Calon Juara, Inilah 7 Tim yang Belum Terkalahkan di Liga-liga Eropa

Ada klub favoritmu?

Liga-liga Eropa selalu menjadi kiblat sepak bola dunia. Tak hanya diisi oleh deretan pemain hebat dunia, persaingan di setiap liganya pun sangat memanjakan mata para penikmat sepak bola dunia.

Meskipun masih terlalu dini untuk menentukan siapa yang akan menjadi juara di liga masing-masing, namun performa yang ditunjukan tim-tim berikut ini begitu impresif. Hingga saat ini, mereka menjadi tim yang belum terkalahkan di liganya masing-masing. Siapa saja? Check this out.

1. PSG - Ligue 1

Calon Juara, Inilah 7 Tim yang Belum Terkalahkan di Liga-liga Eropartl.fr

Semenjak diambil alih oleh milyuner timur tengah, PSG langsung menjadi tim yang tak tertandingi di Liga Prancis. Hal ini terbukti dengan lima trofi Liga Prancis yang berhasil mereka raih di enam musim terakhir.

Begitu juga dengan musim ini, dibawah pelatih baru Thomas Tuchel, PSG mengawali musim dengan sangat sempurna. Dari 12 laga yang telah di jalani di Liga Prancis mampu mereka menangi semuanya.

Dengan deretan pemain hebat seperti Neymar, Mbappe, Cavani dan Gianluigi Buffon, PSG tampil tajam dan kuat di belakang. PSG menjadi tim tertajam dengan menjebloskan 41 gol dan hanya kebobolan 7 gol. Kylan Mbappe menjadi top skorer sementara dengan 11 gol.

Mereka unggul jauh dengan 11 poin dari urutan kedua, Montpellier. Padahal Liga masih panjang. Jika tampil konsisten, bukan tak mungkin mereka kembali menjuarai Liga Prancis musim ini dengan sebuah rekor tak terkalahkan.

2. Borussia Dortmund - Bundesliga

Calon Juara, Inilah 7 Tim yang Belum Terkalahkan di Liga-liga Eropatwitter.com/BVB

Enam musim terakhir, Liga Jerman hanya dikuasi satu tim, Bayern Muenchen. Namun musim ini tampaknya hal tersebut akan berubah. Jika musim lalu Borussia Dortmund hanya mampu finish di posisi keempat, musim ini mereka tampil dengan kekuatan yang lebih fresh.

Dibawah pelatih baru, Lucien Favre dan pemain-pemain muda bertalenta seperti Jadon Sancho, Christian Pulisi, dan Axel Witsel, serta pemain berpengalaman seperto Marco Reus, dan Paco Alcacer, Dortmund kembali menemukan kebesarannya di musim ini. Hingga pekan kesepuluh, mereka mampu bercokol di puncak klasemen dan menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan. Mereka mampu 7 kali memenangi laga dan 3 lainnya berakhir imbang.

Saingan terdekatnya saat ini adalah Monchengladbach dan Bayern Muenchen yang berada di posisi kedua dan ketiga dengan 20 poin, tertinggal empat angka dari Dortmund yang berada di puncak.

3. Juventus - Serie A Italia

Calon Juara, Inilah 7 Tim yang Belum Terkalahkan di Liga-liga Eropatwitter.com/juventusfcen

Juventus merupakan raja Italia dalam enam musim terakhir. Belum ada satu pun tim yang mampu meruntuhkan kedigdayaan mereka, termasuk untuk musim ini. Apalagi mereka kedatangan mega bintang, Cristiano Ronaldo di musim baru ini.

Efeknya pun langsung terasa, dari 11 laga yang telah dijalani, The Old Lady belum terkalahkan di Serie A dengan rekor 10 kemenangan dan sekali imbang. Hal ini sendiri menjadi raihan terbaik mereka sepanjang sejarah.

Saat ini mereka sendiri telah mengumpulkan 31 poin, unggul enam angka dari Inter Milan yang berada di posisi kedua. Untuk musim in sendiri bukan hanya Serie A yang menjadi target Juventus, tetapi juga trofi Liga Champions yang selalu lolos dari tangan mereka dalam lima musim terakhir.

Baca Juga: 3 Alasan Olympique Marseille Bisa Menjuarai Liga Eropa Musim Ini

4. Chelsea - English Premiere League

Calon Juara, Inilah 7 Tim yang Belum Terkalahkan di Liga-liga Eropatwitter.com/ChelseaFC

Liga Primer Inggris selalu menjadi liga paling menarik setiap musimnya. Persaingan tim-tim Inggris selalu ketat dan berimbang, begitu pula untuk musim ini. Chelsea yang tampil mengecewakan musim lalu dan hanya finish di posisi ke-5, serta gagal masuk Liga Chamapions, kini hadir sengan kekuatan baru.

Dibawah Maurizio Sarri, Chelsea kembali tampil menjadi salah satu tim yang berbahaya. Saat ini mereka berada di posisi kedua Liga Inggris, tertinggal dua angka dari Manchester City yang juga sama-sama belum terkalahkan.

Tak hanya itu, pemain kunci The The Blues, Eden Hazard pun saat ini tampil tajam dengan menjadi top skorer sementara dengan 7 gol.

5. Liverpool - English Premiere League

Calon Juara, Inilah 7 Tim yang Belum Terkalahkan di Liga-liga Eropatwitter.com/LFC

Selain Chelsea, Liverpool menjadi kandidat juara Liga Inggris musim ini. Strategi manajemen Liverpool dengan belanja besar-besaran dan menghadirkan Jurgen Klopp sebagai pelatih tampaknya mulai terasa efeknya.

Jika musim lalu mereka berhasil lolos ke babak final Liga Champions, musim ini targetnya menjadi double plus trofi Liga Inggris. Keseriusan The Klopp dibuktikan dengan mendatangkan kiper asal Brazil, Alisson Becker dari AS Roma dengan harga yang cukup besar.

Liverpool sendiri saat ini mengumpulkan poin yang sama dengan Chelsea, 25 angka dengan rekor 8 kemenangan dan 3 kali hasil imbang tanpa pernah mengalami kekalahan.

6. Manchester City - English Premiere League

Calon Juara, Inilah 7 Tim yang Belum Terkalahkan di Liga-liga Eropatwitter.com/City_Watch

Juara bertahan, Manchester City menjadi kandidat terkuat juara Liga Inggris musim ini. Musim ini mereka kembali tampil konsisten di Liga Inggris. Hingga pekan ke-11, mereka masih memimpin klasemen dengan rekor 9 kemenangan dan dua kali imbang.

Tak hanya itu, mereka pun menjadi tim tertajam dengan menceploskan 33 gol dan hanya kebobolan 4 gol. Konsistensi mereka akan diuji di pekan ke-12 dengan menjamu tim tetangga mereka, Manchester United.

7. PSV Eindhoven - Eredivisie

Calon Juara, Inilah 7 Tim yang Belum Terkalahkan di Liga-liga Eropatwitter.com/PSV

PSV merupakan juara bertahan liga Belanda setelah menjadi juara di musim lalu dibawah asuhan Philip Cocu. Untuk musim ini, nahkoda beralih kepada mantan bintang timnas Belandan dan Barcelona, Mark Van Bommel yang sebelumnya pernah menangani tim muda PSV.

Meskipun belum memiliki pengalaman yang cukup sebagai pelatih utama klub besar, Van Bommel memulai langkahnya di liga Belanda dengan sangat luar biasa. Mereka mampu melahap 11 laga di liga dengan kemenangan. Terakhir kali hal ini tercipta di PSV adalah 21 tahun yang lalu.

PSV sendiri saat ini masih memimpin klasemen dengan 33 poin, unggul 5 angka dari Ajax yang berada di posisi kedua. Sayangnya, langkah hebat PSV tak menular di Liga Champions. Kesempatan mereka untuk lolos ke babak selanjutnya sangat mustahil. Apalagi mereka berada di grup maut bersama Barcelona, Inter Milan dan Tottenham. Dari empat laga yang telah dijalani, PSV hanya baru mengumpulkan satu poin.

Itulah tim-tim yang belum terkalahkan di liga lokal masing-masing. Apakah mereka akan menjadi juara di akhir musim?

Baca Juga: Rangkuman Matchday ke-4 Liga Eropa, 7 Tim Dipastikan Lolos Fase Grup

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya