8 Pemain yang Pernah Satu Tim dengan Messi dan Ronaldo di Level Klub

Dulu rival, kini Messi dan Ramos jadi rekan satu klub

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo bisa disebut sebagai dua pesepak bola terbaik yang pernah ada sepanjang sejarah. Kemampuan mereka di atas lapangan dan juga raihan gelar, baik itu secara tim maupun individu, bisa menjadi bukti kuat atas klaim tersebut. Kita sebagai penikmat sepak bola tentu bersyukur pernah menyaksikan kehebatan keduanya.

Namun, jika sebagai penonton saja sudah begitu takjub, lalu bagaimana rasanya bisa menjadi rekan kerja keduanya? Dalam hal ini yaitu rekan satu tim yang berjuang dan berlatih bersama demi meraih trofi? Tentu saja pengalaman yang sangat berharga.

Nah, ada beberapa pemain yang beruntung mendapatkan kesempatan seperti ini. Ada delapan pemain yang pernah satu tim bersama mereka di level klub. Siapa saja nama-nama tersebut? Berikut daftarnya. 

1. Sergio Ramos

8 Pemain yang Pernah Satu Tim dengan Messi dan Ronaldo di Level Klubinsidesport.co

Kepindahan Messi ke Paris Saint-Germain merupakan hal yang mungkin tidak terbayangkan sebelumnya. Bukan hanya karena aneh rasanya melihat Messi berseragam selain Barcelona, namun juga karena hal tersebut membuat Messi akan bermain bersama musuh bebuyutannya di La Liga dulu, yaitu Sergio Ramos. Ya, beberapa pekan sebelum kedatangan Messi di Paris, Ramos telah bergabung lebih dulu dengan klub kaya raya tersebut dari Real Madrid, juga secara gratis.

Ramos pun menyambut dengan senang kesempatan ini. Seperti dilansir AS, Ia bahkan menawarkan Messi untuk tinggal di rumahnya sampai pemain kidal tersebut menemukan kediamannya sendiri di Paris. Penikmat sepak bola tentu tidak sabar menanti keduanya bahu-membahu bagi PSG demi meraih trofi, terutama Liga Champions, mulai musim ini.

Sementara bersama Ronaldo sendiri, Ramos menghabiskan waktu selama sembilan musim sejak 2009 hingga 2018 dengan pemain asal Portugal tersebut. Keduanya meraih banyak trofi untuk Real Madrid, di antaranya yang paling fenomena adalah empat gelar Liga Champions dalam kurun waktu lima tahun.

2. Keylor Navas

8 Pemain yang Pernah Satu Tim dengan Messi dan Ronaldo di Level Klubmarca.com

Kedatangan Messi ke PSG juga membuat Keylor Navas menjadi pemain lain yang mencatatkan diri ke dalam daftar ini. Sebelum pindah ke PSG pada 2019 lalu, Navas merupakan palang pintu Real Madrid sejak musim 2014/2015 yang masih diperkuat Ronaldo. Keperkasaannya di mistar gawang menjadi salah satu faktor kunci dari seluruh kesuksesan yang diraih Ronaldo saat masih di Madrid.

3. Angel Di Maria

8 Pemain yang Pernah Satu Tim dengan Messi dan Ronaldo di Level Klubbeinsports.com

Angel Di Maria menjadi satu nama terakhir dalam skuad PSG saat ini sebagai pemain yang pernah bermain bersama Messi dan Ronaldo. Meskipun sebetulnya bersama Messi, Di Maria sudah sering bermain bersama di tim nasional Argentina. Terakhir, keduanya berhasil meraih trofi Copa America pada Juli lalu.

Sementara bersama Ronaldo, seperti halnya Ramos dan Navas, Di Maria sempat mencicipi kesempatan main bareng tersebut juga di Real Madrid. Mereka berstatus satu tim selama empat musim, sejak 2010 hingga 2014. Keduanya di antaranya meraih satu Liga Champions dan satu gelar La Liga bersama. 

4. Miralem Pjanic

8 Pemain yang Pernah Satu Tim dengan Messi dan Ronaldo di Level Klubsempreinter.com

Pjanic baru bergabung dengan Barcelona sejak awal musim 2020/2021 lalu. Oleh karenanya, kepindahan Messi ke PSG membuatnya hanya sempat bermain selama satu musim dengan La Pulga. Namun dalam waktu yang singkat tersebut, Pjanic sukses meraih satu trofi bersama, yaitu Copa Del Rey.

Sementara bersama Ronaldo, pemain asal Bosnia ini pernah bermain bersama selama dua musim. Catatan tersebut dibuat ketika di Juventus sejak 2018 hingga 2020. Kerja sama keduanya bagi Si Nyonya Tua menghasilkan dua gelar Serie A, dua Coppa Italia, dan satu Piala Super Italia.

Baca Juga: Gara-gara Messi dan Ronaldo, Nomor Punggung 10 dan 7 Semakin Keramat

5. Arthur Melo

8 Pemain yang Pernah Satu Tim dengan Messi dan Ronaldo di Level Klubrepublicworld.com

Arthur didatangkan oleh Juventus pada awal musim lalu dari Barcelona sebagai bagian dari kesepakatan yang melibatkan Pjanic. Oleh karenanya, sejauh ini ia telah bermain bersama Ronaldo selama satu musim. Dalam waktu yang baru sebentar itu, keduanya telah bekerja sama menghasilkan satu gelar Coppa Italia dan satu Piala Super Italia bagi Juventus.

Sementara bersama Messi, Arthur sempat bermain selama dua musim. Ia didatangkan Barcelona dari klub Brasil, Gremio, pada 2018 lalu. Kreasi keduanya menghasilkan satu gelar La Liga, dan satu Copa Del Rey bagi Barcelona.  

6. Gerard Pique

8 Pemain yang Pernah Satu Tim dengan Messi dan Ronaldo di Level Klubexpress.co.uk

Pique bermain bersama Messi di Barcelona sejak 2008 hingga 2021 ini. Selama itu, keduanya merupakan dua pilar penting di balik kesuksesan klub Catalan dalam meraih berbagai gelar. Dari mulai tiga Liga Champions, delapan La Liga, tujuh Copa Del Rey, hingga tiga Piala Dunia Antar Klub.

Sementara bersama Ronaldo, Pique sempat satu tim di Manchester United sejak 2004 hingga 2007. Meskipun di musim 2006/2007, Ia pergi sebagai pemain pinjaman ke Real Zaragoza. Keduanya sukses meraih beberapa trofi bersama, seperti satu gelar Liga Inggris, satu Liga Champions, dan satu Piala Liga.

7. Martin Caceres

8 Pemain yang Pernah Satu Tim dengan Messi dan Ronaldo di Level Klubjuventus.com

Martin Caceres sempat tiga kali bergabung dengan Juventus, yaitu pada 2009, 2016, dan 2019 silam. Di petualangan terakhirnya tersebutlah, ia berkesempatan untuk satu tim dengan Cristiano Ronaldo. Bermain bersama selama satu musim, keduanya sukses meraih satu gelar Serie A.

Bersama Messi, pemain asal Uruguay ini juga sempat bermain selama satu musim, yaitu pada 2008/2009 di Barcelona. Gelar yang mereka raih bersama yaitu satu La Liga, satu Liga Champions, dan satu Copa Del Rey.

8. Henrik Larsson

8 Pemain yang Pernah Satu Tim dengan Messi dan Ronaldo di Level Klub90min.com

Larsson bergabung dengan Barcelona bersamaan dengan musim debut Messi, yaitu pada 2004/2005. Keduanya pun sempat bermain bersama selama dua musim sebelum Larsson pindah ke Helsingborgs pada Juli 2006. Kerjas ama mereka menghasilkan dua gelar La Liga, satu Liga Champions, dan satu Copa Del Rey.

Sementara bersama Ronaldo, pemain asal Swedia ini pernah bermain bersama selama setengah musim di Manchester United. Tepatnya pada paruh kedua musim 2007/2008, ketika ia datang sebagai pemain pinjaman dari Helsingborgs. Keduanya sukses meraih satu trofi Liga Inggris secara bersama.

 

Itu tadi delapan pemain yang pernah satu tim dengan Messi dan Ronaldo di level klub. Sebuah kehormatan tentu saja bisa menjadi rekan tim dua pemain terbaik dunia tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik Sepanjang Sejarah LaLiga, Ada Ronaldo dan Messi!

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya