Comscore Tracker

7 Final Piala Dunia yang Mencapai Extra Time

Ada yang sampai ke babak adu penalti

Beratnya tekanan pada partai final Piala Dunia membuat kedua tim tampil lebih berhati-hati. Bahkan, tak jarang laga harus ditentukan melalui masa perpanjangan waktu hingga ke babak adu penalti jika diperlukan.

Terakhir kali final Piala Dunia berlangsung lebih dari 90 menit terjadi pada final Piala Dunia 2014 ketika Jerman menekuk Argentina. Selain pada edisi 2014, berikut final Piala Dunia lainnya yang harus ditentukan hingga babak perpanjangan waktu.

1. Italia tekuk Cekoslovakia di babak perpanjangan waktu pada Piala Dunia 1934

7 Final Piala Dunia yang Mencapai Extra TimeItalia menjuarai Piala Dunia 1934 setelah mengalahkan Cekoslovakia. (fifa.com)

Cekoslovakia mengejutkan Italia ketika mereka mencetak gol pada menit ke-71 melalui sepakan Antonin Puc. Beruntung Gli Azzuri mampu menyamakan kedudukan sepuluh menit berselang lewat sontekan Raimundo Orsi.

Skor 1-1 bertahan hingga waktu normal berakhir yang membuat laga berlanjut ke babak extra time. Angelo Schiavo kemudian memastikan gelar juara dunia pertama bagi Italia lewat golnya yang membuat skor akhir menjadi 2-1 bagi kemenangan Italia.

2. Inggris tundukkan Jerman Barat di kandang sendiri pada Piala Dunia 1966

7 Final Piala Dunia yang Mencapai Extra TimeGeoff Hurst mencetak hattrick di final Piala Dunia 1966. (fifa.com)

Inggris dan Jerman Barat saling bergantian mencetak gol pada final Piala Dunia 1966. Gol dari Helmut Haller membawa Jerman Barat unggul lebih dahulu pada menit ke-12. Tak lama berselang Inggris menyamakan kedudukan melalui Geoff Hurst.

Inggris bahkan berbalik unggul ketika Martin Peters mencetak gol di menit ke-71. Beruntung bagi Jerman Barat, mereka mampu memaksa laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu berkat gol telat Wolfgang Weber.

Pada masa extra time Inggris tampil lebih baik lewat dua gol tambahan dari Hurst. Jerman Barat tak mampu menyamakan kedudukan yang membuat Inggris untuk pertama kalinya meraih titel juara dunia.

3. Argentina raih trofi Piala Dunia pertama mereka usai menundukkan Belanda pada edisi 1978

7 Final Piala Dunia yang Mencapai Extra TimeMario Kempes mencetak gol pada final Piala Dunia 1978. (fifa.com)

Final Piala Dunia 1978 mempertemukan Belanda dengan tuan rumah, Argentina. Mario Kempes membuka keunggulan Argentina pada menit ke-35 sebelum Dick Nanninga menyamakan kedudukan bagi Belanda jelang laga usai.

Pada babak perpanjangan waktu, Albiceleste berhasil menambah dua gol yang membuat mereka mengangkat trofi Piala Dunia pertamanya. Bagi Belanda, ini merupakan kali kedua secara beruntun mereka kalah di babak final.

Baca Juga: 5 Peserta Piala Dunia 2022 dengan Pengalaman Minim di Piala Dunia

4. Babak adu penalti jadi penentu kemenangan Brasil atas Italia di Piala Dunia 1994

7 Final Piala Dunia yang Mencapai Extra TimeBrasil menjuarai Piala Dunia 1994 setelah mengalahkan Italia lewat babak adu penalti. (fifa.com)

Stadion Rose Bowl yang terletak di Los Angeles, California, Amerika Serikat menjadi saksi duel antara Brasil dan Italia pada final Piala Dunia 1994. Laga yang berlangsung ketat membuat kedua tim mengalami kebuntuan hingga 120 menit laga berjalan.

Pada babak adu penalti, tiga penendang Italia gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Brasil akhirnya keluar sebagai juara setelah tendangan Roberto Baggio tak menemui sasaran. Ini merupakan final Piala Dunia pertama yang diselesaikan melalui babak adu penalti.

5. Pada Piala Dunia 2006, Italia kali ini menang adu penalti melawan Prancis

7 Final Piala Dunia yang Mencapai Extra TimeItalia mengalahkan Prancis lewat babak adu penalti pada final Piala Dunia 2006. (fifa.com)

Final Piala Dunia 2006 antara Italia dan Prancis dibuka oleh gol yang dicetak Zinedine Zidane lewat titik putih. Namun, Italia mampu menyamakan keadaan berkat tandukan dari Marco Materazzi.

Tak seperti final tahun 1994, kali ini kelima penendang Italia sukses menembus jala Fabien Barthez. Sedangkan gagalnya eksekusi David Trezeguet membuat Prancis harus puas menjadi runner up.

6. Gol telat Andres Iniesta bawa Spanyol kalahkan Belanda di final Piala Dunia 2010

7 Final Piala Dunia yang Mencapai Extra TimeSpanyol menjuarai Piala Dunia 2010 setelah mengalahkan Belanda. (fifa.com)

Spanyol dan Belanda silih berganti melakukan serangan pada final Piala Dunia 2010. Namun, tak ada satu pun gol yang tercipta ke gawang Iker Casillas maupun Maarten Stekelenburg hingga waktu normal usai.

Belanda harus kehilangan Johnny Heitinga yang menerima kartu merah pada babak perpanjangan waktu. Hal tersebut kemudian mampu dimanfaatkan Spanyol untuk mencetak gol kemenangan melalui sontekan Andres Iniesta.

7. Jerman harus bermain hingga babak extra time untuk mengalahkan Argentina pada Piala Dunia 2014

7 Final Piala Dunia yang Mencapai Extra TimeJerman mengalahkan Argentina pada final Piala Dunia 2014. (fifa.com)

Laga ketat tersaji ketika Argentina bertemu Jerman pada final Piala Dunia 2014 yang digelar di Estadio Maracana, Brasil. Hingga waktu normal berakhir, skor kacamata masih menghiasi papan skor.

Mario Goetze yang tampil dari bangku cadangan akhirnya mampu memecah kebuntuan bagi Jerman. Kegagalan Argentina menyamakan kedudukan membuat Der Panzer merengkuh gelar juara dunia keempat mereka.

Laga final Piala Dunia memang kerap kali berlangsung ketat sampai memasuki babak perpanjangan waktu. Bahkan, dua final di antaranya harus berlanjut ke babak adu penalti untuk menentukan juaranya.

Baca Juga: 5 Alumnus Piala Dunia 2006 yang Tampil di Piala Dunia 2022 Qatar

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya