Rangkuman Matchday ke-4 Liga Eropa, 7 Tim Dipastikan Lolos Fase Grup

Arsenal dan Chelsea jadi unggulan

Matchday ke-4 Liga Eropa telah serentak dihelat Jumat dini hari tadi (09/11/2018). Banyak cerita menarik yang tercipta di ajang kasta kedua Eropa ini. Salah satunya adalah beberapa tim telah dipastikan lolos ke babak knock out meskipun masih tersisa dua laga.

Berikut ini adalah rangkumannya.

1. Dua wakil Inggris berhasil lolos fase grup

Rangkuman Matchday ke-4 Liga Eropa, 7 Tim Dipastikan Lolos Fase Grupstandard.co.uk

Chelsea dan Arsenal menjadi wakil klub Inggris di Liga Eropa musim ini. Memulai musim dengan pelatih baru, Chelsea dan Arsenal tampil impresif di Liga Eropa musim ini. Dari empat laga yang telah dijalani, kedua tim belum terkalahkan.

Jumat dinihari (09/11), Chelsea berhasil mengalahkan wakil Belarusia, Bate Borisov melalui gol tunggal Oliver Giroud di menit ke-52. Dengan hasil ini, Chelsea mengumpulkan poin sempurna dengan 12 poin dan dipastikan lolos ke babak selanjutnya. Mereka hanya butuh satu poin lagi untuk menjadi juara grup L.

Sedangkan Arsenal yang bermain di Emirates stadium hanya mampu bermain imbang dengan wakil Portugal, Sporting Lisbon dengan skor 0-0. Padahal Sporting Lisbon bermain dengan 10 orang setelah Jeremy Mathieu terkena kartu merah di menit ke-83.

Meskipun begitu, Arsenal memastikan satu tiket lolos setelah berhasil mengumpulkan 10 angka, karena poinnya tak akan terkejar lagi oleh tim yang berada di posisi ketiga dan keempat, Vorskla dan Qarabag yang baru mengumpulkan 3 poin.

2. Hanya bermain imbang, posisi AC Milan belum aman

Rangkuman Matchday ke-4 Liga Eropa, 7 Tim Dipastikan Lolos Fase Gruptwitter.com/acmilan

Posisi AC Milan di grup F masih belum aman setelah hanya bermain imbang 1-1 melawan pimpinan klasemen, Real Betis. Bermain di Benito Villamarin Stadium, Real Betis mampu unggul terlebih dahulu setelah Giovani Lo Celso berhasil menjebloskan bola ke gawang Pepe Reina di menit ke-12.

AC Milan yang bermain tanpa Gonzalo Higuain akibat cedera baru bisa membalas gol Real Betis di babak kedua. Tepatnya di menit ke-62 melalui tendangan bebas Suso dari sisi sebelah kiri.

Dengan hasil ini, Real Betis kini memimpin klasemen dengan 8 poin, sedangkan Milan berada di posisi runner up denga 7 angka. AC Milan sendiri belum aman karena di saat bersamaan, Olympiakos berhasil mengalahkan Dudelange dengan skor telak 5-1. Sehingga memiliki poin yang sama dengan Milan, yaitu 7 angka.

Tiga tim di grup F ini masih memiliki kesempaan yang sama untuk memperebutkan dua tiket lolos ke babak knock out.

Baca Juga: Kalahkan Bate Borisov, Chelsea Lolos ke Babak Knock Out Liga Eropa

3. 7 tim telah dipastikan lolos dari fase grup

Rangkuman Matchday ke-4 Liga Eropa, 7 Tim Dipastikan Lolos Fase Gruptwitter.com/EuropaLeague

Selain dua wakil Inggris, Arsenal dan Chelsea, lima tim yang lolos lainnya adalah Eintracht Frankfurt, Dynamo Zagrerb, Lazio, Bayer Leverkusen dan FC Zurich. Di dua laga terakhir mereka hanya tinggal memperebutkan juara grup.

Babak 32 besar Liga Eropa sendiri akan menggunakan sistem knock out. 24 tim yang lolos di fase grup Liga Eropa akan ditambahkan 8 tim dari posisi ketiga di Liga Champions. Nantinya UEFA akan melakukan drawing kembali untuk menentukan lawan yang akan saling berhadapan di babak knock out.

Untuk final Liga Eropa musim 2018/2019 sendiri akan diselenggarakan di Arena Gdansk, Polandia.

4. Data dan fakta matchday Liga Eropa matchday ke-4

Rangkuman Matchday ke-4 Liga Eropa, 7 Tim Dipastikan Lolos Fase Gruptwitter.com/EuropaLeague

Matchday ke-4 Liga Eropa dinihari tadi meninggalkan data dan fakta yang cukup menarik, berikut diantaranya.

  • Oliver Giroud akhirnya mampu mencetak gol setelah puasa gol selama 794 menit bermain.
  • Glenn Middleton menjadi pencetak gol termuda Rangers FC di kompetisi Eropa, yaitu 18 tahun 312 hari. Sayangnya Rangers harus kalah 4-3 dari Spartak Moskow.
  • Mersaille yang merupakan finalis Liga Eropa musim lalu harus tersingkir lebih awal, karena mereka hanya mengumpulkan 1 angka dari 4 pertandingan yang telah dijalani.
  • Red Bull Salzburg menjadi tim terproduktif dengan mencetak 14 gol dari 4 laga dan meraih poin sempurna 12 poin, namun belum bisa dipastikan lolos ke babak knock out.

5. Hasil lengkap Liga Eropa matchday ke-4

Rangkuman Matchday ke-4 Liga Eropa, 7 Tim Dipastikan Lolos Fase Gruptwitter.com/EuropaLeague
Rangkuman Matchday ke-4 Liga Eropa, 7 Tim Dipastikan Lolos Fase Gruptwitter.com/EuropaLeague

Beberapa grup masih bersaing ketat untuk bisa lolos ke babak selanjutnya. Siapakah yang akan menyusul lolos?

Baca Juga: 4 Pemain yang Berjasa Membawa Atletico Madrid Raih Juara Liga Eropa

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya