Rangkuman Liga Inggris Pekan 21, Liverpool Alami Kekalahan Pertamanya

Persaingan juara makin menegangkan nih!

Liga Inggris telah memasuki periode kedua di tahun baru 2019. Tak hanya memasuki jadwal padat, pekan ke-21 menjadi bukti persaingan papan atas semakin ketat dan menarik. Liverpool yang berhasil menjadi juara paruh musim dengan rekor tak terkalahkan dalam 20 laga Liga Inggris, akhirnya harus menderita kekalahan pertamanya dari Manchester City.

Tak hanya itu, persaingan di posisi The Big Four pun semakin menarik berkat performa Man United yang semakin moncer di bawah pelatih anyar ,Ole Gunnar Solksjaer. Dengan hasil ini, persaingan juara liga Inggris pun semakin terbuka. Berikut rangkumannya.

1. Tim London Utara raih kemenangan telak

Rangkuman Liga Inggris Pekan 21, Liverpool Alami Kekalahan Pertamanyapremierleague.com

Dua tim asal London Utara, Arsenal dan Tottenham Hotspurs pekan lalu sama-sama meraih pil pahit akibat kekalahan telak dari lawan-lawannya. The Gunners dihajar habis oleh Liverpool dengan skor 5-1, sedangkan Spurs dipermalukan The Wolves dengan skor 1-3 di kandangnya sendiri.

Di tahun baru 2019, keduanya pun bangkit bersama dengan meraih kemenangan telak. Di pekan ke-21, Arsenal berhasil kalahkan Fulham dengan skor 4-1 melalui gol Granit Xhaka (25'), Lacazette (55'), Aaron Ramsey (79') dan Piere Emerick Aubameyang (83').

Tak kalah tajam, Spurs pun bangkit dengan mengalahkan tuan rumah Cardiff City dengan skor 0-3 melalui gol Harry Kane (3'), Christian Eriksen (12') dan Son Heung-Min (26'). Dengan hasil tersebut, Spurs bertahan di posisi 3 menempel ketat Man City dan Liverpool di puncak klasemen.

Arsenal sendiri tetap tertahan di posisi ke-5 klasemen sementara dengan 41 poin, tertinggal 7 poin dari Tottenham Hotspurs.

2. Chelsea gagal menang, posisinya sebagai The Big Four mulai terancam

Rangkuman Liga Inggris Pekan 21, Liverpool Alami Kekalahan Pertamanyapremierleague.com

Berbeda nasib dengan tim asal London lainnya, Chelsea justru gagal meraih kemenangan saat menjamu tim papan bawah, Southampton. Anak asuh Maurizio Sarri hanya bermain imbang tanpa gol.

Hal ini cukup mengkhawatirkan karena Chelsea tampak seperti kehabisan bensin di periode kedua Liga Inggris musim ini. Akibatnya The Blues pun semakin tertinggal jauh dari persaingan meraih trofi Liga Inggris. Bahkan posisi mereka di posisi empat besar pun semakin terancam.

Saat ini mereka mengumpulkan 44 poin, hanya terpaut tiga angka dari Arsenal yang berada satu tingkat di bawahnya. Salah satu yang menjadi permasalahan The Blues saat ini adalah mandulnya para striker utama mereka. Dari 6 tim teratas, Chelsea menjadi tim paling sedikit dalam mencetak gol dengan 38 gol.

3. Manchester United semakin moncer di bawah Ole Gunnar Solksjaer

Rangkuman Liga Inggris Pekan 21, Liverpool Alami Kekalahan Pertamanyatwitter.com/ManUtd

Usai ditunjuk menjadi pelatih sementara Manchester United, Ole Gunnar Solksjaer mencatat sebuah catatan fenomenal di pekan ke-21 dengan mengalahkan tuan rumah Newcastle United 0-2. Solksjaer berhasil menyamai rekor Matt Busby sebagai pelatih MU yang berhasil memenangkan 4 laga awalnya dengan kemenangan beruntun.

Dua gol kemenangan MU dicetak oleh Romelu Lukaku (64') dan Marcus Rashford (80'). Meski masih tertahan di posisi ke-6, peluang Man United finish di posisi 4 besar masih terbuka lebar.

Empat kemenangan beruntun yang dicatatkan Solksjaer menjadi pembuktian jika dirinya layak dijadikan pelatih permanen Manchester United. Bahkan hal tersebut telah diutarakan sang pelatih jika dirinya tak ingin meninggalkan MU.

Baca Juga: Rangkuman Liga Inggris Pekan Ke-18, Liverpool Jauhi Jarak Man City

4. Liverpool derita kekalahan pertama dari saingan terdekatnya, Manchester City

Rangkuman Liga Inggris Pekan 21, Liverpool Alami Kekalahan Pertamanyapremierleague.com

Rekor tak terkalahkan Liverpool akhirnya harus putus di pekan ke-21 di tangan Man City. City berhasil kalahkan The Reds dengan skor 2-1 Jumat dinihari (04/01/19) melalui gol Sergio Aguero (40') dan Leroy Sane (72'), sedangkan gol Liverpool dicetak oleh Roberto Firmino di menit ke-64.

Kedua tim tampil dengan determenasi sangat tinggi dan saling bertukar serangan. Namun Man City tampil lebih baik dan berhasil mematikan gerakan Mohamed Salah, sehingga tak top skorer Liverpool tersebut tak banyak membahayakan gawang City.

Dengan hasil ini, Man City kini memotong margin poin mereka menjadi hanya 4 poin. Akibat kekalahan ini, posisi Liverpool di puncak pun semakin rentan dari kejaran Man City dan Tottenham Hotspurs. Mampukah The Reds bertahan di puncak hingga akhir musim?

5. Papan atas semakin memanas

Rangkuman Liga Inggris Pekan 21, Liverpool Alami Kekalahan Pertamanyatwitter.com/premierleague

Hasil lengkap Liga Inggris pekan ke-21:

  • Everton 0-1 Leicester (Jamie Vardy 58')
  • Arsenal 4-1 Fulham (Granit Xhaka 25', Alexandre Lacazette 55', Aaron Ramsey 79', Pierre-Emerick Aubameyang 83' ; Aboubakar Kamara 69')
  • Cardiff City 0-3 Tottenham Hotspur (Harry Kane 3', Christian Eriksen 12', Son Heung-min 26')
  • AFC Bournemouth 3-3 Watford (Nathan Ake 34', Callum Wilson 37', Ryan Fraser 40' ; Troy Deeney 14', 27', Ken Sema 38')
  • Chelsea 0-0 Southampton
  • Huddersfield Town 1-2 Burnley (Steve Mounie 33' ; Chris Wood 40', Ashley Barnes 74')
  • West Ham United 2-2 Brighton & Hove Albion (Marko Arnautovic 66', 68' ; Dale Stephens 56', Shane Duffy 58')
  • Wolverhampton Wanderers 0-2 Crystal Palace (Jordan Ayew 83', Luka Milivojevic 90'-penalti)
  • Newcastle United 0-2 Manchester United (Romelu Lukaku 64', Marcus Rashford 80')
  • Manchester City 2-1 Liverpool (Sergio Aguero 40', Leroy Sane 72' ; Roberto Firmino 64').

Baca Juga: Ingin Main di Liga Inggris, Christian Pulisic Sepakat Gabung Chelsea

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya