Spesialis Kalah di Final, Ini 6 Laga Juergen Klopp yang Berakhir Nestapa

Kegagalan ini juga menambah catatan buruk sang pelatih, Juergen Klopp

Jakarta, IDN Times – Kekalahan yang diderita Liverpool dari Real Madrid dengan skor 1-3 di Stadion NSC Oliympysky, Kiev, Ukraina tidak hanya memupuskan penantian panjang fans Liverpool di seluruh dunia. Kegagalan ini juga menambah catatan buruk sang pelatih, Juergen Klopp.

Eks pelatih Borussia Dortmund itu sudah enam kali kalah di final dalam lima tahun terakhir. Berikut adalah daftar kekalahan yang diderita Klopp selama lima musim terakhir.

1. Final Liga Champions 2017/2018

Spesialis Kalah di Final, Ini 6 Laga Juergen Klopp yang Berakhir NestapaTwitter/@nasserRRD1

Mungkin hanya sedikit orang yang meyakini bahwa Liverpool akan berbicara banyak di Liga Champions 2017/2018. Nyatanya, tim yang bermarkas di Anfield itu sukses masuk ke final.  Sayangnya, Liverpool dan Klopp gagal merebut gelar juara Liga Champions yang sudah dipertahankan Madrid dalam dua musim berturut-turut.

Baca juga: Luar Biasa! Madrid Menangi Gelar ke-13 Liga Champions

2. Final Lig Europa 2016

Datang ke Liverpool sebagai suksesor Brendan  Rodgers yang dipecat, Klopp berhasil membawa Liverpool ke final Liga Europa. Menghadapi Sevilla, di atas kertas jawara Liga Champions lima kali ini lebih diunggulkan. Namun, kenyataan tidak sesuai harapan. Dua gol Coke dan sebuah gol dari Kevin Gameiro membuat gol yang dicetak Daniel Sturridge menjadi sia-sia.

3. Final Piala Liga Inggris 2016

Klopp tidak hanya sukses membawa Liverpool ke Europa League. Di musim pertamanya menukangi Liverpool ia juga sukses membawa Liverpool ke final Piala Liga Inggris. Menghadapi Manchester City, Liverpool harus rela kalah adu penalti setelah hanya bermain imbang 1-1 dalam waktu normal.

4. Final DFB Pokal 2014/2015

Spesialis Kalah di Final, Ini 6 Laga Juergen Klopp yang Berakhir NestapaTwitter/@OptaJoe

Sebenarnya Klopp sempat memiliki peluang untuk mematahkan rekor buruknya ketka bertanding di final setelah Pierre-Emerick Aubameyang mencetak gol cepat pada menit kelima. Namun, Wolfsburg yang saat itu masih diperkuat Kevin De Bruyne mampu membalas dengan tiga gol yang dicetak oleh Luis Gustavo, De Bruyne, dan Bast Dost sehingga harapan Klopp pun sirna.

5. Final DFB Pokal 2013/2014

Dortmund dibuat tak berdaya ketika melawan Bayern Muenchen. Gol yang diciptakan Arjen Robben dan Thomas Mueller sama sekali tak mampu dibalas oleh Klopp dan anak asuhnya. Kekalahan tersebut juga membuat Muenchen kembali dapat mengawinkan gelar juara Bundesliga dan DFB Pokal.

6. Final Liga Champions 2012/2013

Sebelum kalah dari Madrid, Klopp sudah lebih dulu merasakan kekalahan di final Liga Champions bersama Borussia Dortmund. Di final musim 2012/2013, Klopp dan Dortmund harus mengakui keunggulan Muenchen setelah mereka kalah 1-2 dari The Bavarian. Upaya Ilkay Gundogan memperkecil ketertinggalann menjadi sia-sia setelah Robben membalikan keadaan satu menit berselang.

Baca juga: Final Liga Champions: Duka Mohamed Salah, Blunder Karius, dan Gemilangnya Bale

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya