5 Kemenangan Comeback Arsenal di Premier League 2022/2023 Sejauh Ini

Mental juara kian teruji

Premier League musim 2022/2023 sudah berjalan selama 26 pekan. Sebuah statistik menarik dicatatkan oleh pemimpin klasemen saat ini, Arsenal. Mereka menjadi tim yang paling banyak meraih poin penuh setelah sempat tertinggal terlebih dahulu.

Ada 15 angka yang berhasil dikoleksi The Gunners ketika menjalani pertandingan dengan skenario seperti itu. Artinya, sejauh ini sudah ada lima pertandingan yang dimenangi Arsenal via comeback. Bagaimana jalannya kelima laga tersebut? 

1. Arsenal2-1 Fulham

5 Kemenangan Comeback Arsenal di Premier League 2022/2023 Sejauh IniArsenal (twitter.com/arsenal)

Pada pekan keempat EPL 2022/2023, 27 Agustus 2022, Arsenal menghadapi Fulham yang di tiga laga sebelumnya tidak terkalahkan. Kepercayaan diri tinggi yang tengah didapat tim promosi tersebut pun tampak ketika mereka mengejutkan publik Emirates lewat gol Aleksandar Mitrovic pada menit 56.

Pada menit 64, kapten Arsenal, Martin Odegaard, menyamakan kedudukan berkat sedikit keberuntungan. Tendangannya membentur salah satu pemain Fulham sehingga mengecoh kiper mereka yang baru dibeli dari Arsenal, Bernd Leno.

Gabriel Magalhaes akhirnya memastikan kemenangan tim asuhan Mikel Arteta lewat golnya pada menit 86. Bek asal Brasil itu menyelesaikan bola liar di dalam kotak penalti. Gol ini sekaligus membuatnya sukses menebus kesalahan karena gol Fulham yang memang secara tidak langsung ia sebabkan.

2. Arsenal 3-1 West Ham United

5 Kemenangan Comeback Arsenal di Premier League 2022/2023 Sejauh IniArsenal (twitter.com/arsenal)

Pada pertandingan pertama setelah jeda Piala Dunia 2022, Arsenal menjamu tim asal London lainnya, West Ham United. Terlalu asyik menyerang sejak awal, mereka kebobolan oleh gol penalti Said Benrahma pada menit 27. Hukuman tersebut didapat setelah William Saliba melanggar Jarrod Bowen.

Pada babak kedua, Arsenal membuktikan keperkasaan mereka dengan mencetak tiga gol dalam jangka waktu selama 20 menit saja. Bukayo Saka (53'), Gabriel Martinelli (58'), dan Eddie Nketiah (69') mencatatkan nama mereka di papan skor sekaligus memberi kado Natal yang spesial bagi para pendukung timnya.

Baca Juga: 5 Debutan Termuda Arsenal sejak Ditangani Mikel Arteta

3. Arsenal 3-2 Manchester United

5 Kemenangan Comeback Arsenal di Premier League 2022/2023 Sejauh IniGabriel Magalhaes dan Bukayo Saka (twitter.com/arsenal)

Pada pekan ke-21, Arsenal memiliki peluang menjauhkan jarak dari Manchester City menjadi enam poin. Namun, mereka menghadapi tantangan besar karena harus melawan Manchester United yang pada pekan sebelumnya sukses mengalahkan City.

Tampil di Emirates, Arsenal tertinggal oleh gol Marcus Rashford pada menit 17. Mereka kemudian sempat berbalik unggul lewat gol Eddie Nketiah dan (24') dan Bukayo Saka (53'). Namun, Lisandro Martinez berhasil membuat skor kembali imbang (59').

Di sisa waktu yang ada, Meriam London makin mendominasi pertandingan secara total. Ketika tampak bakal gagal mengamankan poin penuh, mereka akhirnya berhasil memecah kebuntuan berkat gol kedua Nketiah yang dicetak pada menit 90.

4. Arsenal 4-2 Aston Villa

5 Kemenangan Comeback Arsenal di Premier League 2022/2023 Sejauh IniArsenal (twitter.com/arsenal)

Arsenal bertandang ke Villa Park, markas Aston Villa, pada pekan ke-23. Pada babak pertama, mereka tertinggal dengan skor 1-2. Bukayo Saka (16') sempat menyamakan kedudukan setelah timnya dibobol oleh Ollie Watkins (5'). Namun, Philipe Coutinho (31') membuat Villa kembali unggul.

Pada menit 61, Oleksandr Zinchenko mencetak gol debutnya untuk Arsenal sekaligus membuat skor kembali imbang. Begitu pun dengan Jorginho yang baru didatangkan pada bursa transfer Januari. Ia membuat Arsenal berbalik memimpin pada menit 90+3 lewat tendangan keras dari luar kotak penalti meski akhirnya gol tersebut dinyatakan sebagai bunuh diri kiper Aston Villa, Emiliano Martinez.

Pada menit 90+8, Arsenal malah menambah satu gol lagi. Gabriel Martinelli membobol gawang Villa yang kosong karena Martinez yang masih berada di depan setelah ikut maju dalam situasi sepak pojok yang didapat timnya.

5. Arsenal 3-2 AFC Bournemouth

5 Kemenangan Comeback Arsenal di Premier League 2022/2023 Sejauh IniMartin Odegaard dan Reiss Nelson (twitter.com/arsenal)

Comeback teranyar yang berhasil dilakukan Arsenal terjadi pada pekan ke-26, Sabtu (4/3/2023) kemarin. Mereka berhasil mengalahkan AFC Bournemouth dengan skor 4-2 setelah sempat tertinggal dua gol terlebih dahulu.

Bournemouth membuka keunggulan lewat Philip Billing ketika laga baru berjalan sembilan detik. Sebagai catatan, ini sekaligus menjadi gol tercepat kedua di Premier League setelah gol pemain Southampton, Shane Long, ke gawang Watford pada 2019 yang dibuat dalam jangka waktu 7,69 detik.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Arsenal justru kembali kebobolan lewat gol Marcos Senesi pada menit 57 dari situasi sepak pojok. Lebih menyakitkan, itu merupakan sepak pojok pertama yang didapatkan Bournemouth di pertandingan ini.

Setelah berjuang keras, Arsenal akhirnya bisa meraih kemenangan berkat gol yang dicetak Thomas Partey (62'), Ben White (70'), dan Reiss Nelson (90+7'). Seolah ingin membalas gol Senesi, gol Nelson sendiri dicetak dari sepak pojok terakhir yang didapat Arsenal, atau sepak pojok ke-17.

Lima laga di atas seolah menjadi bukti mental juara Arsenal yang sepanjang musim ini menguasai puncak klasemen. Saat ini, mereka mendudukinya dengan 63 poin, unggul lima angka dari Manchester City sebagai pesaing terdekat. Dengan 12 pertandingan tersisa, mampukah Arsenal merealisasikan mimpi tersebut?

Baca Juga: Rutin Comeback, Arsenal Sudah Miliki Mental Juara

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya