Comscore Tracker

Dramatis: Ditekuk Kroasia 1-2, Inggris Gagal Menembus Final!

#WorldCup2018 Cetak gol cepat, Inggris justru kalah

Jakarta, IDN Times - Kroasia akhirnya melenggang ke babak final setelah menekuk Inggris dengan skor 2-1 dalam laga semifinal Piala Dunia 2018 yang berlangsung sangat sengit di Stadion Luzhniki, Kamis (12/7) dinihari.

Dua gol Kroasia dicetak oleh Ivan Perisic pada menit ke-68 dan Mario Mandzukic pada menit ke-109. Sementara gol tunggal Inggris datang dari Kieran Trippier pada menit ke-6.

1. Inggris langsung tancap gas

Dramatis: Ditekuk Kroasia 1-2, Inggris Gagal Menembus Final!fifa.com

Menerapkan formasi 3-5-2, Inggris langsung tancap gas sejak menit awal. Permainan cepat yang agresif yang diperagakan tim besutan pelatih Gareth Southgate pada lima menit pertama membuat barisan belakang Kroasia kocar-kacir.

Hasilnya, Inggris berhasil membobol gawang Kroasia pada menit ke-6 melalui gol yang dicetak Kieran Trippier. Gol cepat yang mengejutkan sekaligus membuat kepercayaan diri para pemain Inggris menjadi semakin berlipat: mereka terus menggempur lini belakang Kroasia meski telah unggul 1-0. Sampai 45 menit pertama berakhir, tekanan Inggris tak juga berkurang.

2. Kroasia berusaha mengejar ketertinggalan mereka

Dramatis: Ditekuk Kroasia 1-2, Inggris Gagal Menembus Final!fifa.com

Tertinggal sejak menit-menit awal membuat Kroasia langsung tersengat. Mereka mencoba membalas gol Inggris dengan mencoba keluar dari tekanan lawan kemudian membangun seraangan. Kroasia sempat memiliki peluang emas pada menit ke-30, ketika pemain gelandang kanan mereka, Ante Rebic, melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Namun kiper Inggris Jordan Pickford berhasil menepisnya. Sampai paruh pertama pertandingan berakhir, Kroasia gagal menyamakan kedudukan.

3. Kroasia bangkit di babak kedua

Dramatis: Ditekuk Kroasia 1-2, Inggris Gagal Menembus Final!fifa.com

Memasuki babak kedua, para pemain Kroasia semakin menggencarkan serangan mereka. Meski sempat kesulitan menembus lini belakang Inggris pada menit-menit awal babak kedua, namun Kroasia akhirnya bisa mencetak gol pada menit ke-68 melalui sepakan Ivan Perisic, membuat skor kini menjadi imbang 1-1.

Kroasia terus menekan jantung pertahanan Inggris di sisa babak kedua. Pada saat yang sama, para pemain Inggris juga tak mengendurkan permainan mereka. Namun, hingga 90 menit berakhir, skor tetap imbang 1-1.

4. Babak tambahan yang menegangkan

Dramatis: Ditekuk Kroasia 1-2, Inggris Gagal Menembus Final!fifa.com

Hasil imbang 1-1 pada 90 menit waktu normal membuat kedua tim harus menjalani babak tambahan. Inggris langsung berinisiatif menyerang begitu wasit memulai babak tambahan. Mereka nyaris membobol gawang Kroasia lewat sundulan John Stone, namun bola yang mengarah ke gawang masih bisa dimentahkan oleh pemain bek Kroasia.

Para pemain Kroasia sendiri tak tinggal diam. Mereka tak mendominasi babak ini, namun mereka tetap memberikan ancaman ke lini belakang Inggris melalui serangan-serangan kilat. Kroasia akhirnya mampu membobol gawang Inggris untuk yang kedua kali melalui gol yang dicetak Mario Mandzukic pada menit ke-109, membuat skor kini menjadi 2-1. Skor ini bertahan hingga laga berakhir.

5. Formasi kedua tim

Dramatis: Ditekuk Kroasia 1-2, Inggris Gagal Menembus Final!fifa.com

Baca Juga: Babak Pertama: Inggris Unggul 1-0 atas Kroasia

Line IDN Times

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You