Comscore Tracker

7 Pelatih Tim Nasional dengan Masa Bakti Terlama di Eropa Saat ini

Ada yang 15 tahun!

Kita semua tahu bahwa Eropa memiliki persaingan sepak bola paling ketat di dunia. Banyak sekali negara kuat yang selalu menjadi pesaing untuk meraih juara, baik Piala Eropa maupun Piala Dunia. Oleh karena itu, para pelatihnya pun selalu dituntut untuk menampilkan permainan terbaiknya.

Jika mereka tak mampu memenuhi ekspektasi besar yang dibebankan kepadanya, bersiaplah untuk mencari pekerjaan di tempat lain. Namun, beberapa pelatih ini cukup lama menangani suatu negara. Tak hanya karena prestasinya, mereka juga bisa menampilkan permainan terbaik timnya. Berikut tujuh pelatih timnas dengan masa bakti terlama di Eropa saat ini.

1. Igor Angelovski - Makedonia Utara

7 Pelatih Tim Nasional dengan Masa Bakti Terlama di Eropa Saat iniIgor Angelovski (sportsmole.co.uk)

Makedonia Utara sempat bertengger di posisi 166 peringkat dunia FIFA ketika Igor Angelovski mulai melatih tim ini pada Oktober 2015, posisi tersebut juga merupakan yang paling rendah sepanjang sejarah Makedonia Utara.

Namun, semenjak ditangani oleh Angelovski, prestasi mereka pun semakin membaik. Makedonia Utara bahkan naik seratus peringkat dunia, bahkan di UEFA Nations League mereka naik dari grup D ke grup C.

2. Fernando Santos - Portugal

7 Pelatih Tim Nasional dengan Masa Bakti Terlama di Eropa Saat iniFernando Santos (espn.in)

Portugal kerap gagal dalam turnamen-turnamen besar yang mereka ikuti, padahal mereka banyak dihuni pemain-pemain hebat. Sebut saja kegagalan Portugal menjuarai Piala Eropa tahun 2004 setelah dikalahkan Yunani di hadapan pendukungnya sendiri.

Namun, akhirnya mereka berhasil meraih gelar bergengsi semenjak Fernando Santos mengambil alih posisi pelatih pada September 2014. Portugal pun sukses menjuarai Piala Eropa tahun 2016 dengan mengalahkan Perancis di final. Tak hanya itu, Santos juga turut mempersembahkan trofi UEFA Nations League untuk Portugal.

3. Vladimir Petkovic - Swiss

7 Pelatih Tim Nasional dengan Masa Bakti Terlama di Eropa Saat iniVladimir Petkovic (fifa.com)

Sejak menjadi pelatih utama Swiss pada Juli 2014, Petkovic sukses menyulap tim ini menjadi lebih konsisten. Meskipun minim bintang, ia berhasil membawa Swiss melewati babak grup pada Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018.

Permainan Swiss pun juga semakin baik berkat kelihaiannya dalam mengatur strategi permainan. Terbukti Swiss dengan mudah melewati babak kualifikasi untuk tampil pada Piala Eropa tahun ini.

4. Didier Deschamps - Prancis

7 Pelatih Tim Nasional dengan Masa Bakti Terlama di Eropa Saat iniDidier Deschamps (eurosport.com)

Deschamps ditunjuk untuk menangani Prancis pada Juli 2012 menggantikan Lauren Blanc. Di bawah asuhan Deschamps, prestasi Les Blues perlahan-lahan mulai membaik, seperti mencapai babak perempat final pada Piala Dunia 2014.

Ia juga membawa Prancis mencapai babak final pada gelaran Piala Eropa 2016 sebelum dikalahkan Portugal. Puncaknya, mantan kapten Timnas Prancis ini berhasil membuat Prancis meraih gelar Piala Dunia 2018 dengan mengalahkan Kroasia di partai final.

Baca Juga: 6 Debutan Termuda Timnas Prancis di Era Didier Deschamps, Siapa Saja?

5. Luc Holtz - Luxembourg

7 Pelatih Tim Nasional dengan Masa Bakti Terlama di Eropa Saat iniLuc Holtz (sportsmole.co.uk)

Luxembourg bukanlah kekuatan besar dalam persepakbolaan Eropa, bahkan mereka tak pernah meraih kemenangan dalam rentang tahun 1995 hingga 2007. Itulah mengapa mereka tak pernah mengganti Luc Holtz sebagai pelatih sejak Agustus 2010.

Di bawah komandonya, Luxembourg lumayan mengalami peningkatan performa permainan. Luxembourg pun tak lagi menjadi lumbung gol negara lain dan beberapa kali bahkan meraih kemenangan. Puncaknya pada tahun 2018 mereka lumayan sering menang ketika berlaga pada pertandingan persahabatan dan UEFA Nations League.

6. Koldo Alvarez - Andorra

7 Pelatih Tim Nasional dengan Masa Bakti Terlama di Eropa Saat iniKoldo Alvarez (sportsmole.co.uk)

Koldo Alvarez ditunjuk untuk mengarsiteki Andorra pada Februari 2010. Saat itu negaranya bahkan masuk ke dalam ranking terbawah FIFA. Namun, Koldo Alvarez mampu menghentikan rentetan 35 kekalahan beruntun sejak 2007.

Pada tahun 2017 akhirnya Andorra berhasil meraih kemenangan mereka sejak terakhir kali terjadi pada tahun 2004 lalu. Karena hasil tersebutlah Koldo Alvarez tak diganti selama lebih dari satu dekade.

7. Joachim Loew

7 Pelatih Tim Nasional dengan Masa Bakti Terlama di Eropa Saat iniJoachim Loew (straitstimes.com)

Joachim Loew melatih Jerman sejak Juli 2006. Dengan ini ia merupakan pelatih timnas dengan masa bakti terlama di Eropa. Selama ditangani Loew, prestasi Jerman tak mengecewakan. Ia membawa Der Panzer mencapai final Piala Eropa 2008 dan menjuarai Piala Dunia 2014.

Meskipun meraih hasil buruk pada Piala Dunia 2018 lalu dengan tak lolos babak grup, tampaknya Jerman masih percaya dengan Loew. Buktinya ia akan mendampingi timnas Jerman pada ajang Piala Eropa 2020 tahun ini.

 

Menjadi pelatih timnas sepak bola memang tidaklah mudah. Mereka dituntut untuk selalu menampilkan yang terbaik. Namun, mereka membuktikan kualitasnya dengan tak tergantikan dalam waktu yang cukup lama.

Baca Juga: Persembahan Terakhir Joachim Low untuk Timnas Jerman

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya