3 Pemain yang Kontraknya Diputus Chelsea pada Musim Panas 2023

Sang kapten ikut jadi korban perampingan skuad

Selain merekrut, Chelsea juga sibuk melepas pemain pada bursa transfer musim panas 2023. Sejauh ini, mereka tercatat telah 'membuang' 14 pemain dari skuad. Jumlah ini masih berpotensi bertambah.

Langkah ini perlu dilakukan manajemen karena skuad mereka yang memang terlalu gemuk. Musim lalu menjadi contoh di mana begitu banyak pemain yang tidak mendapat kesempatan tampil. Dampaknya pun membuat situasi di dalam ruang ganti menjadi tidak kondusif. Komitmen untuk memperbaiki kesalahan mulai bisa dilihat dari 14 pemain yang dilepas oleh Chelsea pada bursa transfer musim panas 2023 ini. Dari jumlah sebanyak itu, tiga nama pemain menelan pil pahit putus kontrak di tengah jalan. Siapa saja mereka?

1. Cesar Azpilicueta

3 Pemain yang Kontraknya Diputus Chelsea pada Musim Panas 2023Cesar Azpilicueta (Twitter.com/ChelseaFC)

Cesar Azpilicueta sudah hampir bergabung bersama Barcelona secara gratis pada awal 2022/2023. Namun, Chelsea sukses membujuknya untuk bertahan dengan memberinya kontrak baru selama dua tahun. Azpilicueta menerimanya dan kebersamaan keduanya pun berlanjut.

Ironisnya, pada bursa transfer musim panas kali ini, Chelsea justru membiarkan kesepakatan tersebut selesai lebih awal. Atletico Madrid menjadi tim yang mendapatkan keuntungan dari situasi tersebut karena sukses merekrutnya tanpa perlu mengeluarkan biaya transfer. Azpilicueta mendapat kontrak selama setahun dari Atletico Madrid.

Mengingat situasi pada musim panas tahun lalu, pemutusan kontrak ini memang tidak terlalu menyakitkan bagi Azpilicueta. Pasalnya, dirinya memang sudah merasa tidak betah. Chelsea pun bersedia memenuhi keinginannya untuk pergi sebagai salah satu bentuk penghormatan.

Ya, Azpilicueta memang bisa dibilang sebagai legenda Chelsea. Datang dari Olympique Marseille pada 2012, ia bermain sebanyak 508 kali sebelum pergi. Jumlah tersebut membuatnya kini resmi menjadi pemain asing dengan catatan penampilan terbanyak bersama Chelsea.

Dalam urusan kontribusi gol, Azpilicueta menyumbang 17 gol dan menciptakan 56 assist. Sementara dari sisi trofi, ada total sembilan piala yang berhasil dia dapatkan. Selain itu, Azpilicueta juga merupakan kapten utama Chelsea sejak 2019/2020.

Baca Juga: 5 Pemain yang Berpeluang Menjadi Kapten Baru Chelsea

2. Pierre-Emerick Aubameyang

3 Pemain yang Kontraknya Diputus Chelsea pada Musim Panas 2023Pierre-Emerick Aubameyang (Twitter.com/ChelseaFC)

Pierre-Emerick Aubameyang datang ke Chelsea dari Barcelona pada awal 2022/2023. Penyerang asal Gabon itu dikontrak selama 2 tahun oleh Chelsea. Namun, pada musim panas 2023, Aubameyang resmi pindah ke Olympique Marseille setelah terlebih dahulu sepakat memutus kontraknya bersama Chelsea.

Masa tinggal pemain yang kini berusia 34 tahun tersebut di London Barat memang berjalan menyedihkan. Ia datang dengan harapan bisa kembali menemukan performa terbaik. Salah satu alasannya adalah karena saat itu Chelsea yang masih dilatih oleh Thomas Tuchel, sosok yang pernah bekerja sama dengan Aubameyang di Borussia Dortmund.

Namun, Tuchel ternyata dipecat oleh Chelsea 2 bulan setelah kedatangan Aubameyang. Hasilnya, masa-masa suramnya pun dimulai. Total, ia hanya tampil 21 kali saja dengan sumbangan 3 gol serta 1 assist. Di fase gugur Liga Champions, mantan pemain Arsenal itu bahkan tidak disertakan di dalam skuad.

3. Abdul Rahman Baba

3 Pemain yang Kontraknya Diputus Chelsea pada Musim Panas 2023Abdul Rahman Baba (chelseafc.com)

Abdul Rahman Baba menjadi satu nama terakhir yang masuk ke dalam daftar ini. Masih menyisakan satu tahun kontrak, Chelsea membiarkannya pergi secara gratis untuk bergabung bersama klub Yunani, PAOK Salonika. Ia sendiri bergabung dengan Chelsea pada 2015 dari Augsburg.

Di Chelsea, sang bek kiri hanya mendapat kesempatan bermain di musim perdananya saja. Saat itu, Baba tampil sebanyak 23 kali dan menyumbang 2 assist. Sisanya, pemain yang kini berusia 29 tahun tersebut menghabiskan waktunya sebagai pemain pinjaman di Schalke, Stade Reims, Mallorca, PAOK Salonika, dan Reading.

Pelatih baru Chelsea, Mauricio Pochettino, menegaskan bahwa dirinya hanya membutuhkan maksimal 24 pemain senior ditambah beberapa pemain muda untuk mengarungi musim kompetisi 2023/2024. Sementara saat ini, Chelsea tercatat masih memiliki 31 pemain. Dengan begitu, eksodus di Stamford Bridge kemungkinan besar masih akan terus berlanjut. Oleh karena itu, akan ada korban berikutnya dari sistem pemutusan kontrak yang tengah digalakkan oleh Chelsea.

Baca Juga: Alotnya Saga Transfer Moises Caicedo ke Chelsea, Harga Selangit!

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya