Awal Sempurna Jadi Kunci Arsenal Raih Gelar Premier League 2003/2004

Musim terbaik Arsenal di Premier League

Musim 2003/2004 menjadi musim terakhir Arsenal menjadi juara English Premier League (EPL). Tak hanya menjadi kampiun, The Gunners juga menjadi satu-satunya tim yang tak terkalahkan dalam sejarah Premier League.

Tiga kemenangan di awal musim menjadi modal penting anak asuhan Arsene Wenger. Suntikan sembilan poin kemudian mampu dikonversi Arsenal menjadi gelar juara pada akhir musim 2003/2004.

Apa yang perlu direplika oleh Mikel Arteta demi mengulangi kesuksesan Arsenal saat itu?

1. Arsenal tundukkan Everton 2-1 dengan sepuluh pemain

Awal Sempurna Jadi Kunci Arsenal Raih Gelar Premier League 2003/2004Sol Campbell (twitter.com/Arsenal)

Arsenal menjamu Everton di Highbury pada laga pembuka musim 2003/2004, Sabtu (16/8/2003). Arsenal harus kehilangan Sol Campbell yang diusir keluar lapangan pada menit ke-25. Campbell diberi kartu merah setelah melanggar Thomas Gravesen.

Meski kalah jumlah pemain, Arsenal justru yang membuka keunggulan lebih dulu lewat sontekan Thierry Henry. Robert Pires kemudian menggandakan keunggulan pada menit ke-57. Sementara itu, tim tamu hanya mampu membalas satu gol melalui Tomasz Radzinski.

Baca Juga: 3 Kemenangan Beruntun Bawa Arsenal Puncaki Klasemen EPL, Calon Juara?

2. Menggulung Middlesbrough 4-0 di laga berikutnya

Awal Sempurna Jadi Kunci Arsenal Raih Gelar Premier League 2003/2004Sylvain Wiltord (twitter.com/Arsenal)

Setelah melewati hadangan Everton, Arsenal bertamu ke Riverside Stadium markas Middlesbrough pada, Minggu (24/8/2003). Kali ini, Arsenal tak membiarkan tim asuhan Steve McLaren mengembangkan permainannya.

The Gunners langsung unggul tiga gol pada babak pertama. Masing-masing gol dicetak oleh Thierry Henry, Gilberto Silva, dan Sylvain Wiltord. Gol kedua Wiltord di babak kedua pun melengkapi kemenangan 4-0 Arsenal atas The Boro.

3. Arsenal pecundangi Aston Villa dengan skor 2-0 di laga ketiga

Awal Sempurna Jadi Kunci Arsenal Raih Gelar Premier League 2003/2004Thierry Henry (arsenal.com)

Pada pekan ketiga, Arsenal kembali bermain di Highbury untuk menjamu Aston Villa, Rabu (27/8/2003). Dipimpin oleh wasit Mike Dean, Arsenal sempat mengalami kebuntuan di babak pertama. Serangan mereka tak mampu menjebol gawang Thomas Sorensen.

Barulah di menit ke-56 Sol Campbell menjadi pemecah kebuntuan Arsenal. Gol Thierry Henry jelang laga berakhir memastikan kemenangan Arsenal 2-0 atas Aston Villa. Hasil tersebut menempatkan Arsenal di puncak klasemen sementara dengan koleksi sembilan poin.

Tiga laga pembuka Arsenal pada musim 2003/2004 dilalui dengan mulus lewat tiga kemenangan beruntun. Kala itu mereka juga mencetak 8 gol dan hanya kebobolan 1 gol. Hasil positif tersebut mampu mereka teruskan hingga akhirnya menjuarai Premier League di akhir musim 2003/2004.

Di Premier League 2022/2023 ini, anak asuh Mikel Arteta juga telah mengantongi tiga kemenangan beruntun sekaligus menampilkan penampilan impresif. Jika Arteta mampu menyuntikkan semangat juang serta konsistensi kepada skuad seperti yang dilakukan Arsene Wenger pada Premier League 2003/2004, bukan mustahil jika akhir musim nanti Arsenal bakal kembali merasakan sensasi kenikmatan mengangkat trofi Premier League. Mampukah Arteta mewujudkan mimpi itu?

Baca Juga: Ini yang Terjadi Ketika Arsenal Memenangi Tiga Laga Pembuka EPL

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya