Preview Kolombia Vs Inggris: Ujian Sesungguhnya The Three Lions

#WorldCup2018 Harry Kane akan dapat perhatian khusus

Moskow, IDN Times - Pertandingan antara Kolombia kontra Inggris di Otkritie Arena, Rabu (4/7) pukul 01.00 WIB menjadi laga pamungkas babak 16 besar Piala Dunia 2018. Meski Kolombia lolos sebagai juara Grup H, bukan berarti mereka dapat memandang Inggris dengan sebelah mata. Pasalnya, materi pemain yang dimiliki Gareth Southgate di atas kertas lebih unggul ketimbang Kolombia.

Begitu pula sebaliknya. Inggris yang seolah sengaja mencari kekalahan pada pertandingan terakhir kontra Belgia agar mendapat calon lawan yang cenderung ringan di fase gugur tak boleh merasa di atas angin.

1. Inggris sangat haus gelar juara

Preview Kolombia Vs Inggris: Ujian Sesungguhnya The Three LionsFIFA.com

Kegagalan sepertinya sudah menjadi sahabat bagi tim nasional Inggris di kompetisi internasional karena prestasi terbaik yang didapat timnas Inggris terjadi 52 tahun lalu ketika menjadi juara dunia. Setalah itu, prestasi terbaik The Three Lions hanya peringkat ketiga Piala Eropa 1968 dan peringkat keempat Piala Dunia 1990.

Kini, Inggris datang ke Piala Dunia 2018 dengan kompisisi pemain yang lebih muda dan apik seperti Harry Kane, Dele Alli, dan Raheem Sterling. Terlebih, banyaknya negara unggulan yang sudah tumbang lebih dulu membuat Inggris lebih bersemangat 'membawa sepak bola kembali ke rumah'. Melansir Skysports, Southgate menjelaskan jika anak asuhnya pun akan fokus pada pertandingan.

"Ini kesempatan yang brilian. Kami telah berkali-kali ada di posisi ini selama beberapa tahun terakhir. Tak ada gunanya memikirkan apa yang mungkin terjadi setelahnya," ungkap Southgate.

2. Kolombia akan waspadai Harry Kane

Preview Kolombia Vs Inggris: Ujian Sesungguhnya The Three LionsFIFA.com

Jika melihat lawan masing-masing di babak grup, Kolombia sedikit lebih diunggulkan karena berhasil menyapu bersih laga grup H dengan lawan-lawan dengan kemampuan cenderung merata seperti Jepang, Senegal, dan Polandia. Berbeda dengan Inggris yang cenderung mendapatkan lawan lebih mudah seperti Panama dan Tunisia.

Walaupun telah mendapat ujian berat pada fase grup, Kolombia tetap harus mewaspadai Inggris. Selain bermaterikan pemain lebih baik, Kolombia kemungkinan tak diperkuat pemain andalannya, James Rodriguez. Selain itu, kualitas Inggris juga lebih baik ketimbang lawan-lawan yang telah dihadapi Kolombia di babak grup.

Salah satu yang perlu diwaspadai Radamel Falcao dkk. adalah kehadiran Kane di lini serang Inggris. Sempat disebut sebagai pemain one season wonder, nyatanya kualitas kane terus melejit tiap musimnya. Terbukti, raihan 30 golnya di Premier League 2017/2018 hanya kalah dari Mohamed Salah yang berhasil meraih gelar pencetak gol terbanyak dengan 32 gol. Bahkan, di Piala Dunia 2018 pemain Tottenham Hotspurs itu telah mencetak lima gol dari dua pertandingan.

Bek Kolombia, Davinson Sanchez pun telah menyadari kemampuan Kane. Untuk itu, ia mengaku akan mengusung misi untuk menghentikan Kane pada pertandingan nanti. Hal tersebut ia lakukan sebagai salah satu upaya menghentikan Inggris.

"Kami tahu Harry bisa membuat perbedaan di Piala Dunia. Dia salah satu striker terbaik di dunia, dia fantastis, dan ancaman besar, kami harus menghadapinya. Kami tahu bagaimana ia bermain dan kami akan memanfaatkan kelemahan yang ia miliki," ungkap Davinson seperti dikutip dari laman Fifa.

3. Perkiraan formasi Kolombia vs Inggris

Preview Kolombia Vs Inggris: Ujian Sesungguhnya The Three LionsFIFA.com

Kolombia (4-2-3-1): Ospina, Arias, Mina, Sanchez, Mojica, Sanchez, Uribe, Cuadrado, Quintero, Rodriguez, Falcao 

England (5-3-2)Pickford, Trippier, Walker, Stones, Maguire, Young, Henderson, Lingard, Alli, Sterling, Kane 

Baca juga: Profil Tim Piala Dunia 2018: Potensi Anak Muda Timnas Inggris 

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya