Comscore Tracker

Tottenham Sukses Tundukan Man City di Leg I Perempat Final UCL

Son Heung-Min jadi penentu kemenangan Spurs

The New Hart Lane Stadium kembali memberikan tuah positif bagi Spurs usai raih kemenangan tipis atas Man City di leg I perempat final Liga Champions pada Rabu dini hari (10/04). Gol tunggal Son Heung-Min di menit ke-78 menjadi pembeda laga sesama tim Inggris tersebut. Namun kemenangan ini harus dibayar mahal dengan cedera yang dialami oleh Harry Kane.

Hasil ini cukup menjadi modal yang cukup untuk Spurs sebelum jalani leg kedua satu pekan kemudian di Etihad Stadium. Mereka hanya butuh hasil imbang nantinya untuk pastikan satu tiket ke babak semifinal. Berikut ulasan pertandingannya.

1. Aguero gagal tuntaskan penalti, Son Heung-Min jadi pahlawan Spurs

Tottenham Sukses Tundukan Man City di Leg I Perempat Final UCLuefa.com

Tampil dengan skuat terbaik, kedua tim sudah saling ciptakan peluang berbahaya di menit awal. Spurs hadirkan peluang lebih dulu melalui tendangan voli Dele Alli, namun upayanya masih melambung tinggi di atas gawang Ederson. Di menit ke-13 City memiliki peluang emas setelah dihadiahi tendangan penalti, usai review VAR yang mengonfirmasi handball oleh Dany Rose di dalam kotak penalti.

Sayang, sepakan Aguero yang maju sebagai eksekutor berhasil ditepis oleh  Hugo Lloris. Spurs coba menekan balik, namun tendangan Harry Kane di menit ke-24 berhasil diamankan oleh Ederson. Meski saling hadirkan ancaman, babak pertama tetap berakhir tanpa gol.

Lepas dari kamar ganti, Man City langsung menggebrak melalui kerja sama Aguero dan Sterling. Tetapi usaha pemain asal Inggris itu masih bisa digagalkan Lloris. Spurs harus kehilangan Harry Kane di menit ke-58 karena mengalami cedera ligamen engkel, usai bertabrakan dengan Fabian Delph. City pun tampil semakin dominan. Tiga peluang berhasil lahir memasuki menit ke-70.

Namun tak ada satu pun yang berbuah gol. Justru tuan rumah yang berhasil lesatkan gol pembuka di menit ke-78. Son berhasil lepas dari jebakan offside usai menerima umpan Eriksen, dan melepaskan sepakan mendatar yang menjebol gawang Ederson. Hingga laga usai, City gagal samakan angka dan harus mengakui kekalahannya. 

Baca Juga: Guardiola Optimis Manchester City Mampu Balikkan Keadaan

2. Meski menang, Pochettino anggap Man City tetap favorit

Tottenham Sukses Tundukan Man City di Leg I Perempat Final UCLstandard.co.uk

Kemenangan atas Man City tentunya membuat Spurs di atas angin saat ini. Namun pelatih mereka, Mauricio Pochettino tidak menganggap demikian. Ia tetap menganggap Man City masih unggulan atas timnya. Apalagi leg kedua nanti, laga akan digelar di Etihad Stadium yang sangat angker untuk tim tamu di musim ini.

Man City membutuhkan kemenangan 2-0 di leg kedua nanti jika ingin lolos ke semifinal, sedangkan Spurs hanya butuh hasil imbang. Namun Spurs kini terancam akan tampil tanpa Harry Kane yang alami cedera ligamen engkel. Sebelumnya striker berusia 25 tahun tersebut harus absen hingga enam pekan akibat cedera yang sama.

Melihat kondisi tersebut, ditambah performa impresif City di kandang. Man City memang dianggap akan tetap menjadi tim unggulan atas Spurs. "Saya kira tim ini memang pantas meraih kemenangan, tapi masih ada yang harus dikerjakan lagi," ujar Pochettino. "Manchester City masih favorit, namun kemenangan ini akan membuat kami sedikit memiliki kepercayaan diri. [Son] Luar biasa, sangat bagus, saya sangat bahagia terhadapnya."

3. Laga kedua tim selanjutnya

Tottenham Sukses Tundukan Man City di Leg I Perempat Final UCLuefa.com

Kedua tim sudah harus bersiap menghadapi pertandingan yang tak kalah krusial tiga hari kemudian. Mereka bakal jalani lanjutan Liga Inggris yang mulai memasuki pekan-pekan akhir. Tottenham bakal menjamu tim juru kunci Huddersfield. Kemenangan tampaknya akan mudah mereka dapatkan demi mengamankan posisi empat besar. Saat ini mereka mengumpulkan 64 poin, tertinggal dua angka dari Chelsea yang tempati posisi tiga.

Di laga lainnya, Man City bakal bertamu ke kandang Crystal Palace. Saat ini City berada di posisi kedua dengan 80 poin, tertinggal dua angka dari Liverpool di puncak klasemen. Kemenangan menjadi harga mati untuk kembali merebut tahta Liga Inggris. Apalagi Liverpool bakal menjalani laga berat melawan Chelsea.

City sendiri memiliki satu laga lebih sedikit dari Liverpool. Sehingga memiliki sedikit keunggulan dalam perebutan juara Liga Inggris musim ini.

Baca Juga: Tottenham Hotspur vs Manchester City Akan Berlaga di Stadion Baru

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You