Tekuk Uruguay 2-0, Ini Kekuatan yang Dimiliki Prancis

#WorldCup2018 Selangkah lagi menuju final!

Prancis menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal setelah berhasil mengalahkan Uruguay dengan skor 2-0 pada Sabtu malam (6/7) di Stadion Nizhny Novgorod. Gol Raphael Varane (40') dan Antoine Griezmann (61') menjadi penentu kemenangan tim Ayam Jago.

Kemenangan ini sendiri menjadi kemenangan pertama Prancis atas Uruguay sejak 33 tahun yang lalu. Namun masih ada hal menarik lainnya yang terjadi dalam laga ini. Berikut ulasannya.

1. Tanpa Cavani, Uruguay tumpul

Tekuk Uruguay 2-0, Ini Kekuatan yang Dimiliki Prancistwitter.com/OptaJoe

Nasib sial harus menimpa Uruguay sebelum laga melawan Prancis berlangsung. Mereka harus kehilangan Edinson Cavani yang mengalami cedera pada laga melawan Portugal di fase knock out. Padahal dia adalah aktor penting lolosnya Uruguay ke perempat final setelah mencetak dua gol saat menghadapi Portugal.

Uruguay pun tak berkutik saat menghadapi Prancis. Christian Stuani yang didapuk sebagai pengganti Cavani tak mampu berbuat banyak. Begitu pula Luis Suarez, untuk pertama kalinya sejak Maret 2017, Suarez bermain tanpa Cavani. Tanpa duet mereka, pada saat itu Uruguay kalah dari tangan Brazil dengan skor 4-1.

Kini hal tersebut pun kembali terulang, langkah mereka di Piala Dunia harus terhenti di tangan Prancis.

2. Prancis tertolong klub asal Madrid

Tekuk Uruguay 2-0, Ini Kekuatan yang Dimiliki Prancistwitter.com/FrenchTeam

Penampilan apik mampu ditunjukan para pemain asal kota Madrid. Antoine Griezmann dan Raphael Varane yang bermain untuk Atletico Madrid dan Real Madrid. Mereka menjadi pahlawan dalam laga tersebut setelah sama-sama mencetak satu gol ke gawang Muslera.

Mereka mampu memainkan perannya masing-masing dengan baik. Griezmann terpiliih menjadi man of the match dengan satu assist dan satu golnya, sedangkan Varane berhasil menjaga pertahanannya tanpa kebobolan selain mencetak satu gol pembuka.

Konsistensi yang mampu ditampilkan para pemain Prancis ini sangatlah luar biasa. Pemain lainnya pun mampu tampil solid, salah satunya adalah Hugo lloris yang mampu melakukan penyelamatan gemilang.

3. Road to final

Tekuk Uruguay 2-0, Ini Kekuatan yang Dimiliki Prancistwitter.com/FIFAWorldCup

Tiket semifinal telah Prancis kantongi, dan lawan yang akan mereka hadapi selanjutnya tak akan mudah, yaitu Belgia.

Prancis sendiri tampil sempurna hingga saat ini tanpa terkalahkan. Mereka mampu meraih 4 kemenangan dan hanya sekali imbang saat melawan Denmark. Pintu untuk mengulang kembali sejarah Piala Dunia 1998 saat mereka menjadi juara dunia kini terbuka lebar.

Saat itu Prancis berhasil menghabisi Brazil dengan skor 3-0. Didier Deschamps menjadi saksi sejarah saat menjadi kapten Prancis di Piala Dunia 1998. Kini dia kembali memimpin Prancis dengan status sebagai pelatih.

Diisi oleh deretan pemain top seperti Kylan Mbappe, Antoine Griezmann, Paul Pogba dan Oliver Giroud, kesempatan Deschamps kembali mengangkat trofi Piala Dunia semakin terbuka lebar. Akankan Prancis mampu membungkam Belgia pada laga semi final nanti?

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya