5 Tim Ini Berhasil Cetak Sejarah Saat Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia

#WorldCup2018 Ada tim favoritmu?

Rusia secara mengejutkan berhasil mengalahkan Spanyol melalui adu penalti di fase knock out Minggu malam (01/07/2018) di Luzhniki Stadium. Penjaga gawang mereka, Igor Akinfeev menjadi pahlawan setelah berhasil menepis dua tendangan pemain Spanyol, Kiko dan Iago Aspas.

Hasil ini pun menjadi rekor terbaik Rusia dalam sejarah keikutsertaan mereka di Piala Dunia. Namun, mereka bukan hanya menjadi tuan rumah Piala Dunia pertama yang berhasil mencetak sejarah. Masih ada yang lainnya, siapakah mereka? Check this out.

1. Jepang (Piala Dunia 2002)

5 Tim Ini Berhasil Cetak Sejarah Saat Menjadi Tuan Rumah Piala Duniafifa.com

Piala Dunia 2002 menjadi yang pertama kalinya diselenggarakan di benua Asia. Korea Selatan dan Jepang terpilih untuk menjadi tuan rumah bersama gelaran 4 tahun tersebut. Lebih hebat lagi, kedua tim ini pun berhasil mencetak sejarah yang sangat memabnggakan bagi publik Asia.

Jepang dan Korea Selatan sama-sama mampu lolos dari fase grup sebagai juara grup. Bagi Jepang, raihan lolos ke fase knock out tersebut menjadi rekor terbaik mereka sepanjang sejarah di Piala Dunia, sayang mereka langkah mereka terhenti di tangan Turki dengan skor 1-0.

2. Korea Selatan (Piala Dunia 2002)

5 Tim Ini Berhasil Cetak Sejarah Saat Menjadi Tuan Rumah Piala Duniasports.vice.com

Korea Selatan memiliki nasib yang lebih baik lagi di Piala Dunia 2002. Mereka mampu lolos hingga semifinal dengan mengalahkan tim-tim besar seperti Italia dan Spanyol di babak knock out. Meskipun diikuti oleh kontroversi wasit yang dituding berpihak kepada tuan rumah.

Meskipun begitu, pencapaian Korea Selatan hingga semifinal menjadi pencapaian terbaik tim asal Asia sepanjang sejarah Piala Dunia. Korea Selatan sendiri harus mengakui keunggulan Jerman dengan skor 1-0.

Uniknya, Jepang dan Korea Selatan mengalami kekalahan dari tim yang sama. Jika Jepang kalah dari Turki di babak 16 besar, Korea Selatan dikalahkan Turki di perebutan tempat ketiga.

3. Prancis (Piala Dunia 1998)

5 Tim Ini Berhasil Cetak Sejarah Saat Menjadi Tuan Rumah Piala Duniafifa.com

Prancis terpilih menjadi tuan rumah di Piala Dunia 1998. Diisi oleh pemain-pemain muda seperti Zidane, Trezeguet, Henry dan Patrick Viera, Prancis tampil sangat mengejutkan. Mereka tampil sempurna tanpa pernah mengalami satu pun kekalahan hingga menjadi juara, setelah memukul Brazil dengan skor telak 3-0 di babak final.

Dalam pertandingan tersebut, Zidane tampil menjadi bintang dengan mencetak dua gol, sedangkan satu gol lainnya dicetak oleh Emmanuel Petit. kemenangan ini menjadi gelar pertama Prancis dalam sejarah Piala Dunia hingga saat ini.

4. Inggris (Piala Dunia 1966)

5 Tim Ini Berhasil Cetak Sejarah Saat Menjadi Tuan Rumah Piala Duniafifa.com

Inggris memang memiliki liga terbaik dunia dalam level klub. Ironisnya, prestasi mereka di level timnas masih kurang memuaskan. Hingga saat ini mereka hanya baru memiliki satu gelar di Piala Dunia, yang merupakan sejarah terbaik mereka di ajang ini.

Sejarah tersebut terjadi di Piala Dunia 1966 di mana mereka terpilih menjadi tuan rumah. Diisi oleh striker hebat pada masanya seperti Boby Charlton dan Geoff Hurst, Inggris mampu melaju kencang hingga final dengan mengalahkan Argentina dan Portugal di fase knock out.

Di babak final sendiri mereka berhadapan dengan raksasa Eropa, Jerman Barat yang berisi legenda mereka Franz Beckenbauer. Laga ini terjadi sangat ketat, hingga pertandingan harus dilanjutkan ke babak extra time.

Beruntung bagi Inggris, Geoff Hurst mampu menjadi bintang dengan mencetak hattrick sehingga Inggris pun menang dengan skor 4-2.

5. Rusia (Piala Dunia 2018)

5 Tim Ini Berhasil Cetak Sejarah Saat Menjadi Tuan Rumah Piala Duniatwitter.com/OptaJoe

Rusia tampil di Piala Dunia 2018 dengan status tuan rumah. Sayangnya mereka pun harus dirundung berbagai masalah sebelum kompetisi akbar ini dimulai. Salah satunya adalah persiapan tim yang tidak matang, sehingga mereka pun dianggap tak akan mampu melangkah jauh di Piala Dunia 2018.

Namun timnas Rusia mampu mengejutkan publik sepak bola dunia dengan berhasil lolos ke babak perempat final, setelah berhasil mengalahkan mantan juara dunia, Spanyol melalui adu penalti.

Capaian ini menjadi sejarah bagi tim Beruang Merah sepanjang keikutsertaan mereka di Piala Dunia. Di babak perempat final sendiri mereka akan berhadapan dengan Kroasia. Mampukah Rusia mencetak sejarah lebih jauh lagi? Kita tunggu saja jawabannya.

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya