Inggris & 6 Negara yang Tampil On Fire di Awal Kualifikasi EURO 2020

Start kencang menuju putaran final Piala Eropa 2020

Perjalanan panjang menuju putaran final Piala Eropa 2020 alias EURO 2020 dimulai pada akhir pekan kemarin. Sebanyak 55 tim nasional negara di Eropa memulai tampil di babak kualifikasi yang terbagi dalam 10 grup, dari Grup A hingga Grup J.

Menariknya, ada beberapa negara yang langsung tampil on fire dengan meraih kemenangan beruntun di dua pertandingan. Dua kemenangan beruntun tersebut tentunya menjadi start keren untuk menuju putaran final Piala Eropa 2020. Berikut enam negara yang meraih start bagus di Kualifikasi EURO 2020.

1. Menang beruntun dan mencetak 10 gol dalam dua pertandingan, Inggris kuasai Grup A

Inggris & 6 Negara yang Tampil On Fire di Awal Kualifikasi EURO 2020twitter.com/uefaeuro

Timnas Inggris sepertinya akan melaju mulus menuju putaran final EURO 2020. Itu bila merujuk pada start hebat yang ditorehkan oleh The Three Lions di dua pertandingan awal kualifikasi. Inggris yang berada di Grup A, berhasil meraih kemenangan beruntun. Bahkan, tidak sekadar menang, Inggris juga mampu pesta gol secara beruntun.

Inggris mengawali kualifikasi dengan kemenangan 5-0 saat menjamu Rep.Ceko di Stadion Wembley (23/3). Raheem Sterling mencetak hat-trick plus gol penalti Harry Kane dan gol bunuh diri Kalas. Dan, di pertandingan kedua, Inggris kembali menang besar, 5-1 atas tuan rumah Montenegro di Podgorica pada Senin (25/3) malam waktu setempat atau Selasa (26/3) dini hari waktu Indonesia.

Sempat tertinggal ketika Montenegro unggul lewat gol Marko Vesovic di menit ke-17, Inggris meresponnya dengan gol Michael Keane di menit ke-30. Berikutnya, pertandingan menjadi milik tim tamu. Ross Barkley mencetak dua gol di menit ke-39, 59, lalu Harry Kane mencetak gol keempat di menit ke-71 dan ditutup oleh gol Sterling di menit ke-81.

Dikutip dari BBC, pelatih Inggris, Gareth Southgate memuji penampilan pemain-pemain sayapnya yang tampil agresif di markas Montenegro. Dia juga memuji penampilan beberapa pemain muda seperti Callum Hudson-Odoi yang melakoni debut. "Dulu, kami seringkali kesulitan ketika bermain di tempat ini. Karenanya, saya menganggap pertandingan ini menjadi tes bagus bagi beberapa pemain muda. Dan mereka melakukannya dengan baik," ujar Southgate dikutip bbc.com.

Menurut data BBC, ini merupakan kali pertama sejak November 1984, Inggris mencetak lima gol atau lebih secara beruntun. Dan terpenting, dua kemenangan ini membuat Inggris memuncaki klasemen Grup A dengan 6 poin, unggul empat angka dari Bulgaria di peringkat 2.

2. Menang beruntun, Irlandia Utara sementara ungguli Belanda dan Jerman di Grup C

Inggris & 6 Negara yang Tampil On Fire di Awal Kualifikasi EURO 2020twitter.com/northernireland

Berada satu grup dengan dua tim raksasa sekelas Jerman dan Belanda, Irlandia Utara paham persaingan keras seperti apa yang akan mereka dapatkan dalam perjalanan menuju EURO 2020. Karenanya, Irlandia Utara tidak mau membuang peluang saat menghadapi tim-tim di luar dua unggulan tersebut.

Skenario itulah yang berhasil dimaksimalkan Irlandia Utara di dua pertandingan awal Kualifikasi EURO 2020. Irlandia Utara berhasil meraih kemenangan beruntun, 2-0 atas Estonia di pertandingan pertama (22/3) dan 2-1 atas Belarusia di pertandingan kedua, Senin (25/3) tadi malam seperti dikutip dari uefa.com.

Dua kemenangan ini membuat Irlandia Utara sementara memimpin Grup C dengan 6 poin, unggul tiga angka dari Belanda (3 poin) yang juga sudah memainkan dua laga. Sementara Jerman yang baru memainkan satu pertandingan juga memiliki 3 poin. Setidaknya, Irlandia Utara masih akan memimpin klasemen hingga Juni nanti saat laga kualifikasi kembali digelar ketika Jerman akan memainkan dua pertandingan melawan Estonia dan Belarusia.

"Saya rasa, kami bisa bersaing dengan Jerman dan Belanda. Kami yakin bisa melakukannya," ujar Josh Magennis, striker Irlandia Utara seperti dikutip dari bbc.com.

3. Piatek dan Lewandowski tajam, Polandia mengawali dua laga di Grup G dengan hasil sempurna

Inggris & 6 Negara yang Tampil On Fire di Awal Kualifikasi EURO 2020twitter.com/uefaeuro

Sementara di Grup G, Polandia juga meraih start bagus dengan menorehkan kemenangan beruntun. Mengawali kualifikasi di markas Austria (22/3/2018), Polandia berhasil membawa pulang kemenangan 1-0 lewat gol penyerang AC Milan yang tengah on fire, Krzysztof Piatek.

Di pertandingan kedua yang digelar Senin (25/3) malam waktu Eropa, Polandia berhasil mengalahkan Latvia yang tampil 'keras kepala. Polandia menang 2-0. Dua gol Polandia diciptakan oleh Robert Lewandowski dan Kamil Gilk di 15 menit terakhir babak kedua. Dalam dua laga, Polandia berarti mampu mencatat clean sheet alias belum kemasukan gol seperti dikutip dari uk.reuters.com.

Dua kemenangan beruntun ini membuat Polandia memimpin klasemen Grup G dengan 6 poin yang berisikan enam tim dan semuanya sudah memainkan dua pertandingan. Di posisi dua dan tiga ada Israel dan Macedonia yang sama-sama mengumpulkan 4 poin. Yang mengejutkan, Austria justru kalah beruntun di dua laga awal.

Baca Juga: Euro 2020: Gasak Islandia, Deschamps Nikmati Permainan Prancis

4. Prancis mencetak 8 gol dalam dua pertandingan dan memimpin klasemen Grup H

Inggris & 6 Negara yang Tampil On Fire di Awal Kualifikasi EURO 2020twitter.com/uefaeuro

Juara dunia 2018, Prancis, juga langsung tampil on fire di awal Kualifikasi EURO 2020 Grup H. Prancis yang menjadi favorit utama di grup ini, tampil ganas dengan mencetak 8 gol di dua pertandingan.

Di pertandingan pertama, Les Bleus--julukan Prancis, berhasil menang 4-1 atas tuan rumah Moldova (23/3). Dan di laga kedua, Prancis kembali mencetak empat gol saat menang 4-0 atas Islandia, Senin (25/3) malam waktu setempat atau Selasa (26/3) dini hari waktu Indonesia. Empat gol kemenangan Prancis ke gawang Islandia dicetak oleh Samuel Umtiti di menit ke-12, Olivier Giroud di menit ke-68, Kyilian Mbappe di menit ke-78 dan Antoine Griezmann di menit ke-84 seperti dikutip dari skysports.com.

Menariknya, Griezmann, Mbappe dan Giroud juga mencetak gol ke gawang Moldova. Itu menandakan skema 4-2-3-1 yang diusung oleh pelatih Didier Deschamps dengan menempatkan Giroud sebagai penyerang tunggal didukung Mbappe dan Griezmann plus Blaise Matuidi di belakangnya, mampu tampil ofensif.

Dengan kemenangan atas Moldova dan Islandia di dua pertandingan awal, Prancis kini memimpin klasemen Grup H dengan 6 poin.

5. Turki juga mengawali kualifikasi dengan kemenangan beruntun, persaingan ketat terjadi di Grup H

Inggris & 6 Negara yang Tampil On Fire di Awal Kualifikasi EURO 2020twitter.com/uefaeuro

Menariknya, persaingan di Grup H menuju EURO 2020 sepertinya akan sangat ketat. Sebab, bukan hanya Prancis yang berhasil meraih kemenangan beruntun. Turki juga mampu mengukir start hebat di dua laga awal kualifikasi dengan berhasil meraih kemenangan back to back.

Setelah tahun lalu gagal tampil di Piala Dunia 2018, Turki rupanya bertekad membalas kegagalan itu dengan meraih hasil bagus di Kualifikasi EURO 2020. Mereka ingin lolos ke putaran final Piala Eropa 2020. Di laga awal kualifikasi, Turki meraih kemenangan penting di markas Albania, 2-0 (23/3).

Dan di pertandingan kedua yang digelar Senin (25/3), Turki berhasil pesta gol dengan menang 4-0 atas Moldova. Dua gol Turki dicetak striker yang kini bermain di klub Everton, Cenk Tosun seperti dikutip dari trtworld.com.

Dua kemenangan ini membuat Turki kini berada di posisi 2 di bawah Prancis dengan sama-sama mengumpulkan 6 poin. Menariknya, di pertandingan ketiga pada Juni mendatang, Turki akan menjamu Prancis pada (9/6) seperti dikutip dari uefa.com.

6. Belgia menang back to back berkat penampilan ganas kapten Hazard

Inggris & 6 Negara yang Tampil On Fire di Awal Kualifikasi EURO 2020twitter.com/uefaeuro

Sementara di Grup I, timnas Belgia memperlihatkan kualitas mereka sebagai salah satu negara raksasa sepak bola di Eropa. Belgia berhasil mengawali Kualifikasi EURO 2020 dengan kemenangan back to back atas Rusia dan tuan rumah Siprus.

Penampilan apik Belgia di dua laga kualifikasi tidak lepas dari performa ganas yang ditunjukkan bintang mereka, Eden Hazard. Pemain sayap yang kabarnya tengah diincar Real Madrid ini mencetak dua gol kala menang 3-1 atas Rusia (22/3).

Hazard kembali jadi inisiator kemenangan Belgia saat mengalahkan Siprus 2-0 (25/3). Dia mencetak gol pertama Belgia dan lantas memberi assist untuk gol kedua yang dicetak Mitchy Batshuayi. Menariknya, laga ini merupakan penampilan ke-100 Hazard di Timnas Belgia seperti dikutip dari uefa.com.

Dengan kemenangan beruntun ini, Belgia kini memimpin klasemen Grup I dengan raihan 6 poin. Namun, persaingan di Grup I tidak akan mudah. Sebab, empat tim di bawah Belgia, yakni Rusia, Kazakhstan, Siprus dan Skotlandia, semuanya mengumpulkan tiga poin.

Jumlah negara-negara yang berhasil meraih kemenangan beruntun di dua pertandingan awal Kualifikasi EURO 2020 sangat mungkin bertambah. Sebab, malam nanti, masih ada pertandingan lanjutan kualifikasi. Beberapa negara seperti Swiss, Spanyol, Swedia Bosnia, Yunani dan Italia juga berpeluang mengukir kemenangan beruntun.

Baca Juga: Kualifikasi Euro 2020: Performa Tajam, Inggris Libas Montenegro

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya