5 Klub dengan Nilai Skuad Termahal di LaLiga Musim 2021/2022

Empat tim lolos ke perempat final kompetisi Eropa

Popularitas LaLiga mungkin kalah dari Premier League atau bahkan Serie A. Namun, soal kualitas pemain, LaLiga tidak kalah berkelas. Prestasi mereka di kompetisi Eropa bahkan mampu mengalahkan dua kompetisi top tersebut.

Beberapa klub LaLiga musim 2021/2022 ini cukup aktif juga di bursa transfer. Beberapa pemain bintang, seperti David Alaba, Pierre-Emerick Aubameyang, hingga Anthony Martial berhasil didatangkan. Lalu, tim manakah yang memiliki skuad termahal musim ini? Ini jawabannya.

1. Real Madrid (Rp8,35 triliun)

5 Klub dengan Nilai Skuad Termahal di LaLiga Musim 2021/2022potret Karim Benzema dan Vinicius Jr (twitter.com/Benzema)

Sebagai klub tersukses di Eropa, Real Madrid selalu memiliki skuad mewah setiap musimnya. Saat ini mereka memiliki skuad dengan nilai 529,5  juta euro atau sekitar Rp8,35 triliun. Menariknya, musim panas ini mereka cukup hemat di bursa transfer.

Real Madrid hanya mendatangkan dua pemain. David Alaba datang secara gratis dari Bayer Munchen, sedangkan Eduardo Camavinga diboyong dari Rennes dengan harga 31 juta euro atau sekitar Rp489 miliar. Meski demikian, ini sudah cukup membawa mereka ke pintu juara LaLiga.

2. Atletico Madrid (Rp7,25 triliun)

5 Klub dengan Nilai Skuad Termahal di LaLiga Musim 2021/2022potret para pemain Atletico Madrid pasca singkirkan MU di UCL (uefa.com)

Berstatus juara bertahan LaLiga, Atletico Madrid menjadi salah satu tim yang aktif di bursa transfer. Mereka mendaratkan beberapa pemain top, seperti Rodrigo De Paul, Matheus Cunha, dan Antoine Griezmann. Hadirnya pemain-pemain ini melambungkan nilai skuad Atletico Madrid menjadi 460 juta euro atau sekitar Rp7,25 triliun.

Joao Felix masih menjadi rekrutan termahal klub dengan harga 127 juta euro atau sekitar Rp2 triliun. Meski memiliki skuad mewah, Atletico Madrid kemungkinan besar gagal mempertahankan gelar LaLiga. Namun, mereka berhasil lolos ke perempat final Liga Champions.

Baca Juga: 9 Gaya Kasual dan Simpel ala Joao Felix, Cocok Buat Hang Out!

3. Barcelona (Rp6,9 triliun)

5 Klub dengan Nilai Skuad Termahal di LaLiga Musim 2021/2022potret pemain Barcelona melakukan selebrasi gol (twitter.com/FCBarcelona)

Pada awal musim 2021/2022, Barcelona dihadapkan dengan krisis finansial cukup serius. Kondisi ini membuat klub melepas beberapa pemain bintang, seperti Lionel Messi, Antoine Griezmann, dan Miralem Pjanic. Sebagai gantinya, Blaugrana mendatangkan deretan pemain gratis, seperti Eric Garcia, Memphis Depay, dan Pierre-Emerick Aubameyang.

Strategi ini berhasil memperbaiki kondisi keuangan klub meski performa di lapangan sempat mengecewakan. Nilai skuad mereka saat ini 437,8 juta euro atau sekitar Rp6,9 triliun. Januari 2022 kemain mereka juga kedatangan Ferran Torres dari Manchester City setelah ditebus 55 juta euro atau Rp867 miliar.

4. Sevilla (Rp3 triliun)

5 Klub dengan Nilai Skuad Termahal di LaLiga Musim 2021/2022potret para pemain Sevilla menyapa fans pasca laga. (twitter.com/SevillaFC_ENG)

Sevilla berada di urutan keempat sebagai klub dengan skuad termahal di LaLiga. Skuad asuhan Juen Lopetegui ini bernilai 193,8 juta euro atau sekitar Rp3 triliun. Angka ini sangat jauh berbeda dari tim di atasnya. Namun, performa mereka musim ini impresif.

Mereka duduk di urutan kedua dan saat ini terpaut sembilan poin dari Real Madrid. Dengan sembilan laga tersisa, peluang untuk merebut gelar LaLiga masih terbuka.

5. Villarreal (Rp2,4 triliun)

5 Klub dengan Nilai Skuad Termahal di LaLiga Musim 2021/2022potret pemain Villareal melakukan selebrasi gol (uefa.com)

Pada musim 2020/2021, Villareal mencetak sejarah dengan menjuarai Liga Europa untuk pertama kalinya dalam sejarah. Pada musim ini, kejutan berpotensi mereka torehkan lagi di Liga Champions. Anak asuh Unai Emery berhasil melaju ke perempat final dan akan menghadapi Bayern Munich.

Pencapaian ini terbilang fantastis karena skuad mereka bernilai ekonomis. Villarreal memiliki skuad dengan nilai 154,55 juta euro atau sekitar Rp2,4 triliun. Nilai ini bahkan lebih rendah dari harga transfer Neymar dari Barcelona ke Paris Sait-Germain.

 

Jika dibandingkan dengan nilai skuad Premier League, tim-tim LaLiga sangat jauh berbeda. Namun, prestasi mereka musim ini terbilang luar biasa. LaLiga mengirim tiga wakilnya di babak perempat final Liga Champions. Sementara itu, Barcelona jadi satu-satunya wakil di Liga Europa. Bisakah mereka meraih gelar Eropa musim ini?

Baca Juga: 10 Fakta Arnaut Danjuma, Striker Villarreal yang Tengah 'Meledak'

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya