7 Pemain Asal Brasil Terbaik yang Pernah Berseragam Arsenal

Ada David Luiz hingga Gilberto Silva

Brasil merupakan salah satu negara yang selalu konsisten menghasilkan para pesepak bola hebat. Bahkan, mereka kerap kali menjadi pemain kunci di banyak klub besar Eropa. Salah satunya adalah Arsenal.

The Gunners tercatat cukup sering menggunakan jasa pemain Brasil. Musim ini ada nama Gabriel Magalhaes dan Gabriel Martinelli. Berikut, tujuh pemain asal Brasil terbaik yang pernah berseragam Arsenal.

1. David Luiz

7 Pemain Asal Brasil Terbaik yang Pernah Berseragam ArsenalDavid Luiz (skysports.com)

David Luiz sudah tak muda lagi ketika bergabung dengan Arsenal. Sebelumnya ia merupakan salah satu bek papan atas ketika masih berkostum Chelsea. Performanya pun terbilang sering naik turun ketika ia dimainkan Arsenal.

Namun, Luiz masih sempat memberikan masing-masing satu trofi Piala FA dan Community Shield. Sebagai pemain senior, Luiz juga menjadi mentor bagi para pemain muda Arsenal. Kini ia kembali ke Brasil untuk membela Flamengo.

2. Gabriel Martinelli

7 Pemain Asal Brasil Terbaik yang Pernah Berseragam ArsenalGabriel Martinelli (skysports.com)

Masih berusia 20 tahun, Gabriel Martinelli merupakan pemain masa depan Arsenal. Bahkan, di usianya yang masih sangat muda, Martinelli sudah memainkan 79 pertandingan untuk The Gunners.

Penampilannya di sisi sayap Arsenal cukup menawan musim ini. Ia juga berpeluang membawa Arsenal kembali bermain di Liga Champions musim depan. 

3. Gabriel Magalhaes

7 Pemain Asal Brasil Terbaik yang Pernah Berseragam ArsenalGabriel (skysports.com)

Gabriel Magalhaes atau yang kerap disapa Gabriel sudah mengunci satu tempat di lini belakang Arsenal sejak kedatangannya dari Lille pada 2020. Itu membuktikan betapa Mikel Arteta percaya akan potensinya.

Pemain berusia 24 tahun tersebut bermain cukup solid dalam mengawal pertahanan The Gunners. Duetnya dengan Ben White semakin membuat lini belakang Arsenal sulit untuk ditembus.

Baca Juga: 9 Fakta Gabriel Martinelli, Striker Muda Arsenal yang Kian Matang

4. Sylvinho

7 Pemain Asal Brasil Terbaik yang Pernah Berseragam ArsenalSylvinho (arsenal.com)

Sylvinho merupakan pemain asal Brasil pertama yang didatangkan Arsenal, tepatnya pada 1999 dari Corinthians. Ia pun langsung menjadi salah satu andalan Arsene Wenger di sisi bek kiri.

Kemampuannya dalam menyerang pun semakin membuat Sylvinho tak tergantikan. Namun, ia mulai tergeser ketika Ashley Cole mulai menunjukkan potensinya. Alhasil, ia pun meninggalkan Highbury ke Celta Vigo pada 2001.

5. Eduardo da Silva

7 Pemain Asal Brasil Terbaik yang Pernah Berseragam ArsenalEduardo (skysports.com)

Eduardo da Silva sempat menampilkan permainan yang cukup menawan ketika didatangkan dari Dinamo Zagreb pada 2007. Terbukti ia mampu mengukir 12 gol di semua kompetisi pada musim debutnya.

Sayang, di musim keduanya, ia mengalami cedera yang membuatnya absen satu musim penuh. Usai kembali, penampilan Eduardo tak lagi sama. Hal itulah yang membuatnya hengkang ke Shakhtar Donetsk.

6. Edu

7 Pemain Asal Brasil Terbaik yang Pernah Berseragam ArsenalEdu (arsenal.com)

Edu saat ini menjabat sebagai direktur teknik di Arsenal. Namun, sebelumnya ia juga pernah membela The Gunners selama empat musim. Edu merupakan bagian Arsenal ketika mereka menjuarai Liga Inggris tanpa terkalahkan pada 2003/2004.

Meskipun tak selalu menjadi pilihan utama Arsene Wenger di lini tengah, Edu sering kali menampilkan performa impresif ketika diberi menit bermain. Kini ia bersama Mikel Arteta tengah bekerja keras untuk membuat Arsenal kembali merajai Liga Inggris.

7. Gilberto Silva

7 Pemain Asal Brasil Terbaik yang Pernah Berseragam ArsenalGilberto Silva (arsenal.com)

Berbicara mengenai The Invicibles Arsenal ketika menjuarai Liga Inggris tanpa menelan kekalahan, tak lepas dari peran Gilberto Silva di lini tengah. Ia menjadi rekan duet sempurna bagi Patrick Vieira.

Kemampuannya yang sangat baik sebagai gelandang bertahan memudahkan Vieira untuk ikut dalam penyerangan. Gilberto Silva tercatat memainkan lebih dari 200 pertandingan untuk Arsenal. Ia bahkan sempat dipercaya mengemban jabatan sebagai kapten tim.

 

Ketujuh pemain asal Brasil tersebut punya kontribusi yang cukup signifikan ketika berkostum Arsenal. Bahkan, beberapa di antaranya menjadi pilar utama dalam kesuksesan The Gunenrs.

Baca Juga: 6 Catatan Menarik Kemenangan Arsenal atas Manchester United

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya