Comscore Tracker

6 Pemain Arsenal yang Sepakat Putus Kontrak pada Era Mikel Arteta

Sead Kolasinac jadi nama terbaru

Arsenal melakukan perubahan dalam skuad mereka sejak kedatangan Mikel Arteta sebagai manajer. Ada yang datang, ada pula yang pergi. Beberapa pergi dengan putus kontrak.

Setidaknya ada enam pemain sepakat untuk putus kontrak dengan Arsenal. Sebab, mereka tidak lagi dibutuhkan di lapangan.

1. Sead Kolasinac

6 Pemain Arsenal yang Sepakat Putus Kontrak pada Era Mikel ArtetaSead Kolasinac (twitter.com/seadk6)

Bek kiri berkewarganegaraan Bosnia dan Herzegovina ini menjadi nama terbaru dalam daftar ini. Sead Kolasinac dan Arsenal sepakat mengakhiri kerja sama pada Rabu (19/1/2022). Padahal pemain yang juga bisa beroperasi di bek tengah ini masih terikat kontrak hingga akhir musim nanti.

Setelah itu, pemain kelahiran Jerman ini langsung bergabung dengan Olympique Marseille. Sang pemain sendiri didatangkan secara gratis ke Arsenal dari FC Schalke pada Juli 2017 lalu. Ia telah mencatatkan 118 penampilan dengan 5 gol dan 15 assist untuk The Gunners.

2. Willian

6 Pemain Arsenal yang Sepakat Putus Kontrak pada Era Mikel ArtetaWillian (twitter.com/Arsenal)

Willian datang ke Arsenal secara gratis dari Chelsea pada awal 2020/2021. Ia dikontrak selama 3 tahun. Dalam sebuah wawancara, ia menjelaskan tujuannya datang ke sana untuk membawa Arsenal masuk ke Liga Champions.

Nyatanya, Willian hanya menghabiskan satu musim di Emirates. Ia gagal membawa Arsenal tampil di kompetisi Eropa untuk pertama kalinya sejak 1995. Pada awal 2021/2022 ini, ia pun sepakat untuk mengakhiri kontrak.

Pemain asal Brasil ini kemudian bergabung dengan Corinthians. Bersama Arsenal, ia hanya mencatatkan 37 penampilan dengan torehan 1 gol dan 7 assist. Dalam sebuah wawancara lain, Willian mengungkapkan bahwa ia tidak bahagia di Arsenal dan ingin pergi setelah baru bergabung 3 bulan.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal yang Terbuang pada Era Mikel Arteta dan Nasibnya Kini

3. Sokratis Papastathopoulos

6 Pemain Arsenal yang Sepakat Putus Kontrak pada Era Mikel ArtetaSokratis Papastathopoulos (twitter.com/SokratisPapa5)

Mikel Arteta mulai melatih Arsenal pada pertengahan 2019/2020. Ia baru menjalani kompetisi penuh pada 2020/2021. Pada musim itulah pelatih muda asal Spanyol tersebut merencanakan timnya dari awal lagi.

Arteta tidak memasukkan Sokratis Papastathopoulos dalam skuad Premier League dan Liga Europa. Itu membuat bek tengah tersebut tidak berkesempatan untuk mencatatkan satu penampilan pun.

Akhirnya, kedua belah pihak sepakat mengakhiri kerja sama mereka pada bursa transfer musim dingin. Saat itu, Sokratis menyisakan kontrak 6 bulan. Beberapa hari kemudian, ia resmi bergabung dengan Olympiacos.

Sokratis sendiri bergabung dengan Arsenal pada awal 2018/2019 dengan biaya yang cukup besar, yakni 14,4 juta pound sterling. Selama berseragam The Gunners, pemain asal Yunani ini mencatatkan 69 penampilan dengan koleksi 6 gol dan 2 assist.

4. Mesut Ozil

6 Pemain Arsenal yang Sepakat Putus Kontrak pada Era Mikel ArtetaMesut Ozil (twitter.com/Arsenal)

Mesut Ozil menjadi satu nama lain yang tidak didaftarkan Arsenal dalam skuad Premier League dan Liga Europa 2020/2021. Berbeda dengan Sokratis, alasan Ozil saat itu bukan karena performanya di lapangan melainkan di luar lapangan. Salah satunya ketika dia menolak dipotong gaji ketika klub tengah dalam krisis finansial akibat COVID-19.

Demi mewujudkan suasana harmonis dalam tim, Arteta memutuskan untuk 'membuangnya'. Pada Januari 2021, mereka sepakat mengakhiri kerja sama 6 bulan lebih awal dari perjanjian. Sang pemain kemudian bergabung dengan Fenerbahce.

Meski berpisah, kabarnya Arsenal masih harus menanggung 90 persen gaji Ozil yang mencapai 350 ribu pound sterling per minggu selama 6 bulan. Artinya, The Gunners rela membayar pemain yang membela klub lain.

Ozil sendiri didatangkan Arsenal dari Real Madrid dengan mahar 42,3 juta pound sterling, yang menjadi rekor pembelian termahal klub saat itu. Ia mencatatkan 254 penampilan, 44 gol, dan 77 assist. Pergi pada Januari 2021, pertandingan terakhirnya terjadi pada 7 Maret 2020.

5. Skhodran Mustafi

6 Pemain Arsenal yang Sepakat Putus Kontrak pada Era Mikel ArtetaSkhodran Mustafi (twitter.com/Arsenal)

Skhodran Mustafi juga meninggalkan Arsenal pada bursa transfer Januari 2021. Tepat pada hari terakhir bursa transfer saat itu, bek asal Jerman tersebut bergabung dengan Schalke. Kontraknya yang tersisa 6 bulan bersama Arsenal sepakat diakhir lebih awal.

Berbeda dengan dua nama sebelumnya, Mustafi sempat tampil dalam 9 pertandingan sebelum berpisah dengan Arsenal. Sejak ditebus dari Valencia pada Agustus 2016 dengan biaya 36,9 juta pound sterling, pemain yang kini membela Levante ini mencatatkan 151 penampilan dengan 9 gol dan 5 assist untuk The Gunners.

6. Henrikh Mkhitaryan

6 Pemain Arsenal yang Sepakat Putus Kontrak pada Era Mikel ArtetaHenrikh Mkhitaryan (twitter.com/HenrikhMkh)

Henrikh Mkhitaryan menjadi satu nama terakhir yang sepakat mengakhiri kontrak lebih awal dengan Arsenal. Itu terjadi pada awal 2020/2021. Padahal mantan pemain Borussia Dortmund ini masih menyisakan kontrak selama 1 tahun. Gelandang asal Armenia tersebut kemudian bergabung dengan AS Roma.

Pada musim sebelumnya, Mkhitaryan memang sempat membela tim ibu kota Italia dengan status pinjaman. Ia sendiri didatangkan Arsenal dari Manchester United sebagai bagian dari pertukaran pemain yang melibatkan Alexis Sanchez pada Januari 2018. Selama membela Arsenal, Mkhitaryan mencatatkan 59 penampilan dengan 9 gol dan 13 assist.

Sepeninggal Arsene Wenger pada 2018, Arsenal memang masih terus melalui masa transisi. Mikel Arteta sebagai komando utama kini berusaha keras untuk kembali membuat tim menjadi stabil. Kasus enam pemain di atas merupakan keputusan berat yang harus diambil.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal yang Berkembang Pesat di Era Mikel Arteta

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Alumni jurusan Sejarah Universitas Padjadjaran. Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya