Kalahkan Arsenal, Tottenham Hotspurs Lolos ke Semifinal Carabao Cup

Spurs akan hadapi Chelsea di semifinal

Spurs akhirnya mampu membalaskan dendam kekelahan dari Arsenal di ajang Liga Inggris pekan ke-15. Rabu dinihari (20/12) Spurs berhasil mengalahkan The Gunners dengan skor 0-2 pada ajang Carabao Cup di Emirates Stadium. Dua gol Spurs dicetak oleh Son Heung-Min (20') dan Dele Alle (59'). Atas kemenangan ini, Tottenham pun berhak langsung lolos ke babak semifinal Carabo Cup musim ini.

1. Arsenal menguasai laga, namun Spurs tampil lebih efektif

Kalahkan Arsenal, Tottenham Hotspurs Lolos ke Semifinal Carabao Cuptheguardian.com

Derby North London selalu mampu menampilkan persaingan yang sangat ketat diantara Arsenal dan Tottenham Spurs. Meski kedua tim melakukan sebagia rotasi pemain, Arsenal mampu tampil lebih menyerang sejak awal laga.. Bahkan di menit le-2 Henrikh Mkhitaryan hampir saja mencetak gol melalui sundulannya yang masih melenceng tipis dari gawang.

Mkhitaryan kembali membahayakan di menit ke-12 setelah tinggal berhadapan dengan kiper, namun tendangannya berhasil ditepis oleh Gazzaniga. Asik menyerang, petaka justru hadir di menit ke-20 saat Son berhasil mencetak gol akibat pemain bertahan Arsenal yang lengah.

Babak kedua dimulai, kedua tim tampil dengan saling jual beli serangan. Harry Kane yang baru diturunkan di menit ke-58 menjadi aktor penting gol kedua Spurs. Umpannya pendeknya berhasil dimanfaatkan jadi gol kedua oleh Dele Alli di menit ke-59.

Meski The Gunners terus mencoba memperkecil kedudukan di waktu tersisa, mereka gagal menceploskan satu pun gol hingga laga usai. Akibat kekalaha ini, Arsenal pun harus tersisih di babak perempat final Carabao Cup.

2. Terjadi insiden peleparan botol

Kalahkan Arsenal, Tottenham Hotspurs Lolos ke Semifinal Carabao CupReuters

Derby London Utara memang selalu panas baik di dalam maupun di luar lapangan. Sebuah insiden terjadi di menit ke-73 saat Dele Alli terkena lemparan botol dari pinggir lapangan oleh penonton. Hal ini tak terlepas dari gestur provokasi Alli yang menunjukan gerakan tangan 0-2.

Pada pertemuan pertama kedua tim di Liga Inggris pada tanggal 2 Desember lalu pun sebuah insiden terjadi saat Aubameyang dilempari kulit pisang oleh suporter Spurs. Akibatnya, sang suporter pun dikenai sanksi 4 tahun tak boleh masuk stadium.

Arsenal pun langsung menginvestigasi insiden pelemparan botol yang terjadi melalui cctv.. Pochettino pun bereaksi atas insiden tersebut.

"Untung itu bukan masalah besar tapi saya pikir orang perlu berhati-hati, dan kita perlu mencoba dan menghindari tindakan semacam ini. Beberapa orang berperilaku sangat buruk."

3. Spurs akan berhadapan dengan Chelsea di babak semifinal

Kalahkan Arsenal, Tottenham Hotspurs Lolos ke Semifinal Carabao Cuptwitter.com/Carabao_Cup

Empat tim dipastikan lolos ke babak semifinal Carabao Cup, Manchester City, Chelsea, Burton Albion dan Tottenham Hotspurs. Di babak semifinal tersebut Tottenham Hotspurs akan kembali bertemu dengan tim asal London lainnya, Chelsea yang sebelumnya berhasil menyingkirkan Bournemouth dengan skor 1-0.

Sedangkan City yang berhasil menangi laga melawan Leicester melalui adu penalti akan berhadapan dengan klub Ligue One, Burton Albion yang berhasil mengalahkan Middlesbrough.

4. Fakta pertandingan

Kalahkan Arsenal, Tottenham Hotspurs Lolos ke Semifinal Carabao Cupskysports.com
  • Untuk pertama kalinya sejak tahun 2008, Arsenal disingkirkan oleh Spurs dalam ajang Carabao Cup. Saat itu, Tottenham berhasil keluar sebagai juara usai mengalahkan Chelsea 2-1 di babak final.

  • Ini adalah kemenangan kedua Spurs atas Arsenal di Emirates Stadium dalam semua ajang.

  • Arsenal kalah secara beruntun di semua kompetisi untuk pertama kalinya sejak bulan Agustus lalu, tepatnya pada dua laga perdana Emery di ajang resmi sejak diangkat sebagai pelatih Arsenal.

  • Paulo Gazzaniga menjadi kiper pertama Spurs yang mampu mencatat clean-sheet di markas Arsenal dalam semua kompetisi sejak November 1998.

  • Son Heung-min berkontribusi dalam lima dari sembilan gol terakhir Spurs di Carabao Cup (tiga gol dan dua assist).
Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya