Comscore Tracker

6 Pemain Tertua di Skuad Muda Arsenal 2021/2022

Aubameyang jadi yang tertua dengan usia

Arsenal telah lama dikenal sebagai tim yang mengandalkan pemain muda. Musim ini, mereka bahkan tercatat sebagai tim Liga Inggris dengan rata-rata usia termuda, yaitu 24,1 tahun. Tak hanya itu, pelatih mereka, Mikel Arteta, menjadi yang termuda di antara yang lainnya dengan usia 39 tahun.

Kondisi ini bukanlah sebuah kebetulan semata, melainkan memang merupakan bagian dari revolusi yang tengah dijalankan manajemen klub. Di antara skuad hijau ini, terdapat setidaknya enam pemain dengan usia paling tua.

1. Pierre-Emerick Aubameyang (32 tahun)

6 Pemain Tertua di Skuad Muda Arsenal 2021/2022Pierre-Emerick Aubameyang (twitter.com/Auba)

Lahir pada 18 Juni 1989 membuat Aubameyang jadi pemain tertua di skuad Arsenal saat ini dengan usia 32 tahun. Tidak mengherankan pula jika pemain asal Gabon ini diberi tanggung jawab sebagai kapten utama The Gunners. Sayangnya, pemain bernomor punggung 14 ini belum mampu memberikan contoh yang baik di atas lapangan.

Dari 14 penampilan di seluruh kompetisi, ia baru bisa mencetak tujuh gol. Sebagai striker utama, mandulnya Auba jelas menjadi salah satu faktor buruknya produktivitas Arsenal awal musim ini. Sementara, secara statistik, sejak bergabung dengan Arsenal pada Januari 2018 lalu, Auba telah bermain dalam 162 pertandingan dengan koleksi 92 gol.

2. Alexandre Lacazette (30 tahun)

6 Pemain Tertua di Skuad Muda Arsenal 2021/2022Alexandre Lacazette (instagram.com/lacazettealex)

Lacazette ada di urutan kedua dengan usia 30 tahun. Ia yang lahir pada 28 Mei 1991 merupakan salah satu wakil kapten The Gunners saat ini. Namun, seperti halnya Auba, kontribusi golnya pun masih sangat minim.

Pemain asal Prancis tersebut baru mencetak 4 gol dari 12 pertandingan di seluruh kompetisi, di mana hanya 1 gol ia catatakan di Liga Inggris. Kondisinya makin pelik karena kontraknya yang akan habis akhir musim nanti. Bergabung pada Juli 2017 lalu, Laca telah mengoleksi 182 pertandingan dan 68 gol.

Baca Juga: 9 Fakta Gabriel Martinelli, Striker Muda Arsenal yang Kian Matang

3. Cedric Soares (30 tahun)

6 Pemain Tertua di Skuad Muda Arsenal 2021/2022Cedric Soares (twitter.com/OficialCedric)

Cedric bergabung dengan Arsenal dari Southampton pada Januari 2020 lalu. Awalnya hanya sebagai pemain pinjaman. Pada Juli tahun yang sama, The Gunners akhirnya memutuskan untuk merekrutnya secara permanen. Seperti halnya Lacazette, bek kanan asal Portugal ini pun kini berusia 30 tahun.

Bedanya, ia lahir lebih akhir, yaitu pada 31 Agustus 1991. Musim ini, juara Euro 2016 ini lebih banyak menghangatkan bangku cadangan. Ia baru tampil lima kali di seluruh kompetisi dengan total 188 menit bermain.

Cedric kalah bersaing untuk posisi bek kanan dari Takehiro Tomiyasu, yang selain tampil lebih bagus, juga berusia jauh lebih muda (23 tahun). Setahun lebih menetap di London, Cedric baru bermain sebanyak 34 kali.

4. Bernd Leno (29 tahun)

6 Pemain Tertua di Skuad Muda Arsenal 2021/2022Bernd Leno (twitter.com/Bernd_Leno)

Leno berada di daftar selanjutnya dengan usia yang telah menginjak 29 tahun. Ia yang bergabung dengan Arsenal pada Juli 2019 lahir tanggal 4 Maret 1992. Pada tiga laga awal Liga Inggris musim ini, kiper asal Jerman ini sejatinya merupakan pilihan utama.

Namun, usai jeda internasional September lalu, Mikel Arteta menyerahkan posisi penjaga gawang kepada Aaron Ramsdale. Semenjak itu, Leno hanya mendapatkan dua kali kesempatan bermain di Piala Liga. Kondisi tersebut membuat Leno yang kini telah mencatatkan 122 penampilan bagi Arsenal diisukan akan hengkang pada Januari 2022 nanti.

5. Mohamed Elneny (29 tahun)

6 Pemain Tertua di Skuad Muda Arsenal 2021/2022Mohamed Elneny (twitter.com/ElNennY)

Elneny lahir pada 11 Juli 1992, lebih muda empat bulan dari Bernd Leno. Kontribusi sang gelandang asal Mesir musim ini belum begitu berarti karena minimnya menit bermain. Ia hanya tampil tujuh kali di seluruh kompetisi.

Bergabung dengan Arsenal dari FC Basel pada Januari 2026 lalu, kini Elneny telah mencatatkan 137 penampilan untuk The Gunners. Pada 2019/2020, ia sempat menjalani masa peminjaman bersama Besiktas. Elneny juga berpeluang jadi pemain yang bakal hengkang pada bursa transfer Januari 2022.

6. Granit Xhaka (29 tahun)

6 Pemain Tertua di Skuad Muda Arsenal 2021/2022Granit Xhaka (instagram.com/granitxhaka)

Granit Xhaka jadi pemain kelahiran 1992 terakhir yang ada di skuad Arsenal saat ini. Ia lahir tepatnya pada 27 September 1992. Jadi yang termuda di antara keenam nama dalam daftar ini, Xhaka justru menjabat sebagai wakil kapten utama The Gunners.

Sayang, performanya musim ini harus terganggu karena cedera serius. Akibatnya, gelandang asal Swiss tersebut baru bermain sebanyak lima kali di seluruh kompetisi. Bergabung dari Borrusia Monchengladbach pada Juli 2016 lalu, Xhaka telah mengoleksi 225 penampilan untuk Arsenal.

Itu tadi enam pemain tertua di skuad Arsenal musim ini. Kurangnya pemain berpengalaman memang kerap membuat Arsenal inkonsisten dalam beberapa laga. Namun, tentu menarik untuk ditunggu sejauh mana skuad muda nan potensial ini bisa melangkah.

Baca Juga: 9 Fakta Salah Eddine, Wonderkid Arsenal yang Curi Perhatian!

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Alumni jurusan Sejarah Universitas Padjadjaran. Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya