77 Jam Bersepeda Yogya-Cibinong Demi Saksikan PSS Sleman Juara

Usahanya tak sia-sia karena PSS juara!

Jakarta, IDN Times – Demi menyaksikan tim kesayangannya berlaga, seorang suporter biasa menempuh jarak ke stadion dengan berbagai cara, mulai dari mengendarai motor, mobil, kereta, pesawat, bahkan kapal laut. Namun, banyak juga yang menempuh perjalanan ke stadion dengan cara tak biasa.

Saat Piala Dunia 2018 lalu misalnya, pria asal Mesir dan Qatar datang ke Rusia dengan bersepeda ribuan kilometer demi menyaksikan negaranya berlaga dalam ajang pertarungan negara-negara terbaik di dunia.

Hal tersebut juga terjadi di Indonesia. Meski tak mencapai ribuan kilometer, seorang pria asal Yogyakarta juga nekat bersepeda dari kota asalnya itu ke Cibinong, Jawa Barat, untuk menyaksikan PSS Sleman berlaga di final Liga 2 menghadapi Semen Padang di Stadion Pakansari, Selasa (4/10).

Sesaat sebelum laga dimulai, pria bernama Septyadi Pityanta itu pun menyempatkan diri untuk menceritakan kisahnya kepada IDN Times secara eksklusif. Simak kisahnya berikut ini.

1. Keputusannya bersepeda adalah hal yang spontan

77 Jam Bersepeda Yogya-Cibinong Demi Saksikan PSS Sleman JuaraTwitter/@Lekday

Kepada IDN Times, Septyadi mengakui ia adalah orang yang senang bersepeda. Ide bersepeda ini muncul di benaknya bermula ketika PSS secara resmi memastikan satu tempat di Final Liga 2 berkat kemenangan 2-0 Kalteng Putra beberapa waktu lalu.

“Iseng saja sih, spontanitas saya saja. Bukan nazar, ingin naik sepeda ke Bogor ingin lihat PSS,” kata Septyadi.

Baca Juga: Sukses Juara Liga 2, Begini Reaksi Tim PSS Sleman 

2. Keluarga mengizinkan, pekerjaan ditinggal

77 Jam Bersepeda Yogya-Cibinong Demi Saksikan PSS Sleman JuaraTwitter/@Lekday

Sebelum berangkat ke Cibinong, Septyadi sudah lebih dulu meminta izin pada keluarganya. Ia mengatakan keluarganya tak masalah dengan aksinya tersebut karena sudah terbiasa bersepeda. Demi PSS, Septyadi pun meninggalkan sementara pekerjaanya sebagai wiraswasta. “Keluarga sih gak masalah, saya sudah biasa naik sepeda,” ujar warga Cebongan ini.

3. Yogya-Cibinong ditempuh tiga hari

77 Jam Bersepeda Yogya-Cibinong Demi Saksikan PSS Sleman JuaraTwitter/@Lekday

Selama melakukan perjalanan ke Cibinong, Septyadi selalu mengunggah kegiatannya melalui Twitter. Berdasarkan pantauan IDN Times, Septyadi yang berangkat Jumat, (30/11) dan tiba di Cibinong hari Senin, (3/12), bersepeda selama 77 jam dengan beberapa kali istirahat. “Saya sampai kemarin sore mas, langsung ke hotel,” ujarnya kepada IDN Times melalui telepon.

4. Langsung pulang dengan mobil

77 Jam Bersepeda Yogya-Cibinong Demi Saksikan PSS Sleman JuaraTwitter/@Lekday

Septyadi mengaku tak akan berlama-lama berada di Jawa Barat. Begitu pertandingan usai, ia dan teman-temannya langsung kembali ke Yogyakarta. Namun, kali ini ia tak akan bersepeda lagi. “Setelah pertandingan selesai saya langsung pulang, naik mobil bareng teman-teman saya,” ujarnya.

5. PSS jadi juara Liga 2 2018

77 Jam Bersepeda Yogya-Cibinong Demi Saksikan PSS Sleman Juaratwitter.com/PSSleman

Perjuangan Septyadi tak sia-sia sebab PSS berhasil juara Liga 2 2018 berkat menang 2-0 dari Semen Padang dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat itu. Dua gol tim asal Sleman itu dicetak oleh Cristian Gonzales pada menit ke-18 dan Rifal Lastori pada menit ke-26.

Selain PSS dan Semen Padang, Kalteng Putra juga berhak lolos ke Liga 1 berkat kemenangan 2-0 dari Persita Tangerang melalui gol yang dicetak Maulana pada menit ke-12 dan I Made Wirahadi pada menit ke-19.

Baca Juga: PSS Sleman vs Semen Padang: Final Ideal di Pakansari

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya