3 Fakta Menarik dari Kemenangan Senegal atas Polandia

#WorldCup2018 Bisa jadi 'kuda hitam' di Piala Dunia 2018 ini

Persaingan di Grup H Piala Dunia 2018 akan berlangsung ketat. Itu setelah dua tim yang tidak difavoritkan, Jepang dan Senegal, justru meraih kemenangan di laga perdana, Selasa (19/6/2018). Jepang mengalahkan Kolombia 2-1. Lalu, tiga jam kemudian, Senegal juga meraih kemenangan dengan skor sama atas Polandia.

Akan menarik melihat bagaimana persaingan di Grup H di pertandingan kedua nanti. Sebelum menyoroti itu, kemenangan Senegal atas Polandia juga menyisakan beberapa cerita menarik. Apa saja?

1. Negara Afrika pertama yang menang di Piala Dunia 2018  

3 Fakta Menarik dari Kemenangan Senegal atas Polandiawww.marca.com

Menghadapi Polandia yang lebih sering tampil di Piala Dunia, Senegal sebenarnya menjadi "underdog". Namun, Senegal tampil hebat dan meraih kemenangan 2-1 di Spartak Stadium di Kota Moskow, Selasa (19/6/2018) malam. 

Gol pertama Senegal tercipta di menit ke-37 ketika bola sepakan Idrissa Gueye membentur Thiago Cionek dan masuk ke gawnag. Mbaye Niang membuat Senegal unggul dua gol di menit ke-60. Polandia hanya mampu membalas satu gol lewat Grzegorz Krychowiak di menit ke-86.

Dengan hasil ini, Senegal menjadi negara Afrika pertama yang meraih kemenangan di Piala Dunia 2018. Sebelumnya, empat wakil Afrika, yakni Mesir, Maroko, Nigeria dan Tunisia, menderita kekalahan di pertandingan pertamanya.

2. Senegal bisa mengulang "cerita dongeng" di Piala Dunia 2002  

3 Fakta Menarik dari Kemenangan Senegal atas Polandiatwitter.com/cnnsport

Piala Dunia 2018 menjadi penampilan kedua Senegal setelah Piala Dunia 2002 silam. Menariknya, dengan kemenangan atas Polandia, Senegal bisa mengulang "cerita dongeng" di Piala Dunia 16 tahun silam.

Di Piala Dunia 2002 yang digelar di Jepang dan Korea Selatan, Senegal mampu membuat kejutan hebat dengan mengalahkan juara bertahan, Prancis di pertandingan pertama. Senegal bahkan lolos hingga perempat final sebelum dihentikan Turki. 

"Terlalu cepat membandingkan tim ini dengan tim di Piala Dunia 2002 lalu. Meski, kemenangan ini sama pentingnya dengan kemenangan atas Prancis dulu. Kemenangan ini membuat kami mengawali turnamen dengan benar. Pertandingan kedua dan ketiga nanti akan lebih penting," ujar pelatih Senegal, Aliou Cisse dilansir Independent.co.uk.

Di pertandingan kedua Grup H, Senegal akan menghadapi Jepang pada Minggu (24/6/2018). Pemenang laga ini akan dipastikan lolos ke babak 16 besar. 

 3. Sebelas pemain inti Senegal semuanya main di kompetisi Eropa

3 Fakta Menarik dari Kemenangan Senegal atas Polandiatwitter.com/Mercado_Ingles

Berada satu grup dengan Kolombia dan Polandia membuat Senegal bukanlah favorit di Grup H. Namun, bila melihat siapa saja pemain yang menjadi starting XI Senegal saat melawan Senegal, tim Afrika ini bisa menjelma menjadi 'kuda hitam' di Piala Dunia 2018.

Saat melawan Polandia, Cisse memainkan formasi 4-4-2. Dan, 11 pemain inti Senegal, semuanya main di Liga Eropa seperti di Premier League Inggris, Serie A Liga Italia, Ligue 1 Prancis hingga Bundesliga Jerman.

Selain Sadio Mane (Liverpool), Idrissa Gueye (Everton) dan Mame Biram Diouf (Stoke City), juga ada Kalidou Koulibaly yang bermain di Liga Serie A Italia (Napoli). Sang pencetak gol kedua, Mbaye Niang juga main di Serie A bersama Torino setelah lama bermain di AC Milan. Sementara kiper Khadim Ndiaye main di Liga Swedia.

"Senegal mewakili benua Afrika. Seluruh Afrika mendukung kami. Setelah kemenangan atas Polandia, saya mendapat banyak ucapan selamat dari mereka yang bangga dengan kami. Dan kami bangga bisa mewakili Afrika," sambung Aliou Cisse yang semasa bermain juga main di Liga Inggris.

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya