Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo akan Main di 5 Edisi Piala Dunia

Sebelumnya hanya tiga pemain yang pernah melakukannya

Argentina dan Portugal telah memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar. Dengan hasil ini, kita akan kembali melihat Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi bermain di kompetisi sepak bola paling bergengsi tersebut.

Menariknya, jika keduanya bermain di Qatar nanti, ini akan jadi kali kelima mereka bermain di Piala Dunia. Sebelumnya hanya ada tiga pemain yang pernah melakukannya. Apalagi jika satu dari mereka mampu mengangkat trofi Piala Dunia nantinya.

1. Argentina pastikan diri tampil di Piala Dunia 2022

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo akan Main di 5 Edisi Piala DuniaArgentina memastikan diri tampil di Piala Dunia 2022. (skysports.com)

Argentina sudah memastikan satu tempat di putaran final Piala Dunia sejak November 2021. Tim Tango jadi wakil kedua dari CONMEBOL yang lolos menyusul Brasil. Mereka juga tercatat belum pernah menelan kekalahan di kualifikasi Piala Dunia.

Lionel Messi sendiri mencetak 7 gol untuk Argentina selama babak kualifikasi. Ia jadi top skor Argentina bersanding dengan Lautaro Martinez. Kini, Argentina tinggal bersiap menghadapi turnamen akbar empat tahunan tersebut akhir tahun nanti.

2. Portugal atasi Makedonia Utara untuk lolos ke Qatar

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo akan Main di 5 Edisi Piala DuniaPortugal menang atas Makedonia utara dalam kualifikasi Piala Dunia zona UEFA. (footballchase.com)

Tak seperti Argentina yang melaju mulus untuk lolos ke Piala Dunia. Jalan terjal harus dilalui Portugal untuk memastikan satu tempat di Qatar. Tergabung di grup A, Portugal hanya mampu menjadi runner up di belakang Serbia.

Hasil tersebut membuat Portugal harus melewati fase playoff. Di pertandingan pertama, Portugal sukses menekuk Turki dengan skor 3-1. Mereka kemudian menghadang laju Makedonia Utara lewat skor 2-0 untuk memastikan diri tampil di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Mau Main Hingga 40 Tahun!

3. Keduanya akan tampil di lima Piala Dunia

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo akan Main di 5 Edisi Piala DuniaLionel Messi dan Cristiano Ronaldo (sky.com)

Keberhasilan Portugal dan Argentina lolos ke putaran final Piala Dunia, membuat pecinta sepak bola akan kembali menyaksikan dua mega bintang sepak bola dunia, Ronaldo dan Messi tampil di panggung paling akbar.

Menariknya, ini akan jadi penampilan kelima mereka di ajang Piala Dunia. Keduanya sama-sama mengawali debut mereka pada Piala Dunia 2006 di Jerman.

Sejak saat itu, keduanya tak pernah absen, termasuk empat tahun lalu di Rusia. Ronaldo dan Messi berpeluang jadi pemain keempat dan kelima yang bermain di lima Piala Dunia.

4. Gelar Piala Dunia jadi trofi yang belum pernah diraih Messi dan Ronaldo

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo akan Main di 5 Edisi Piala DuniaTrofi Piala Dunia (skysports.com)

Sebagai seorang bintang besar di kancah sepak bola. Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo telah meraih segala trofi yang bisa mereka gapai. Mulai dari kompetisi domestik bersama klubnya masing-masing hingga gelar Liga Champions.

Bersama timnas, Ronaldo telah mempersembahkan trofi Piala Eropa 2016 dan UEFA Nations League 2019. Sementara Messi baru saja meraih gelar Copa America 2021. Trofi Piala Dunia akan jadi pelengkap gelar bagi keduanya.

Prestasi terbaik Ronaldo di Piala Dunia hanyalah mengantar Portugal sampai babak semifinal pada edisi 2006. Sementara Messi kalah di partai final melawan Jerman pada Piala Dunia 2014.

5. Sebelumnya hanya ada tiga pemain yang pernah tampil di lima Piala Dunia

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo akan Main di 5 Edisi Piala DuniaLothar Matthaus (bundesliga.com)

Sepanjang sejarahnya hanya terdapat tiga pemain yang pernah tampil di lima gelaran Piala Dunia. Mereka adalah Lothar Matthaus asal Jerman dan dua pemain Meksiko, Rafael Marquez dan Antonio Carbajal. 

Sebenarnya terdapat satu nama lainnya yang juga dipanggil dalam lima Piala Dunia, yakni Gianluigi Buffon. Namun, Buffon tak bermain satu laga pun pada edisi 1998 dan Italia tak lolos pada Piala Dunia 2018.

 

Ronaldo dan Messi akan tampil pada lima edisi Piala Dunia berbeda jika mereka bermain di Qatar nantinya. Akankah keduanya mampu meraih gelar Piala Dunia? Karena ini bisa jadi turnamen terakhir bagi mereka berdua.

Baca Juga: Menerka Masa Depan Lionel Messi Bersama Timnas Argentina

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya