Comscore Tracker

Sempat di Ujung Tanduk, 5 Tim ini Lolos ke Babak Gugur Piala Asia 2019

Vietnam lolos karena mendapat kartu kuning lebih sedikit

Turnamen sepak bola tertinggi di benua Asia, Piala Asia 2019, telah menyelesaikan babak penyisihan grup, Kamis (17/1/2019) tadi malam. Sebanyak 16 tim dari enam grup, telah memastikan lolos ke babak gugur. Dari 16 tim tersebut, ada tim yang mengakhiri babak penyisihan sebagai juara gup dan runner-up, serta empat tim dari enam grup berpredikat peringkat tiga terbaik.

Menariknya, 16 tim yang lolos tersebut tidak semuanya tampil sempurna di babak penyisihan. Ada beberapa tim yang sempat kalah di pertandingan pertama. Bahkan ada tim yang telah berada 'di ujung tanduk' tetapi akhirnya bisa lolos. Siapa saja?

 

1. Thailand sempat dipermalukan India di pertandingan pertama dan memecat pelatihnya

Sempat di Ujung Tanduk, 5 Tim ini Lolos ke Babak Gugur Piala Asia 2019twitter.com/afcasiancup

Salah satu wakil Asia Tenggara, Thailand, berhasil memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2019. Thailand lolos sebagai runner up Grup A d bawah tuan rumah Uni Emirat Arab. Padahal, Thailand sempat mengalami prahara pada awal dimulainya Piala Asia 2019.

Di pertandingan pertama, Thailand dipermalukan India 1-4. Padahal, India bukanlah tim dengan sejarah sepak bola yang kuat di Asia. Kekalahan telak itu membuat Thailand dilanda prahara. Federasi Sepak Bola Thailand langsung memberhentikan pelatih Milovan Rajevac. Posisi pelatih yang pernah melatih Ghana di Piala Dunia 2010 tersebut digantikan pelatih caretaker, Sirisak Yodyardthai seperti dikutip dari espn.com.

Toh, mental pemain-pemain Thailand tidak berantakan meski kalah di awal turnamen dan diguncang pemecatan pelatih. Di pertandingan kedua, Thailand bangkit dan menang 1-0 atas Bahrain. Lantas, di laga terakhir, bermain 1-1 dengan tuan rumah Uni Emirat Arab untuk memastikan lolos ke babak gugur seperti dikutip dari foxsportsasia.com.

Di babak 16 besar, Thailand akan menghadapi runner-up Grup C, China pada 20 Januari. Bisakah Thailand melangkah jauh?

 

2. Juara bertahan Australia juga sempat kalah di pertandingan perdana

Sempat di Ujung Tanduk, 5 Tim ini Lolos ke Babak Gugur Piala Asia 2019the-afc.com

Australia datang ke Piala Asia 2019 dengan predikat juar bertahan. Mereka meraih gelar di Piala Asia 2014 setelah mengalahkan Korea Selatan di final. Namun, di pertandingan pertama nya di Piala Asia 2019 dalam upaya mempertahankan gelar, Australia malah langsung kalah. The Soccerros kalah 0-1 dari Yordania di laga pertama Grup B (6/1/2019).

Kekalahan itu membuat Australia melakoni laga 'hidup mati' di pertandingan berikutnya. Tetapi, Australia mampu memperlihatkan mental kuat mereka dengan menang 2-0 atas Palestina di pertandingan kedua (11/1). Meski, itu belum sepenuhnya membuat mereka aman karena Syria punya peluang. Di pertandingan terakhir, Australia mengalahkan Syria 3-2 dan lolos ke babak 16 besar sebagai runner up Grup B di bawah Yordania.

Di babak 16 besar, Australia bertemu Uzbekistan yang merupakan runner-up Grup F (21/1/2019) seperti dikutip dari smh.com.au.

Menarik ditunggu apakah Australia mampu menjadi tim kelima setelah Korsel, Iran, Arab Saudi dan Jepang yang bisa mempertahankan gelar Piala Asia.

Baca Juga: Piala Asia 2019: Bungkam Uzbekistan, Jepang Genggam Puncak Klasemen

3. Kirgizstan sempat berada di ujung tanduk karena kalah dua kali

Sempat di Ujung Tanduk, 5 Tim ini Lolos ke Babak Gugur Piala Asia 2019www.the-afc.com/asiancup

Piala Asia 2019 merupakan partisipasi perdana Kirgizstan sejak berdiri sebagai negara (setelah memisahkan diri dari Uni Soviet pada 1992 silam). Dan, di penampilan perdananya, Kirgizstan ternyata mampu lolos ke babak 16 besar. Padahal, Kirgizstan sebelumnya sempat berada di ujung tanduk tereliminasi.

Betapa tidak, Kirgizstan mengawali Piala Asia 2019 dengan dua kali kekalahan. Di laga pertama, Kirgizstan yang sempat unggul lebih dulu, kalah 1-2 dari China. Di pertandingan kedua, Kirgizstan kalah 0-1 dari Korea Selatan. Namun, dua kekalahan beruntun itu tidak membuat mereka putus asa. Di pertandingan terakhir, Kirgizstan berhasil mengalahkan Filipina 3-1 lewat hat-trick penyerang Vitalij Lux.

Kemenangan itu membuat Kirgizstan ada di peringkat 3 Grup C dengan 3 poin dan agregat gol 4-4. Kirgizstan kemudian lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu dari empat tim peringkat tiga terbaik. Mereka akan bertemu tuan rumah Uni Emirat Arab pada babak 16 besar, 21 Januari mendatang.

4. Oman juga mendapatkan tiket lolos di pertandingan terakhir

Sempat di Ujung Tanduk, 5 Tim ini Lolos ke Babak Gugur Piala Asia 2019www.the-afc.com/asiancup

Situasi yang dialami Kirgistan, juga terjadi pada Oman di Grup F. Oman yang tampil di Piala Asia keempatnya, juga sempat mengalami kekalahan beruntun. Di pertandingan pertama, Oman kalah 1-2 dari Uzbekistan (9/1). Bertekad bangkit di laga kedua, Oman kembali kalah 0-1 dari Jepang (13/1). Bila ingin berharap lolos, Oman harus menang di laga terakhir menghadapi Turkmenistan yang juga sudah kalah dua kali.

Yang terjadi, Oman mampu menang 3-1 atas Turkmenistan, Kamis (17/1/2019) malam. Kemenangan Oman tersebut ditentukan lewat gol Muhsen Al Ghassani dan Mohammaed Al-Musalami di 10 menit akhir laga. Kemenangan ini membawa Oman lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu dari empat tim peringkat tiga terbaik.

"Kami berada di grup berat bersama Jepang, Uzbekistan dan Turkmenistan. Sungguh tidak mudah. Karenanya, kami sangat bangga bisa lolos. Kami ingin terus melamgkah di turnamen ini," ujar Pim Verbeek, pelatih Oman seperti dilansir dari the-afc.com.

Ini merupakan pertama kali sepanjang sejarah partisipasi di Piala Asia, Oman mampu lolos ke babak gugur. Oman akan bertemu juara Grup D yang juara tiga kali Piala Asia, Iran pada 20 Januari. Meski iran lebih diunggulkan, tetapi Oman bakal tampil nothing to lose.

5. Vietnam lolos paling dramatis, baru menang di laga terakhir dan unggul poin rekor disiplin dari Lebanon

Sempat di Ujung Tanduk, 5 Tim ini Lolos ke Babak Gugur Piala Asia 2019twitter.com/afcasiancup

Vietnam menjadi tim yang lolos ke babak 16 besar dengan cara paling dramatis. Berada satu grup dengan dua tim mantan juara Piala Asia, Iran dan Irak, membuat Vietnam kesulitan mencari kemenangan. Juara Piala AFF 2018 ini kalah 2-3 dari Irak di laga perdana (8/1). Di laga kedua, Vietnam kembali kalah 0-2 dari Iran (12/1).

Situasi itu membuat Vietnam harus menang di laga terakhir melawan Yaman bila ingin lolos. Bahkan, kemenangan pun belum menjamin mereka lolos. Sebab, mereka masih harus bersaing dengan tim lainnya untuk memperebutkan tim peringkat tiga terbaik. Vietnam akhirnya menang 2-0 atas Yemen.

Dalam rangking tim peringkat tiga terbaik, poin Vietnam sebenarnya sama dengan Lebanon dari Grup E (sama-sama 3).  Agregat gol mereka juga sama, 4-5. Vietnam akhirnya lolos karena poin rekor disiplin. Sebab, mereka memperoleh lima kartu kuning (minus 5) sementara Lebanon mendapatkan tujuh kartu kuning (minus 7). Di babak 16 besar, Vietnam akan bertemu juara Grup B, Yordania pada 20 Januari.

Tim-tim yang lolos ke babak 16 besar memiliki masa jeda kurang lebih tiga hari sebelum kembali tampil di babak 16 besar. Menarik ditunggu apakah tim-tim yang sempat berada di ujung tanduk ini bisa berhasil lolos ke perempat final.

Baca Juga: Lolos Cepat, 12 Tim Genggam Tiket ke Babak Gugur Piala Asia 2019

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You