5 Rekrutan Terakhir Bayern Munich dari Klub Inggris, Ada Joao Cancelo

Bayern Munich meminjam Joao Cancelo 6 bulan

Sebagai salah satu klub tersukses di Eropa, Bayern Munich memiliki pesona tersendiri bagi setiap pesepak bola. Banyak pemain top berhasrat untuk berkostum Die Bavarian. Dalam beberapa tahun terakhir, Bayern Munich cukup gemar mendatangkan pemain dari klub English Premier League.

Paling baru, mereka baru saja mendatangkan Joao Cancelo dari Manchester City pada deadline day bursa transfer Januari 2023. Termasuk sang pemain, ini lima rekrutan terakhir Bayern Munich dari klub EPL.

1. Jerome Boateng

5 Rekrutan Terakhir Bayern Munich dari Klub Inggris, Ada Joao Cancelopotret Jerome Boateng (fcbayern.com)

Jerome Boateng didatangkan Manchester City dari Hamburg pada musim panas 2010. Sayang, sang pemain tak mendapatkan waktu bermain reguler. Dia memainkan 24 laga saja untuk The Cityzens. Bakat besarnya tercium Bayern Munich. Dia diboyong dengan harga 13,5 juta euro atau Rp220 miliar pada musim panas 2011.

Pemain asal Jerman ini kemudian berkembang sebagai pemain kunci selama 10 tahun berkostum Bayern Munich. Berposisi bek tengah, dia memainkan 363 laga bagi Die Bavarian. Dia juga mempersembahkan 9 gelar Bundesliga, 2 Liga Champions, 5 DFB Fokal, dan 2 trofi Club World Cup. Usai kontraknya habis pada 2021 lalu, dia hijrah ke Lyon.

2. Leroy Sane

5 Rekrutan Terakhir Bayern Munich dari Klub Inggris, Ada Joao CanceloLeroy Sane (uefa.com)

Setelah hampir satu dekade tak mendatangkan pemain dari klub Premier League, Bayern Munich mendatangkan Leroy Sane pada musim panas 2020 dari Manchester City. Transfer ini bisa terjadi musim sebelumnya, tetapi sang pemain menderita cedera yang membuat dirinya absen sepanjang musim. 

Dia ditebus dengan harga 49 juta euro atau Rp798 miliar. Transfer ini tak lepas dari hasratnya untuk berkostum Bayern Munich. Sane sendiri membela The Cityzens selama 4 musim sejak 2016. Dia memainkan 135 laga dengan koleksi 39 gol dan 46 assist. 

Performanya sejauh ini di Bayern Munich cukup impresif. Dia sudah mencetak 35 gol dan 33 assist dari 111 laga.

Baca Juga: Ribut dengan Guardiola, Cancelo Langsung Hijrah ke Bayern

3. Omar Richards

5 Rekrutan Terakhir Bayern Munich dari Klub Inggris, Ada Joao CanceloOmar Richards (fcbayern.com)

Bayern Munich mendatangkan seorang bek kiri baru pada musim panas 2021 bernama Omar Richards. Dia didapatkan secara gratis dari klub kasta kedua Inggris, Reading. Bek 24 tahun ini dikontrak dengan durasi 4 tahun dan diplot sebagai pesaing bagi Alphonso Davies.

Dia adalah pemain kedua asal Inggris yang pernah berkostum Die Bavarian setelah Owen Hargreaves. Sayang, kariernya tak berjalan mulus. Dia hanya tampil dalam 17 laga. Bayern Munich melepasnya ke Nottingham Forrest pada musim panas 2022 kemarin dengan harga 8,5 juta euro atau Rp138 miliar.

4. Sadio Mane

5 Rekrutan Terakhir Bayern Munich dari Klub Inggris, Ada Joao CanceloSadio Mane (fcbayern.com)

Sadio Mane dianggap sebagai kunci sukses Liverpool mengakhiri paceklik gelar dengan meraih gelar English Premier League dan Liga Champions. Duetnya dengan Mohamed Salah bahkan mengantarkan The Reds lolos ke babak final Liga Champions sebanyak tiga kali.

Dia menorehkan 128 gol dan 48 assist dari 269 laga bagi Liverpool. Kendati Liverpool menawarkan kontrak baru, sang pemain memutuskan pergi ke Bayern Munich pada musim panas 2022. Dia berhasrat untuk merasakan petualangan baru di Jerman. Mane ditebus Bayern Munich dengan harga 32 juta euro atau Rp521 miliar.

5. Joao Cancelo

5 Rekrutan Terakhir Bayern Munich dari Klub Inggris, Ada Joao CanceloJoao Cancelo (twitter.com/FCBayernEN)

Secara mengejutkan Joao Cancelo meninggalkan Manchester City pada Januari 2023. Dia dipinjam Bayern Munich selama 6 bulan dengan opsi menembus klausul rilis 70 juta euro atau Rp1,1 triliun pada akhir musim. Retaknya hubungan dengan Pep Guardiola dikabarkan menjadi alasan kepergian mendadak sang pemain.

Dia sempat dicadangkan Guardiola pada dua laga terakhir The Cityzens melawan Wolverhampton dan Arsenal. Cancelo sejatinya dinilai sebagai salah satu bek kanan terbaik di Premier League saat ini. Dia telah memainkan 154 laga dengan torehan 9 gol dan 22 assist.

 

Bayern Munich memiliki jejak rekam yang manis jika mendatangkan pemain dari klub English Premier League. Mereka tampil impresif dan membantu klub meraih trofi bergengsi. Harapan itu juga yang kini disematkan pada Joao Cancelo.

Baca Juga: Pindah Mendadak ke Bayern, Cancelo Akhirnya Buka Suara

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya