Soal Supporter Persija Tewas di Bandung, Anies: Jangan Terprovokasi!

Pemprov DKI akan bantu pengurusan pemulangan jenazah korban

Jakarta, IDN Times - Dunia sepak bola Indonesia kembali berduka. Sebab, peristiwa pengeroyokan supporter tim Persib Bandung dengan Persija kembali berulang. 

Adalah Haringga Sirila yang menjadi korban pengeroyokan oleh Bobotoh, sapaan pendukung Persib Bandung. Ia tewas ketika akan masuk ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jawa Barat pada Minggu (23/9). 

Menurut keterangan polisi, Haringga tewas akibat pukulan keras di bagian kepala. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pun telah mengetahui kabar duka itu. Melalui media sosialnya, Anies menyampaikan duka cita kepada keluarga Haringga yang tinggal di area Cengkareng, Jakarta Barat. Ia pun meminta agar publik di Jakarta tidak terprovokasi usai peristiwa biadab tersebut kembali berulang. 

"Kita dukung penyelidikan penuh dan penindakan tegas di jalur hukum. Untuk itu, kami minta seluruh Jakmania tetap tenang. Mari kita tunjukan bahwa kita adalah pendukung yang bermartabat," tulis Anies di akun media sosialnya pada Minggu malam kemarin. 

Lalu, apa saja langkah yang akan dilakukan oleh Pemprov DKI?

 

1. Pemprov DKI Jakarta akan bantu pemulangan jenazah

Soal Supporter Persija Tewas di Bandung, Anies: Jangan Terprovokasi!(Ilustrasi jenazah) IDN Times/Sukma Shakti

Anies mengaku telah melakukan komunikasi dengan manajemen Persija dan pengurus Jakmania. Ia menjelaskan manajemen Persija dan pengurus The Jakmania sudah berangkat sejak Minggu kemarin menuju ke Bandung. 

Bekas menteri pendidikan itu memastikan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta siap untuk membantu pengurusan jenazah korban. 

"Pemprov DKI akan siapkan semua dukungan yang diperlukan untuk memastikan semua pengurusan berjalan cepat dan tuntas," tulis Anies semalam.  

Baca Juga: Stadion GBLA Bergemuruh, Persib Kalahkan Persija di Liga 1

2. Anies minta The Jakmania tetap tenang dan tidak terprovokasi

Soal Supporter Persija Tewas di Bandung, Anies: Jangan Terprovokasi!Humas Pemprov DKI Jakarta

Dalam unggahannya, Anies menyadari keluarga dan kerabat korban sedang berduka. Walau begitu, ia meminta kepada semua pihak, khususnya The Jakmania untuk tenang dan mempercayakan kasus tersebut kepada pihak yang berwajib serta mendukung kepolisian menuntaskan penyelidikan.

"Kita memang berduka dan marah. Tapi, mari kita tunjukan bahwa kita beradab dan menjunjung tinggi hukum. Untuk itu, kami minta The Jakmania tetap tenang," kata Anies. 

3. Haringga merupakan penggila berat Persija

Soal Supporter Persija Tewas di Bandung, Anies: Jangan Terprovokasi!(Haringga Sirilia) www.instagram.com/@jiwabiruofficial

Berdasarkan pantauan IDN Times melalui terhadap akun media sosial korban dan teman-temannya, diketahui bahwa lelaki yang akrab dipanggil Kephen ini merupakan penggila berat Macan Kemayoran. Terlihat hampir seluruh foto yang diunggahnya ke Instagram berhubungan dengan Persija.

Baca Juga: Ridwan Kamil Geram Aksi Bobotoh yang Tewaskan Satu Pendukung Persija

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya