Preview Indonesia vs Palestina: Harus Waspada!

Faktor tuan rumah harus dimanfaatkan timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia cabang olahraga (cabor) sepak bola pria akan melanjutkan perjuangannya di Asian Games dengan menghadapi Palestina di Stadion Patriot Chandrabagha, Bekasi, Rabu (15/8).

Kedua tim tentunya akan saling waspada dan hati-hati dalam bermain mengingat masing-masing tim memiliki kelebihan yang tak bisa dioandang sebelah mata. Waktu istirahat yang singkat tentunya memaksa arsitek kedua tim harus memutar otak ekstra keras guna mengoptimalkan para pemainnya tanpa menguras tenaga mereka.

1. Kemenangan jadi harga mati buat Indonesia

Preview Indonesia vs Palestina: Harus Waspada!(Laga uji coba jelang Asian Games 2018 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali) ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Memang tidak ada tim yang bertanding untuk kalah (kecuali terlibat dalam skandal sepak bola gajah), namun jika kemenangan atas Palestina berhasil didapat tentu akan memudahkan langkah Evan Dimas dkk. mengingat sisa lawan yang harus dihadapi cenderung tidak terlalu sulit jika melihat statistik dalam dua pertandingan pertamanya.

Kemenangan atas Palestina juga akan membuat Indonesia menjadi tim pertama dan satu-satunya di Grup A yang mendapat hasil sempurna di dua pertandingan pertama.

2. Faktor kelelahan dan postur yang kalah harus diantisipasi

Preview Indonesia vs Palestina: Harus Waspada!INASGOC/Charlie/sup

Karena Asian Games 2018 berlangsung tak lebih dari sebulan, jadwal pertandingan pun dibuat padat. Akibatnya para pemain cenderung kelelahan karena minim waktu istirahat. Hal tersebut pun diakui Asisten Pelatih timnas, Bima Sakti. Untuk mengantisipasi kelehan pemainnya, Bima mengaku akan melakukan sejumlah rotasi.

"Ini turnamen yang sangat ketat dengan waktu pemulihan kondisi sedikit, kemungkinan komposisi pemain diubah dan menggunakan peran false nine," ucap mantan striker timnas era 90an itu seperti dikutip dari Antara.

Tak hanya faktor kondisi pemain, anak asuh Luis Milla harus mewaspadai keunggulan postur yang dimiliki pemain-pemain Palestina. Bima pun sudah mengantisipasi hal tersebut dalam strategi yang akan digunakan skuad Garuda pada pertandingan nanti.

"Palestina tim bagus, kuat, dan solid. Pemainnya juga berpostur lebih tinggi. Kami sudah ada tips untuk antisipasi hal tersebut," ungkapnya.

Baca Juga: Ini Profil Lawan Indonesia di Cabor Sepak Bola Asian Games 2018

3. Palestina akui keunggulan Indonesia

Preview Indonesia vs Palestina: Harus Waspada!Timnas U23 melakukan pemanasan saat kegiatan pemusatan latihan (TC) di Stadion Dipta, Gianyar, Bali (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Walau memiliki sejumlah kelebihan, Palestina pun mengakui jika Indonesia lebih unggul ketimbang negaranya. Bagi Palestina, status tuan rumah menjadi salah satu keunggulan dari Indonesia karena dapat menghadirkan banyak penonton di stadion.

Bahkan, pada pertandingan perdana kontran Taiwan, penonton yang hadir di stadion mencapai lebih dari 26 ribu orang.

"Saat kami menghadapi Indonesia, para pendukung mereka pasti hadir mendukung para pemain. Namun, persiapan sudah kami lakukan, tinggal pertandingan nanti kami hadapi," kata manjer timnas Palestina, Islam Masharqa yang tak mau negaranya kalah.

Sudah siap mendukung timnas Indonesia malam ini, guys?

Baca Juga: Asian Games 2018: Ini Jadwal Pertandingan Sepak Bola

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya