Comscore Tracker

5 Negara Ini Sumbang Banyak Pelatih ke Piala Dunia 2022

Ada yang ketemu negara asalnya

Tak semua negara peserta Piala Dunia 2022 Qatar mengandalkan jasa pelatih lokal. Beberapa bahkan merekrut pelatih asing yang dianggap mumpuni dan cocok dalam menangani serta meracik strategi timnya.

Pada Piala Dunia 2022 ini, sebanyak sembilan negara menggunakan jasa pelatih asing. Bahkan, ada pelatih yang harus bertemu negara asalnya di Piala Dunia Qatar.

Berikut lima negara penyumbang pelatih terbanyak ke Piala Dunia 2022.

1. Prancis

5 Negara Ini Sumbang Banyak Pelatih ke Piala Dunia 2022Herve Renard (fifa.com)

Prancis masih mempercayai Didier Deschamps yang membawa mereka menjuarai Piala Dunia 2018. Di bawah arahan sang pelatih, skuad Prancis yang bertabur bintang siap mempertahankan takhtanya.

Selain Deschamps, Arab Saudi juga menunjuk juru latih asal Prancis, Herve Renard. Renard sudah memegang jabatan sebagai pelatih Arab Saudi sejak 2019. Ia juga punya pengalaman membawa Zambia dan Pantai Gading menjadi juara Piala Afrika.

2. Inggris

5 Negara Ini Sumbang Banyak Pelatih ke Piala Dunia 2022John Herdman (fifa.com)

Inggris masih mengandalkan Gareth Southgate yang membawa mereka ke semifinal Piala Dunia 2018 dan final Piala Eropa 2020. Pada Piala Dunia 2022, Southgate berambisi membawa Inggris merebut gelar juara yang terakhir kali diraih pada 1966.

Sementara itu, menjadi kekuatan baru dari zona Amerika Utara, Kanada kembali lolos ke Piala Dunia setelah absen sejak edisi 1986. Lolosnya Kanada juga tak lepas dari peran penting sang pelatih asal Inggris, John Herdman.

Baca Juga: 5 Pemain Inggris Paling Diandalkan Gareth Southgate, Ada Maguire?

3. Spanyol

5 Negara Ini Sumbang Banyak Pelatih ke Piala Dunia 2022Luis Enrique (twitter.com/FIFAcom)

Spanyol sering menghasilkan pelatih hebat dengan strategi brilian. Luis Enrique yang sebelumnya membawa Spanyol mencapai semifinal Piala Eropa 2020 masih dipercaya menukangi La Furia Roja.

Selain Enrique, terdapa dua nama lain yang ditunjuk sebagai pelatih di Piala Dunia. Pertama, ada Roberto Martinez yang sudah memegang Belgia sejak 2016. Kemudian, ada Felix Sanchez yang saat ini menukangi tuan rumah, Qatar.

4. Portugal

5 Negara Ini Sumbang Banyak Pelatih ke Piala Dunia 2022Carlos Queiroz (twitter.com/FIFAcom)

Dua wakil dari Asia saat ini tercatat menggunakan jasa pelatih dari Portugal. Korea Selatan masih mempercayai Paulo Bento yang sudah menjadi pelatih mereka sejak 2018. Iran juga mengandalkan Carlos Queiroz sebagai juru taktik mereka.

Portugal sendiri saat ini dilatih Paulo Bento yang sempat membawa mereka menjuarai Piala Eropa 2016. Dengan deretan pemain bintang dalam kubu Portugal, Bento diharapkan mampu membawa mereka melangkah lebih jauh di Piala Dunia 2022.

5. Argentina

5 Negara Ini Sumbang Banyak Pelatih ke Piala Dunia 2022Lionel Scaloni (fifa.com)

Selain Portugal dan Spanyol, Argentina juga menyumbang tiga pelatih ke Piala Dunia 2022. Lionel Scaloni yang membawa Argentina meraih titel Copa America 2021 masih diandalkan Albiceleste.

Meksiko yang satu grup dengan Argentina saat ini dilatih Gerardo Martino. Terakhir, ada Gustafo Alvaro yang dipercaya menjadi ahli strategi Ekuador di Piala Dunia 2022.

Kelima negara tersebut punya banyak pelatih berbakat yang dipercaya oleh negara lain untuk menukangi timnya di Piala Dunia 2022. Lantas, siapa dari mereka yang mampu berprestasi lebih tinggi di Qatar?

Baca Juga: Herve Renard, Masterclass Arab Saudi Pencetak Sejarah

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya