8 Pemain yang Rekor Golnya di UCL Siap Dipecahkan Erling Haaland

Haaland tampil moncer bersama Manchester City

Erling Haaland tak henti-hentinya mencetak gol bagi Manchester City. Tak hanya tajam di English Premier League, ia pun juga menunjukkan kapasitasnya sebagai salah satu bomber tajam di ajang Liga Champions.

Saat ini ia sudah mengoleksi 28 gol yang 5 di antaranya ia buat di musim 2022/2023. Raihan tersebut bahkan sudah mendekati catatan dari beberapa penyerang tajam dunia. Berikut tujuh pemain yang rekor golnya di Liga Champions siap disalip Erling Haaland.

1. David Trezeguet (29 gol)

8 Pemain yang Rekor Golnya di UCL Siap Dipecahkan Erling HaalandDavid Trezeguet (juventus.com)

David Trezeguet mengawali kariernya sebagai pesepak bola di Liga Argentina bersama Platense sebelum akhirnya menerima pinangan AS Monaco. Bersama Monaco, Trezeguet sukses mencetak 4 gol dari 9 laga di Liga Champions.

Melihat ketajamannya tersebut, Juventus pun tak ragu untuk menyodorkan kontrak padanya. Trezeguet kemudian mencetak 25 gol bagi La Vecchia Signora di Liga Champions dan sempat membawa timnya melaju ke babak final pada 2003.

2. Roy Makaay (29 gol)

8 Pemain yang Rekor Golnya di UCL Siap Dipecahkan Erling HaalandRoy Makaay (fcbayern.com)

Roy Makaay merupakan sosok penting yang membawa Deportivo La Coruna meraih gelar LaLiga musim 1999/2000. Tak hanya di LaLiga, Makaay juga moncer di kancah Liga Champions dengan sumbangan 12 gol bagi Super Depor.

Pemain asal Belanda tersebut kemudian melanjutkan ketajamannya bersama Bayern Munchen dengan mencatatkan 17 gol di Liga Champions. Makaay juga masih memegang rekor gol tercepat di UCL, yakni ketika laga baru berjalan 10,12 detik melawan Real Madrid.

3. Patrick Kluivert (29 gol)

8 Pemain yang Rekor Golnya di UCL Siap Dipecahkan Erling HaalandPatrick Kluivert (fcbarcelona.com)

Di usianya yang masih muda, Patrick Kluivert, sudah membawa Ajax Amsterdam menjuarai Liga Champions 1994/1995. Kluivert juga mengoleksi 9 gol dari 22 pertandingan di Liga Champions bagi raksasa Belanda tersebut.

Kluivert kemudian menambah pundi-pundi golnya ketika membela Barcelona. Penyerang asal Belanda tersebut mencetak 20 gol. Sempat bermain juga bagi PSV Eindhoven, tetapi Kluivert gagal membobol jala lawan.

4. Francisco Gento (30 gol)

8 Pemain yang Rekor Golnya di UCL Siap Dipecahkan Erling HaalandFrancisco Gento (manutd.com)

Francisco "Paco" Gento mengawali kariernya bersama Racing Santander pada 1952. Ia kemudian menjadi legenda bersama Real Madrid yang sukses mempersembahkan 12 gelar LaLiga serta 6 trofi Piala Champions. 

Catatan juara yang diraih Gento di dua kompetisi elite tersebut masih merupakan rekor yang bertahan hingga saat ini. Gento juga tampil tajam sebagai seorang penyerang dengan koleksi 30 gol selama tampil di kancah Eropa.

Baca Juga: Selalu Cetak Gol, Kaka: Haaland Bak Bermain Melawan Anak-anak 

5. Kaka (30 gol)

8 Pemain yang Rekor Golnya di UCL Siap Dipecahkan Erling HaalandKaka (manutd.com)

Ricardo Kaka menjalani dikenal sebagai gelandang terbaik dunia saat membela AC Milan. Rossoneri dibawanya berjaya di kancah Eropa dengan dua kali mencicipi final Liga Champions pada 2005 dan 2007 dan yang terakhir keluar sebagai juara.

Meskipun berposisi asli sebagai gelandang, Kaka juga dikenal punya insting tajam di depan gawang. Ia pun berhasil mencetak 25 gol di Liga Champions bersama AC Milan dan sisa 5 lainnya ia buat ketika berkostum Real Madrid.

6. Wayne Rooney (30 gol)

8 Pemain yang Rekor Golnya di UCL Siap Dipecahkan Erling HaalandWayne Rooney (manutd.com)

Wayne Rooney merupakan salah satu penyerang tajam yang pernah dimiliki Manchester United. Ia merupakan salah satu pilar penting ketika membawa timnya menjadi juara Liga Champions pada 2008 dan masuk final pada 2009 dan 2011.

Ketajaman seorang Wayne Rooney di depan gawang lawan sudah tak perlu diragukan lagi. Pemain yang kini menjadi pelatih DC United tersebut berhasil meraup 30 gol selama bermain di Liga Champions bersama The Red Devils.

7. Antoine Griezmann (30 gol)

8 Pemain yang Rekor Golnya di UCL Siap Dipecahkan Erling HaalandAntoine Griezmann (fcbarcelona.com)

Antoine Griezmann pertama kali mencicipi atmosfer Liga Champions ketika masih membela Real Sociedad. Namun, dari 6 pertandingan yang ia lakoni tak satu pun ia berhasil menjebol gawang lawan.

Keran golnya mulai terbuka ketika Griezmann bermain bagi Atletico Madrid saat ia mampu membukukan 26 gol. Pemain asal Prancis tersebut juga turut membuat 4 gol bersama Barcelona.

8. Samue Eto'o (30 gol)

8 Pemain yang Rekor Golnya di UCL Siap Dipecahkan Erling HaalandSamuel Eto'o (fcbarcelona.com)

Samuel Eto'o pernah membela 5 klub berbeda di ajang Liga Champions, yakni Real Madrid, Mallorca, Barcelona, Inter Milan, dan Chelsea. Namun, hanya bersama 4 klub terakhir ia mampu menceploskan bola ke gawang lawan.

Eto'o sekali mencetak gol bersama Mallorca, 16 untuk Barcelona, 10 bersama Inter Milan, dan 3 sisanya bersama Chelsea. Penyerang asal Kamerun tersebut juga punya koleksi 3 trofi Liga Champions bersama Barcelona dan Inter Milan.

 

Meskipun masih berusia cukup muda, raihan 28 gol milik Erling Haaland mendekati catatan kedelapan penyerang top tersebut. Sepertinya tak lama lagi rekor gol mereka akan dilewati oleh Haaland mengingat ia tampil tajam di Liga Champions musim ini.

Baca Juga: 5 Penyerang Terbaik yang Pernah Dilatih oleh Pep Guardiola, Ada Eto’o!

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya