6 Pelatih dengan Trofi Liga Inggris Terbanyak Sepanjang Sejarah

Pep Guardiola bersanding dengan para legenda

Manchester City memastikan gelar juara English Premier League (EPL) musim 2022/2023 setelah Arsenal takluk di tangan Nottingham Forest. Trofi ini merupakan yang kelima bagi Pep Guardiola sejak menukangi Manchester City pada 2016.

Raihan ini membawa pelatih asal Spanyol tersebut menjadi salah satu pelatih tersukses dalam sejarah Liga Inggris. Pasalnya, tak banyak pelatih yang mampu membawa timnya meraih gelar juara sebanyak lima kali. Berikut enam pelatih dengan trofi Liga Inggris terbanyak sepanjang sejarah.

1. Tom Watson

6 Pelatih dengan Trofi Liga Inggris Terbanyak Sepanjang SejarahTom Watson (liverpoolfc.com)

Tom Watson merupakan pelatih pertama yang membawa Liverpool menjuarai Liga Inggris yang saat itu masih bernama First Division, tepatnya pada musim 1900/1901. Kemudian, Watson mengulangi prestasi yang sama pada 1905/1906. Watson juga merupakan pelatih terlama yang menukangi Liverpool, yakni selama 19 tahun dari 1896--1915.

Namun, kesuksesan Watson sudah dimulai jauh sebelum ia bergabung dengan Liverpool. Ia merupakan sosok di balik perkasanya Sunderland dengan merebut tiga trofi juara Liga Inggris. Ketiganya direbut Watson pada 1891/1892, 1892/1893, dan 1894/1895.

2. Sir Matt Busby

6 Pelatih dengan Trofi Liga Inggris Terbanyak Sepanjang SejarahSir Matt Busby (manutd.com)

Jauh sebelum era Sir Alex Ferguson, Manchester United lebih dulu menjadi raja di sepak bola Inggris ketika dilatih Sir Matt Busby. Di bawah asuhannya, The Red Devils dibawanya meraih lima gelar juara Liga Inggris. Pada 1967/1968, Manchester United menjadi tim Inggris pertama yang menjuarai Liga Champions.

Kisah Sir Matt Busby bersama Manchester United sempat diwarnai insiden tragis ketika hampir seluruh pemainnya tewas karena kecelakaan pesawat pada 1958. Hebatnya, ia masih bisa membangun ulang skuadnya setelah itu. Dengan nama-nama hebat, seperti Dennis Law, George Best, hingga Bobby Charlton, Manchester United bahkan menjadi lebih kuat.

3. Pep Guardiola

6 Pelatih dengan Trofi Liga Inggris Terbanyak Sepanjang SejarahPep Guardiola (mancity.com)

Manchester City menjadi salah satu kekuatan baru di English Premier League sejak mereka dibeli oleh taipan minyak asal Uni Emirat Arab, Sheikh Mansour. Namun, sosok yang benar-benar membuat Manchester City tampil dominan adalah Pep Guardiola. Terbukti, pelatih asal Spanyol tersebut membuat Liga Inggris yang dikenal ketat menjadi seakan milik timnya.

Hal itu bukannya tanpa alasan. Trofi ini merupakan yang kelima bagi Pep Guardiola dalam enam musim terakhir. Hanya Liverpool yang mampu mencuri satu gelar juara dari tangannya. Bahkan, Arsenal yang hampir sepanjang musim berada di posisi puncak, akhirnya harus kalah dari Manchester City di akhir musim.

Baca Juga: Manchester City Juara Lagi, Pep Guardiola Bergelimang Rekor

4. Bob Paisley

6 Pelatih dengan Trofi Liga Inggris Terbanyak Sepanjang SejarahBob Paisley (liverpoolfc.com)

Bob Paisley merupakan salah satu pelatih terbaik yang pernah lahir di tanah Inggris. Pengabdiannya bersama Liverpool, baik sebagai pemain maupun pelatih, membuahkan banyak trofi ke Anfield. Menjadi penerus Bill Shankly, Paisley sukses membawa Liverpool ke masa kejayaannya dari 1974--1983.

Sebagai pelatih, Paisley berhasil mengantar Liverpool menjuarai Liga Inggris sebanyak enam kali. Tak hanya di level domestik, The Reds juga begitu perkasa di kancah Eropa. Raihan 3 gelar Piala Champions serta 1 Piala UEFA berhasil ia bawa ke Anfield.

5. George Ramsay

6 Pelatih dengan Trofi Liga Inggris Terbanyak Sepanjang SejarahGeorge Ramsay (avfc.co.uk)

Aston Villa mungkin saat ini hanya merupakan tim yang sering meramaikan papan tengah. Namun, dulunya tim ini merupakan tim paling dominan di era awal Liga Inggris. Bagaimana tidak, klub asal Birmingham tersebut berhasil membawa pulang enam trofi Liga Inggris.

Sosok yang menjadi kunci keberhasilan Aston Villa tak lain adalah George Ramsay. Pria asal Skotlandia tersebut menghabiskan seluruh kariernya sebagai pelatih dengan menukangi Aston Villa pada 1886--1926. Sejak kepergian Ramsay, tim berjuluk The Villans tersebut hanya mampu menambah satu gelar Liga Inggris.

6. Sir Alex Ferguson

6 Pelatih dengan Trofi Liga Inggris Terbanyak Sepanjang SejarahSir Alex Ferguson (manutd.com)

Dengan torehan 13 gelar juara Liga Inggris, Sir Alex Ferguson merupakan pelatih tersukses dari jumlah trofi yang ia menangkan. Pelatih asal Skotlandia tersebut dikenal karena mengorbitkan bibit-bibit muda yang tergabung dalam class of '92. Pemain-pemain seperti David Beckham, Ryan Giggs, Gary Neville, dan Paul Scholes kemudian menjadi tulang punggung timnya.

Ferguson juga masih menjadi satu-satunya pelatih yang membawa tim asal Inggris meraih treble winner, tepatnya pada 1998/1999. Sejak memutuskan pensiun pada 2013, The Reds Devils sepertinya belum menemukan sosok pengganti yang tepat. Terbukti, Manchester United belum berhasil menambah trofi Liga Inggris meski sudah berganti pelatih beberapa kali.

Pep Guardiola menjadi salah satu pelatih tersukses di Liga Inggris usai memenangi trofi kelimanya bersama Manchester City. Ia juga berpeluang menyamai raihan Sir Alex Ferguson jika berhasil meraih treble winner di akhir musim nanti.

Baca Juga: 7 Fakta Baru tentang Sir Alex Ferguson dalam Film Dokumenternya

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya