5 Pertandingan Monumental Jack Wilshere Bersama Arsenal

Mana yang paling kamu ingat?

Beberapa waktu lalu, sepak bola Inggris dikejutkan dengan kembalinya Jack Wilshere ke Arsenal. Namun, bukan sebagai pemain. Melainkan hanya sekedar untuk ikut berlatih demi menjaga kebugaran fisik dan menyiapkan lisensi kepelatihannya.

Ya, Wilshere kini memang merupakan seorang pemain nganggur alias tanpa klub. Pemain asli Inggris kelahiran 1 Januari 1992 ini telah membela akademi The Gunners sejak usia sembilan tahun pada 2001.

Ia mencatatkan debut di tim senior pada musim 2008/2009. Hingga musim terakhirnya pada 2017/2018 bersama The Gunners, Wilshere total mencatatkan 198 penampilan.

Di antara jumlah yang begitu banyaknya tersebut, setidaknya ada lima pertandingan monumental bagi pemain berkaki kidal ini selama berkarier di Arsenal. Pertandingan mana saja? Berikut ulasannya.

1. Blackburn Rovers, 13 September 2008

5 Pertandingan Monumental Jack Wilshere Bersama ArsenalJack Wilshere (planetfootball.com)

Dalam pertandingan ini, Wilshere mencatatkan debutnya untuk tim senior Arsenal. Ia saat itu masih berusia 16 tahun 8 bulan 12 hari. Catatan tersebut membuatnya menjadi debutan termuda kedua sepanjang sejarah Arsenal hingga saat ini.

Wilshere memang kalah dari Cesc Fabregas yang lebih muda sekitar tiga bulan ketika membuat debut untuk Arsenal pada 2003. Namun, Fabregas mencatatkannya di Piala Liga. Sementara Wilshere di Liga Inggris.

Di momen ini, Wilshere bermain sekitar enam menit. Ia masuk pada menit 84 menggantikan Robin van Persie. Arsenal sendiri menang dengan skor 4-0 dalam pertandingan ini.

2. Sheffield United, 23 September 2008

5 Pertandingan Monumental Jack Wilshere Bersama Arsenalpotret Jack Wilshere dalam pertandingan melawan Sheffield United pada 2008 (worldfootballindex.com)

Sepuluh hari berselang, Wilshere mengukir momen indah lainnya bersama Arsenal. Melawan Sheffield United dalam kompetisi Piala Liga babak ketiga, Ia mencetak gol debutnya untuk The Gunners. Di akhir, Arsenal menang dengan skor 6-0.

Wilshere mencetak gol kelima di menit 57. Menerima umpan dari Fran Merida, Wilshere meluncurkan tendangan keras dengan kaki kirinya dari luar kotak penalti yang gagal dibendung kiper lawan.

Seperti halnya penampilan debutnya, gol debut ini juga membuatnya menjadi pencetak gol termuda kedua Arsenal sepanjang sejarah hingga saat ini. Lagi-lagi, Ia berada di bawah Cesc Fabregas dalam urusan rekor tersebut.

Baca Juga: Kisah Tragis Jack Wilshere, Bintang Inggris yang Terlalu Cepat Meredup

3. Barcelona, 16 Februari 2011

5 Pertandingan Monumental Jack Wilshere Bersama Arsenalpotret Jack Wilshere ketika melawan Barcelona pada 2011 (talksports.com)

Pertandingan ini sering kali disebut sebagai momen terbaik Wilshere. Bukan hanya bersama Arsenal, namun sepanjang kariernya. Ia yang saat itu masih berusia 19 tahun, tampil begitu dominan di antara bintang-bintang Barca semacam Xavi, Messi, dan Iniesta.

Wilshere tampil 90 menit penuh dan membantu Arsenal memenangkan pertandingan dengan skor 2-1. Atas penampilannya tersebut, Ia pun diganjar sebagai man of the match. Sayang, di leg kedua Arsenal kalah dengan skor 3-1 dan gagal melaju ke babak selanjutnya di Liga Champions.

4. Norwich City, 19 Oktober 2013

5 Pertandingan Monumental Jack Wilshere Bersama Arsenalselebrasi Jack Wilshere ketika mencetak gol indah ke gawang Norwich City pada 2013 (premierleague.com)

Dalam pertandingan ini, Wilshere mencetak gol yang dianggap sebagai salah satu yang terindah sepanjang Liga Inggris. Di menit 18, Ia membuka keunggulan Arsenal lewat gol hasil kombinasi satu sentuhan dengan dua pemain lainnya, yaitu Santi Cazorla dan Olivier Giroud.

Hasilnya, gol ini pun terpilih sebagai gol terbaik Liga Inggris untuk musim 2013/2014. Dalam pertandingan ini, Arsenal menang dengan skor 4-1. Selain satu gol, Wilshere juga mencetak satu assist.

5. Hull City, 17 Mei 2014

5 Pertandingan Monumental Jack Wilshere Bersama Arsenalpotret Jack Wilshere mengangkat Piala FA pada 2014 (bt.com)

Pertandingan ini merupakan momen ketika Wilshere berhasil mengangkat trofi pertamanya bersama Arsenal. Sebagai pemain yang juga sekaligus pendukung klub, momen ini jelas sangat berarti bagi Wilshere. 

Bertanding melawan Hull City di final Piala FA, Arsenal meraih kemenangan dengan skor 3-2 meski tertinggal lebih dahulu 2-0. Wilshere masuk sebagai pemain pengganti pada menit 106. Tiga menit berselang, Arsenal sukses mencetak gol kemenangan dan Wilshere ikut terlibat dalam prosesnya.

 

Itu tadi lima pertandingan monumental Jack Wilshere bersama Arsenal. Mana yang jadi favoritmu?

Baca Juga: Kini Pengangguran, 4 Klub yang Pernah Dibela Jack Wilshere 

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya