5 Pemain yang Berpeluang Menjadi Kapten Baru Chelsea

Cesar Azpilicueta memilih hengkang dari Stamford Bridge

Kebersamaan Cesar Azpilicueta dengan Chelsea akhirnya usai pada musim panas 2023. Pemain asal Spanyol itu memutuskan hengkang ke Atletico Madrid dengan status bebas transfer. Kehilangan pemain berpengalaman seperti Azpilicueta tentu menjadi kerugian yang besar bagi The Blues.

Azpilicueta adalah kapten Chelsea dalam beberapa musim terakhir. Dengan perginya pemain berusia 33 tahun itu, pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino, harus mencari kapten baru. Setidaknya ada lima nama yang berpeluang menjadi kapten The Blues selanjutnya.

1. Thiago Silva

5 Pemain yang Berpeluang Menjadi Kapten Baru ChelseaThiago Silva (twitter.com/tsilva3)

Thiago Silva adalah pemain paling senior di skuad Chelsea saat ini. Pria berusia 38 tahun itu memiliki pengalaman mengenakan ban kapten hampir di tiap tim yang dibelanya, seperti AC Milan, Paris Saint-Germain, hingga Timnas Brasil. Hal tersebut membuat Silva menjadi kandidat terkuat untuk menjadi kapten The Blues berikutnya.

Sejak bergabung dengan Chelsea pada 2020, Silva telah mencatatkan 117 penampilan di berbagai ajang. Ia turut menyumbang 5 gol serta 4 assist. Ada tiga gelar bergengsi yang berhasil dipersembahkan sang pemain, yakni trofi Liga ChampionsEropa , Piala Dunia Antarklub, dan Piala Super Eropa.

2. Reece James

5 Pemain yang Berpeluang Menjadi Kapten Baru ChelseaReece James (twitter.com/ChampionsLeague)

Reece James merupakan jebolan akademi Chelsea. Ia sudah menjadi bagian dari tim muda The Blues sejak usia 6 tahun. Pemain berumur 23 tahun itu kini telah menjelma menjadi sosok yang tidak tergantikan di jantung pertahanan. Sejauh ini, ia sudah memainkan 147 laga dan mencetak 11 gol serta 20 assist.

Walau secara umur masih sangat muda, James dianggap layak untuk mengenakan ban kapten. Pasalnya, ia telah menunjukkan penampilan yang matang. Kepemimpinan James sebenarnya sudah terlihat saat masih membela Chelsea U-18. Ia ketika itu dipercayai menjadi kapten dan berhasil membawa tim menjuarai FA Youth Cup pada 2017/2018.

Baca Juga: Menanti Kebangkitan Chelsea di Bawah Kendali Maurico Pochettino

3. Raheem Sterling

5 Pemain yang Berpeluang Menjadi Kapten Baru ChelseaRaheem Sterling (twitter.com/sterling7)

Raheem Sterling tergolong masih baru di Chelsea. Pemain berpaspor Inggris tersebut bergabung dengan The Blues pada musim panas 2022. Meski begitu, ia telah memiliki banyak pengalaman di dunia sepak bola. Sterling berhasil meraih banyak gelar juara selama berseragam Manchester City.

Berbekal pengalamannya tersebut, Sterling tentu menjadi salah satu kandidat terkuat untuk mendapatkan amanah sebagai kapten Chelsea selanjutnya. Terlebih lagi, ia juga pernah mengenakan ban kapten dalam beberapa kesempatan saat masih membela Manchester City. Sterling sendiri tampil tidak terlalu mengesankan pada 2022/2023. Ia hanya mengoleksi 6 gol dan 3 assist dari 28 laga di Premier League bersama Chelsea.

4. Kepa Arrizabalaga

5 Pemain yang Berpeluang Menjadi Kapten Baru ChelseaKepa Arrizabalaga (twitter.com/kepa_46)

Kepa Arrizabalaga bergabung dengan Chelsea pada musim panas 2018. The Blues saat itu mendatangkan sang kiper dengan nominal yang sangat besar, yakni 80 juta euro atau Rp1,3 triliun. Angka tersebut sampai saat ini masih menjadikan Kepa sebagai penjaga gawang termahal dalam sejarah sepak bola.

Dengan hengkangnya Edouard Mendy ke Al-Ahli, Kepa hampir pasti bakal bermain secara reguler pada 2023/2024. Kiper berusia 28 tahun ini sempat beberapa kali dipercayai menggunakan ban kapten musim lalu. Kepa pun berpeluang cukup besar untuk menjadi kapten The Blues selanjutnya.

5. Ben Chilwell

5 Pemain yang Berpeluang Menjadi Kapten Baru ChelseaBen Chilwell (twitter.com/ChelseaFC)

Chelsea tampil sangat buruk sepanjang 2022/2023. Mereka hanya mampu finis di urutan ke-12 English Premier League (EPL). The Blues dipastikan tidak akan bermain di kompetisi Eropa pada musim depan.

Meski tim tampil jeblok, Ben Chilwell tetap menunjukkan komitmen dengan memperpanjang kontraknya hingga 2027. Pemain berusia 26 tahun itu teken kontrak baru pada April 2023 lalu. Melihat komitmennya itu, bukan tidak mungkin Chilwell bakal dipilih sebagai kapten masa depan The Blues.

Pemilihan kapten Chelsea yang baru sepenuhnya berada di tangan Mauricio Pochettino. Pelatih asal Argentina itu pasti akan mempertimbangkan banyak hal sebelum menunjuk seorang pemain. Menurutmu, siapa yang bakal mengemban peran penting itu?

Baca Juga: Mengenal Ian Maatsen, Pemain Muda Serbabisa Andalan Baru Chelsea

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya