8 Pemain asal Brasil yang Pernah Membela Manchester United

Ada Rafael dan Fabio da Silva

Brasil merupakan salah satu negara penghasil pesepak bola berbakat. Bahkan, hampir setiap tim papan atas Eropa memiliki pemain asal Brasil. Mereka biasa menjadi andalan.

Meski begitu, Manchester United sebagai salah satu klub besar Eropa sepertinya belum menemukan bakat terbaik asal Brasil. Penampilan pemain Brasil yang pernah bermain bersama Setan Merah tak cukup menawan

Berikut delapan pemain asal Brasil yang pernah membela Manchester United pada era English Premier League (EPL).

1. Rodrigo Possebon

8 Pemain asal Brasil yang Pernah Membela Manchester UnitedRodrigo Possebon (uefa.com)

Rodrigo Possebon belum genap berusia 20 tahun ketika Manchester United mendatangkannya dari Internacional pada 2008. Namun, karier Possebon bersama Setan Merah berlangsung sangat singkat.

Ia mengalami cedera serius ketika menerima tekel keras dari Emanuel Pogatetz, ketika Manchester United menghadapi Middlesbrough di ajang Piala Carling. Sejak saat itu, Possebon tak bisa bangkit lagi.

2. Kleberson

8 Pemain asal Brasil yang Pernah Membela Manchester UnitedKleberson dan Cristiano Ronaldo (skysports.com)

Kleberson didatangkan pada saat bersamaan dengan Cristiano Ronaldo. Pendukung Manchester United menaruh ekspektasi besar terhadapnya. Apalagi ia merupakan bagian dari skuad Brasil ketika menjuarai Piala Dunia 2002.

Sayangnya, ketika Ronaldo menjadi megabintang di Old Trafford, Kleberson justru lebih sering berkutat dengan cedera. Hal itu membuatnya hanya memainkan 30 pertandingan selama 2 musim berkostum Setan Merah.

3. Alex Telles

8 Pemain asal Brasil yang Pernah Membela Manchester UnitedAlex Telles (manutd.com)

Alex Telles datang dengan harapan besar ketika Manchester United membelinya dari Porto pada 2020. Namun, ia lebih sering menghuni bangku cadangan pada musim pertamanya. 

Cederanya Luke Shaw membuat Telles punya banyak kesempatan bermain pada 2021/2022. Namun, penampilannya bisa dibilang tak terlalu mengesankan dalam mengawal sisi kiri pertahanan Manchester United.

4. Andreas Pereira

8 Pemain asal Brasil yang Pernah Membela Manchester UnitedAndreas Pereira (manutd.com)

Andreas Pereira sempat menimba ilmu di akademi Manchester United sebelum debut untuk tim senior pada 2014. Namun, ia tak pernah tampil mengesankan dan lebih sering dipinjamkan.

Selama masa peminjamannya, Pereira juga tak kunjung menemukan penampilan terbaik. Bahkan, ia membuat blunder fatal saat membela Flamengo yang membuat timnya kalah dari Palmeiras di final Copa Libertadores 2021.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Membela Manchester City dan Leeds United

5. Fabio

8 Pemain asal Brasil yang Pernah Membela Manchester UnitedFabio (skysports.com)

Fabio da Silva datang bersama dengan saudara kembarnya, Rafael, dari Fluminense pada 2008. Mereka berdua diplot sebagai pelapis sekaligus penerus Gary Neville dan Patrice Evra.

Penampilan konsisten Evra di sisi kiri pertahanan Manchester United membuat Fabio kesulitan menjadi pilihan utama. Ia akhirnya pergi ke Cardiff City setelah hanya mencatatkan 56 penampilan selama 5 musim di Old Trafford.

6. Fred

8 Pemain asal Brasil yang Pernah Membela Manchester UnitedFred (manutd.com)

Fred merupakan salah satu pembelian termahal Manchester United ketika didatangkan dari Shakhtar Donetsk pada 2018. Namun, penampilan pada musim pertama tak menunjukkan harga mahal tersebut.

Fred berkembang dari musim ke musim dan mulai menjadi pilihan utama di lini tengah Manchester United. Meski begitu, ia masih harus meningkatkan kualitasnya jika ingin dipercaya Erik ten Hag.

7. Anderson

8 Pemain asal Brasil yang Pernah Membela Manchester UnitedAnderson (manutd.com)

Anderson cukup mengesankan pada musim perdananya di Old Trafford. Bahkan, ia menjadi salah satu penendang penalti yang sukses menjalankan tugas pada final Liga Champions 2008 melawan Chelsea.

Sayangnya, serangkaian cedera membuat penampilannya makin menurun. Anderson kemudian meninggalkan Manchester United pada 2015 ke Internacional.

8. Rafael

8 Pemain asal Brasil yang Pernah Membela Manchester UnitedRafael (skysports.com)

Rafael da Silva mulai mendapatkan tempat di sektor bek kanan menyusul pensiunnya Gary Neville. Penampilannya yang terbilang agresif juga menjadikannya salah satu favorit para pendukung Setan Merah.

Meski begitu, kepergian Sir Alex Ferguson dari kursi kepelatihan membuatnya mulai kehilangan kepercayaan. Ia jarang dipakai David Moyes hingga akhirnya dijual Louis van Gaal ke Lyon pada 2015.

Semua pemain tersebut belum bisa menunjukkan performa maksimal untuk tim sebesar Manchester United. Rangkaian cedera dan persaingan sengit menjadi salah satu penghambat mereka bersinar di Old Trafford.

Baca Juga: 5 Pemain yang Paling Loyal Membela Manchester United, Bukti Komitmen!

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya