6 Pemain yang Pernah Satu Tim dengan Cristiano Ronaldo di Dua Klub

Raphael Varane jadi nama terbaru

Cristiano Ronaldo merupakan salah satu pemain terbaik sepanjang masa. Klaim tersebut makin sahih lewat komentar bernada pujian dari banyak pemain sepak bola.

Lantas, seperti apa rasanya menyaksikan Ronaldo dari jarak dekat? Enam pemain ini termasuk beruntung karena pernah menjadi rekan setim bintang Portugal tersebut. Tidak hanya di satu klub, tetapi dua klub.

1. Raphael Varane (Real Madrid dan Manchester United)

6 Pemain yang Pernah Satu Tim dengan Cristiano Ronaldo di Dua KlubRaphael Varane dan Cristiano Ronaldo (instagram.com/raphaelvarane)

Raphael Varane boleh jadi tidak menyangka ia akan kembali dipersatukan dengan Cristiano Ronaldo dalam satu tim. Bek tengah asal Prancis tersebut bergabung dengan Manchester United pada 14 Agustus 2021. Pada akhir bulan yang sama, Setan Merah meresmikan pembelian Cristiano Ronaldo dari Juventus.

Sementara, di Real Madrid, Varane baru bergabung pada awal 2011/2012. Cristiano Ronaldo sudah direkrut 2 musim lebih awal. Keduanya menjadi tulang punggung Los Blancos dalam meraih banyak gelar, termasuk empat Liga Champions Eropa.

2. Danilo (Real Madrid dan Juventus)

6 Pemain yang Pernah Satu Tim dengan Cristiano Ronaldo di Dua KlubDanilo dan Cristiano Ronaldo (instagram.com/daniluiz2)

Danilo salah satu pemain yang baru saja ditinggalkan Cristiano Ronaldo. Mereka sempat menghabiskan waktu bersama di Juventus selama 2 musim pada 2019—2021. Danilo baru direkrut Juventus dari Manchester City pada 2019.

Mundur ke belakang, Danilo juga bermain bersama dengan Cristiano Ronaldo selama 2 musim di Real Madrid pada 2015—2017. Bek kanan tersebut direkrut Los Blancos dari FC Porto pada 2015. Ia kemudian hengkang ke Manchester City 2 musim berselang.

3. Alvaro Morata (Real Madrid dan Juventus)

6 Pemain yang Pernah Satu Tim dengan Cristiano Ronaldo di Dua KlubAlvaro Morata dan Cristiano Ronaldo (instagram.com/alvaromorata)

Selain Danilo, Alvaro Morata menjadi satu pemain lain yang merupakan bagian dari skuad Juventus pada musim lalu, yang terakhir kali diisi oleh Cristiano Ronaldo. Saat itu, penyerang asal Spanyol tersebut tengah dipinjam dari Atletico Madrid. Ini bukan kali pertama Morata belajar langsung dari Ronaldo.

Morata merupakan lulusan akademi Real Madrid. Ia mencatatkan debutnya untuk tim utama pada 12 Desember 2010 yang merupakan musim kedua Ronaldo bermain untuk Real Madrid. 

Morata pergi dari Real Madrid untuk bergabung dengan Juventus pada 2014. Ia kembali ke Real Madrid 2 musim berselang dan Ronaldo masih ada di sana. Morata kembali meninggalkan Ronaldo semusim berselang karena bergabung dengan Chelsea. Pada 2021/2022 ini, giliran Ronaldo yang meninggalkannya di Juventus.

Baca Juga: 5 Klub yang Bisa Jadi Tujuan Cristiano Ronaldo jika Tinggalkan MU

4. Gonzalo Higuain (Real Madrid dan Juventus)

6 Pemain yang Pernah Satu Tim dengan Cristiano Ronaldo di Dua KlubGonzalo Higuain dan Cristiano Ronaldo (instagram.com/cristiano)

Ronaldo bergabung dengan Juventus pada 10 Juli 2018. Melihat posisinya yang terancam, Gonzalo Higuain memilih untuk hengkang ke AC Milan sebulan berselang, meski sebagai pemain pinjaman. Namun, pelatih Juventus saat itu, Massimiliano Allegri, ternyata membutuhkan kemampuan Higuain sehingga memanggilnya kembali pada paruh kedua.

Keduanya pun bermain bersama selama 1 tahun hingga akhirnya Higuain dipinjamkan ke Chelsea pada Januari 2019. Namun, Juventus, yang pada awal musim berikutnya menunjuk Maurizio Sarri sebagai pelatih baru, memutuskan untuk mempertahankan Higuain yang membuatnya kembali bermain bersama Ronaldo. Sarri dan Higuain kebetulan pernah bekerja sama di Napoli.

Higuain akhirnya berpisah selamanya dengan Ronaldo ketika pergi dari Juventus untuk bergabung dengan Inter Miami pada September 2020. Sementara, klub pertama di mana mereka bermain bersama adalah Real Madrid pada 2009—2013. Higuain datang ke Madrid dari River Plate pada Januari 2007, sekitar 2 tahun lebih awal dari Ronaldo.

5. Sami Khedira (Real Madrid dan Juventus)

6 Pemain yang Pernah Satu Tim dengan Cristiano Ronaldo di Dua KlubSami Khedira dan Cristiano Ronaldo (instagram.com/cristiano))

Sami Khedira datang ke Real Madrid pada Juli 2010, semusim setelah Ronaldo. Ia kemudian pindah ke Juventus pada Juli 2015. Tiga musim berselang, giliran Ronaldo yang menyusul Khedira ke Juventus.

"Saya bertemu dengan dua Cristiano. Pertama di Real Madrid. Dia masih muda, sedikit tidak percaya diri dan egois. Bukan egois secara jelek, tetapi selayaknya para penyerang muda. Dia harus menemukan personalitasnya," kata Khedira seperti dikutip ESPN.

"Kemudian, yang kedua adalah setelah pindah ke Juventus. Dia lebih seperti seorang pemimpin. Tetap didorong oleh keegoisan untuk mencetak gol, tetapi juga mendorong rekan setim dan membuat mereka menjadi lebih baik. Di luar lapangan, dia lebih rileks dan dewasa. Namun, di lapangan, selalu fokus dan tajam."

6. Ruud Van Nistelrooy (Manchester United dan Real Madrid)

6 Pemain yang Pernah Satu Tim dengan Cristiano Ronaldo di Dua KlubCristiano Ronaldo dan Ruud Van Nistelrooy (manutd.com)

Nama terakhir adalah mantan penyerang asal Belanda, Ruud van Nistelrooy. Keduanya bermain bersama pertama kali di Manchester United pada 2003—2006. Kemudian, bertemu lagi di Real Madrid hanya untuk 6 bulan, yaitu pada paruh pertama2009/2010. Van Nistelrooy pindah ke Hamburger SV pada Januari 2010 saat Ronaldo baru datang pada Juli 2009.

Keduanya dikabarkan sering terlibat cekcok, terlebih ketika masih berada di Manchester United. Van Nistelrooy mengakui hal tersebut, tetapi itu semua murni soal permainan. Van Nistelrooy menilai bahwa pada awal permainannya, Ronaldo terlalu terlalu banyak melakukan hal yang tidak efektif dan ia sering kali menasihatinya.

"Soal hubungan kami secara umum, kami selalu baik-baik saja karena Anda berjabat tangan dan melupakannya. Kemudian, di Madrid, kami kembali menjadi rekan setim. Hubungannya baik," ungkap Van Nistelrooy seperti dikutip situs resmi Manchester United.

Cristiano Ronaldo kini sudah berusia 37 tahun. Musim ini penampilannya terbilang kurang mengesankan sehingga kabar beredar kuat bahwa ia akan hengkang dari Manchester United pada akhir musim. Jika itu benar terjadi, siapa pemain yang akan menyusul enam nama dalam daftar ini? Menarik untuk ditunggu.

Baca Juga: 5 Klub Besar yang Sering Dibobol Cristiano Ronaldo, Ada Barcelona

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya