga esktrem lainnya, yaitu surfing. Hobinya tersebut dia mulai lakukan setelah gantung sepatu dari sepak bola dan tinggal di Australia.

Australia sendiri dikenal dengan lautnya yang memiliki ombak-ombak keren untuk bermain surfing.

5. Meraih medali emas Olimpiade 1992

Punya Hobi Ekstrem, Inilah 5 Fakta Unik tentang Luis Enriquefootyfair.com

Olimpiade 1992 yang diselenggarakan di Barcelona, Spanyol menjadi salah satu persembahan yang mampu diberikan Luis Enrique bagi negaranya. Saat itu mereka berhasil meraih emas dalam kategori sepak bola.

Spanyol mampu tampil sempurna tanpa kekalahan. Mereka berhasil mengalahkan Qatar, Mesir, Kolombia, Italia, Ghana dan Polandia di babak final. Luis Enrique sendiri mampu mencetak satu gol di ajang tersebut saat berhasil mengalahkan Kolombia dengan skor 4-0.

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya