5 Striker dengan Assist Terbanyak di Liga Top Eropa Musim 2021/2022

Mehdi Taremi teratas!

Tugas utama striker adalah mencetak gol. Namun, karena taktik sepak bola yang semakin fleksibel, tidak sedikit pelatih yang memanfaatkan mereka untuk hal lain. Contohnya adalah menjadi pemantul bola atau pembuka ruang bagi pemain lain.

Hasilnya, banyak judu gedor yang akhirnya juga menjadi pelayan alias pencipta peluang. Hal ini bisa kita lihat dari lima penyerang dengan jumlah assist terbanyak di liga top Eropa pada musim ini.

1. Mehdi Taremi (FC Porto - 12 assist)

5 Striker dengan Assist Terbanyak di Liga Top Eropa Musim 2021/2022Mehdi Taremi (twitter.com/FCPorto)

Tempat teratas diisi oleh penyerang FC Porto asal Iran, Mehdi Taremi. Pemain berusia 29 tahun tersebut telah mencatatkan 12 assist dari 24 pertandingan yang telah ia mainkan. Ia hanya kalah dari winger milik Benfica, Rafa Silva, yang mengoleksi 16 assist.

Tidak hanya itu, Taremi pun tetap tajam dengan lesakan 13 gol di Liga Portugal. Jumlah tersebut membuatnya berada di lima besar top skor liga tersebut musim ini. Ia juga pemain Porto dengan keterlibatan gol terbanyak.

2. Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain - 10 assist)

5 Striker dengan Assist Terbanyak di Liga Top Eropa Musim 2021/2022Kylian Mbappe (twitter.com/PSG_English)

Nama selanjutnya adalah bintang milik Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe. Pemain berusia 23 tahun tersebut mengoleksi 10 assist di Ligue 1 sejauh ini dan hanya kalah satu saja dari rekan setimnya, Lionel Messi. Itu dicatatkan Mbappe dalam 24 pertandingan dari 27 laga yang dijalani PSG.

Juara Piala Dunia 2018 ini juga telah mengoleksi 14 gol, hanya kalah satu gol saja dari pemain AS Monaco, Wissam Ben Yeder, sebagai top skor. Namun, dengan jumlah assist-nya, Mbappe pun menjadi pemain dengan keterlibatan gol terbanyak di Ligue 1 sejauh ini.

Baca Juga: Gara-Gara Real Madrid, Mbappe dan Pochettino Siap Tinggalkan PSG

3. Karim Benzema (Real Madrid - 10 assist)

5 Striker dengan Assist Terbanyak di Liga Top Eropa Musim 2021/2022Karim Benzema (twitter.com/realmadriden)

Seperti Mbappe, Karim Benzema juga telah mencatatkan 10 assist di LaLiga bersama Real Madrid musim ini. Namun, bedanya, jumlah tersebut merupakan yang terbanyak di kompetisi negeri matador.

Tidak hanya itu, Benzema juga memimpin daftar top skor dengan 20 gol. Catatan ini dibuat pemain asal Prancis dalam 24 pertandingan dari total 27 laga di LaLiga yang telah dijalani Real Madrid. 

4. Gabriel Jesus (Manchester City - 8 assist)

5 Striker dengan Assist Terbanyak di Liga Top Eropa Musim 2021/2022Gabriel Jesus (twitter.com/gabrieljesus9)

Pada musim ini, pelatih Manchester City, Pep Guardiola, lebih sering memainkan Gabriel Jesus di posisi sayap kanan dalam skema 4-3-3 andalannya. Hasilnya, Jesus menjadi top assist City, bukan hanya di Premier League, melainkan juga di seluruh kompetisi dengan 9 assist.

Padahal, jatah bermain penggawa asal Brasi tersebut pada musim ini cukup minim. Ia hanya baru bermain 20 kali di Premier League dengan total 1.339 menit. Sementara itu, untuk urusan gol, pemain berusia 24 tahun ini baru mencetak dua gol di Premier League.

5. Karim Onisiwo (FSV Mainz 05 - 8 assist)

5 Striker dengan Assist Terbanyak di Liga Top Eropa Musim 2021/2022Karim Onisiwo (instagram.com/karimonisiwo)

Di tempat terakhir ada nama penyerang milik FSV Mainz 05, Karim Onisiwo. Striker asal Austria berusia 29 tahun ini telah mencetak 8 assist di Bundesliga musim ini. Itu sekaligus membuatnya menjadi top assist timnya.

Sementara itu, untuk urusan gol, Onisiwo memang terbilang minim. Ia hanya baru mencetak tiga gol di Bundesliga. Di timnya, ia kalah dari Jonathan Burkardt dengan dengan 7 gol dan Jae-sung Lee yang mengoleksi 4 gol.

 

Sebetulnya, ada tiga penyerang lain yang juga mengoleksi assist cukup banyak. Mereka adalah Dante Vanzeir (10), Deniz Undav (10), dan Hugo Cuypers (8). Namun, mereka bermain di liga dengan nilai koefesien yang terbilang lebih rendah dari kelima nama di atas, yaitu Liga Belgia.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Assist Terbanyak di Liga Top Eropa saat Ini

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya