Comscore Tracker

5 Penjaga Gawang Ini Kualitas Jempolan meski Sebagai Pelapis

Membuat kiper utama harus waspada

Penjaga gawang cadangan merupakan posisi yang cukup krusial bagi sebuah tim. Sebab jika kiper utama mereka cedera, masih ada satu penjaga gawang handal yang siap untuk bermain. Namun, itu juga yang menjadi masalah, sebab kebanyakan dari kiper cadangan ini sangat jarang bermain.

Mereka harus menunggu kiper utama cedera atau hanya dimainkan untuk laga yang sudah tidak penting lagi. Padahal, punya kiper cadangan dengan kualitas top dapat membawa ketenangan dan juga memberi persaingan kepada kiper utama agar selalu tampil baik. Berikut lima penjaga gawang cadangan yang punya kualitas jempolan.

1. Matthew Ryan - Real Sociedad

5 Penjaga Gawang Ini Kualitas Jempolan meski Sebagai PelapisMatthew Ryan (mundodeportivo.com)

Matthew Ryan tak tergantikan sebagai kiper utama Brighton & Hove Albion sejak dibeli dari Valencia pada musim 2017. Total, ia telah bermain sebanyak 121 kali selama membela The Seagulls. Kini ia memutuskan kembali ke LaLiga, namun kali ini bersama Real Sociedad.

Penjaga gawang asal Australia ini memilih hengkang, karena sejak Desember 2020 ia tak lagi menjadi pilihan utama Graham Potter di Brighton. Bahkan, ia sempat dipinjamkan selama setengah musim ke Arsenal. Padahal, di Real Sociedad sendiri ia harus bersaing dengan Alex Romeiro yang musim lalu sukses mencatatkan 18 clean sheet.

2. David Ospina - Napoli

5 Penjaga Gawang Ini Kualitas Jempolan meski Sebagai PelapisDavid Ospina (talksport.com)

Ospina sudah akrab dengan bangku cadangan sejak ia dibeli Arsenal pada tahun 2014 lalu. Awalnya, ia diplot sebagai pengganti Wojiech Szczesny yang hengkang, namun ketika Petr Cech datang ia lebih sering duduk di bangku cadangan.

Akhirnya Arsenal meminjamkannya ke Napoli pada musim 2018, penampilannya cukup impresif membuat penjaga gawang asal Kolombia itu dipermanenkan semusim berselang. Ia ditunjuk untuk menggantikan Alex Meret yang mengalami cedera. Namun, setelah beberapa kali melakukan kesalahan, ia pun kini lebih sering dibangku cadangkan, apalagi ketika Meret telah pulih dari cedera.

Baca Juga: 5 Kiper Top yang Ternyata Memulai Karier Tidak Sebagai Kiper

3. Neto Murara - Barcelona

5 Penjaga Gawang Ini Kualitas Jempolan meski Sebagai PelapisNeto Murara (fcbarcelonanoticias.com)

Sejak dibeli dari Valencia pada musim 2019 lalu, Neto lebih sering menjadi penghangat bangku cadangan. Mengingat Marc Andre Ter Stegen yang selalu tampil solid dalam menjaga gawang Barcelona. Total di semua kompetisi, ia hanya tampil sebanyak 17 kali dalam dua musim terakhir dengan catatan tujuh clean sheet.

Sebetulnya, Neto merupakan kiper yang cukup handal, ia sempat jadi pelapis bagi Gianluigi Buffon kala masih berseragam Juventus. Ia kemudian menjadi penjaga gawang nomor satu Valencia sebelum pindah ke Blaugrana. Terbukti saat Ter Stegen absen, ia tampil cukup impresif sebagai juru selamat terakhir bagi Barcelona.

4. Keylor Navas - PSG

5 Penjaga Gawang Ini Kualitas Jempolan meski Sebagai PelapisKeylor Navas (marca.com)

Deretan penjaga gawang handal mengisi skuad PSG musim ini, apalagi setelah mereka mendatangkan pemain terbaik Piala Eropa 2020, Gianluigi Donnarumma. Hal ini tentu saja membuat posisi kiper utama yang dipegang Keylor Navas menjadi terancam.

Apalagi Navas sudah tak muda lagi, lain halnya dengan Donnarumma yang baru berusia 22 tahun. Nasib Navas saat ini seperti mengulang kisahnya di Real Madrid, sempat jadi pilihan utama Los Blancos dalam beberapa musim, ia akhirnya harus tersingkir usai mereka mendatangkan Thibaut Courtois.

5. Dean Henderson - Manchester United

5 Penjaga Gawang Ini Kualitas Jempolan meski Sebagai PelapisDean Henderson (skysports.com)

Dean Henderson memang mengawali kariernya sebagai pemain Manchester United, namun ia lebih banyak dipinjamkan di berbagai klub kecil. Meski begitu penampilannya bersama Sheffield United cukup impresif. Akhirnya pada musim 2020/2021 kemarin, ia tak lagi dipinjamkan dan jadi pelapis David De Gea.

Namun, kiper asal Spanyol itu sepertinya mengalami penurunan performa dalam beberapa laga terakhir. Tengok saja saat Piala Eropa 2020 kemarin, ia sama sekali tak bermain karena kalah bersaing dengan Unai Simon. Jika De Gea tak kembali ke performa terbaiknya, maka Henderson siap mengambil posisinya kapan saja.

 

Meski hanya pelapis bukan berarti mereka tak punya kualitas hebat. Bahkan jika kiper utama tak tampil impresif, mereka siap dimainkan kapan saja.

Baca Juga: Konsisten, 5 Kiper Berusia Senja Ini Nyaris Tak Tersentuh Posisinya

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya