Comscore Tracker

Sedang On Fire, 6 Tim Perempat Finalis Liga Champion ini Siap Tempur

MU siap hadapi Barcelona di Camp Nou

Pertandingan krusial di Liga Champions yang melibatkan delapan (8) tim top Eropa, akan digelar tengah pekan ini. Delapan tim akan berebut empat tiket lolos ke semifinal di pertandingan perempat final kedua yang akan digelar Selasa (16/4) dan Rabu (17/4) malam waktu Eropa atau Rabu (17/4) dan Kamis (18/4) dini hari waktu Indonesia.

Ini akan menjadi pertandingan bak hidup mati. Sebab, pilihannya hanya dua: lolos ke semifinal atau tersingkir. Menariknya, jelang tampil di pertandingan penentuan, mayoritas tim perempat finalis Liga Champions meraih hasil bagus di liga negara masing-masing pada akhir pekan kemarin. Artinya, mereka siap tampil maksimal di leg II nanti.

Berikut beberapa tim top Eropa yang tengah on fire usai meraih kemenangan pada akhir pekan kemarin.

1. Menang atas West Ham, bekal Manchester United menantang Barcelona di Camp Nou dini hari nanti

Sedang On Fire, 6 Tim Perempat Finalis Liga Champion ini Siap Tempurtwitter.com/premierleague

Tantangan super berat harus dilewati Manchester United (MU) bila ingin melangkah ke semifinal Liga Champions musim ini. MU akan away ke Camp Nou--markas FC Barcelona pada Selasa (16/4) malam waktu Eropa pada laga kedua perempat final Liga Champions dengan keharusan membalik kekalahan 0-1 bila ingin lolos ke semifinal.

Tugas yang sangat berat bagi tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer ini merujuk penampilan Barcelona yang acap kali superior di Camp Nou. Namun, The Red Devils--julukan MU bisa datang ke Camp Nou dengan optimisme tinggi.

asalnya, tiga hari sebelum away ke markas Barcelona, MU berhasil meraih kemenangan penting di Liga Inggris. MU menang 2-1 atas West Ham United di Old Trafford, Sabtu (13/4). Dua gol kemenangan MU dicetak oleh Paul Pogba lewat titik penalti di menit ke-19 dan 80.

Dikutip dari website klub, pelatih MU, Ole Solskjaer menyebut timnya harus tampil jauh lebih baik saat melawan Barcelona dibandingkan saat mengalahkan West Ham. Menurut Solskjaer, ketika menghadapi West Ham timnya cukup beruntung bisa menang karena MU disebutnya kurang tampil maksimal dan kurang ganas dalam memanfaatkan peluang.

"Terpenting kami meraih tiga poin. Berikutnya, saya berharap kami bisa bermain lebih bagus pada Selasa nanti. Sebab, bila kami bermain melawan Barca dengan permainan seperti ini, kami mungkin akan kalah 5-0," ujar Solskjaer seperti dikutip dari manutd.com.

Sementara Barcelona hanya bermain 0-0 saat menghadapi tuan rumah Huesca pada akhir pekan kemarin (13/4). Namun, Barca hanya bermain dengan banyak pemain lapis dua. Pelatih Ernesto Valverde mengistirahatkan Leo Messi, Luis Suarez, Gerrard Pique dan Ivan Rakitic demi bersiap menjamu MU.

2. Ajax Amsterdam pesta setengah lusin gol, pertanda siap hadapi Juventus di kandangnya

Sedang On Fire, 6 Tim Perempat Finalis Liga Champion ini Siap Tempurtwitter.com/AFCAjax

Tim Belanda, Ajax Amsterdam, akan melakoni pertandingan krusial saat away ke markas Juventus. Hasil 1-1 pada laga pertama perempat final di Amsterdam, Rabu (10/4) lalu akan membuat pertandingan leg kedua perempat final, Selasa (16/4) malam nanti seperti laga hidup mati bagi kedua tim. Pemenang laga ini dipastikan melaju ke semifinal tanpa perlu ada keharusan harus menang dengan berapa gol.

Menariknya, Ajax akan bertamu ke markas Juventus dengan rasa percaya diri tinggi. Pasalnya, Ajax berhasil melakukan 'pemanasan' dengan sempurna di Liga Belanda. The Amsterdammer--julukan Ajax, menang telak, 6-2 saat menjamu Excelsior di laga pekan ke-30 Liga Belanda, Sabtu (13/4/2019) malam.

Pesta setengah lusin gol Ajax tercipta berkat ketajaman penyerang senior, Klaas Jan Huntelaar. Striker berusia 35 tahun ini membuat hat-trick. Playmaker Ajax asal Serbia, Dusan Tadic mencetak dua gol, plus satu gol pamungkas dari Kasper Dolberg seperti dikutip dari int.soccerway.com.

Kemenangan ini membuat Ajax tetap memimpin klasemen dengan perolehan 74 poin dari 30 pertandingan, sama dengan raihan poin tim peringkat dua, PSV Eindhoven. Dengan fakta ini, Ajax tentunya akan semakin percaya diri menghadapi Juventus. Dan itu tentunya sinyal bahaya bagi Juventus.

Berbeda dengan Ajax, Juventus yang menyimpan beberapa pemain kunci, seperti Cristiano Ronaldo, leonardo Bonucci dan Alex Sandro, dipaksa menelan kekalahan 1-2 dari tuan rumah SPAL. Namun, Ronaldo, Bonucci dan Alex Sandro tentunya akan lebih bugar saat menghadapi Ajax.

3. Pesta gol ke gawang Huddersfield, Tottenham siap mempertahankan keunggulan di markas Manchester City

Sedang On Fire, 6 Tim Perempat Finalis Liga Champion ini Siap Tempurtwitter.com/SpursOfficial

Tottenham Hotspur akan melakoni pertandingan 'bersejarah' di leg II Liga Champions saat menghadapi tuan rumah Manchester City di Etihad Stadium pada laga leg II perempat final, Rabu (17/4). Selangkah lagi, mereka akan bisa lolos ke semifinal dan mengulang pencapaian terbaik mereka di European Cup (nama lawas Liga Champions) pada musim 1961/62 saat lolos ke semifinal.

Kemenangan 1-0 di leg pertama pekan lalu (10/4) membuat Tottenham hanya butuh hasil imbang di markas City. Meski, City pastinya akan berusaha comeback. Namun, Tottenham siap menghadapi City.

Kesiapan itu terlihat pada akhir pekan kemarin ketika mereka pesta gol ke gawang Huddersfield di pekan ke-33 Liga Inggris, Sabtu (13/4) Spurs menang 4-0 di stadion baru mereka, Tottenham Hotspur Stadium di London. Demi fokus menghadapi Manchester City, pelatih Spurs, Mauricio Pocchettino memilih mengistirahatkan beberapa pemain inti.

Tidak ada nama Dele Alli dalam susunan pemain Spurs di laga tersebut. Bek Tobby Alderweeireld juga tidak dimainkan. Sementara penyerang Korsel, Son Heung-min juga baru bermain di tiga menit terakhir. Sementara Harry Kane yang cedera.

Pocchettino memilih memainkan striker senior asal Spanyol, Fernando Llorente sebagai starter bersama Lucas Moura. Hasilnya, Moura mencetak hat-trick plus satu gol dari Victor Wanyama yang mengawali pesta gol Spurs seperti dikutip dari premierleague.com.

Selain membawa Tottenham ke peringkat 3, kemenangan ini tentunya membuat Spurs lebih percaya untuk menghadapi City. Di webiste klub, Pocchettino memuji permainan kolektif anak asuhnya.

"Ada banyak hal positif dari kemenangan ini. Ini tentang tim dan juga kepercayaan diri pemain. Saya selalu senang dengan permainan kolektif dan semua pemain di tim ini bisa bekerja sama satu sama lain," ujar Pocchettino dikutip dari tottenhamhotspur.com.

Baca Juga: Liga Champions: Manchester United Kalah dari Barcelona di Old Trafford

4. Manchester City juga pamer kekuatan saat mengalahkan Crystal Palace, Guardiola yakin City bisa comeback saat menjamu Tottenham

Sedang On Fire, 6 Tim Perempat Finalis Liga Champion ini Siap Tempurtwitter.com/ManCity

Tidak hanya Tottenham, Manchester City juga pamer kekuatan di Liga Inggris akhir pekan kemarin. Bertamu ke markas Crystal Palace, Minggu (14/4), Manchester City berhasil membawa pulang kemenangan dengan skor 3-1. Tiga gol kemenangan City diciptakan oleh Raheem Sterling yang membuat dua gol dan satu gol oleh Gabriel Jesus di penghujung laga.

Kemenangan ini menjadi penegas, bahwa City siap melakukan comeback saat menjamu Tottenham di leg II perempat final Liga Champions, Rabu (17/4). City butuh kemenangan dua gol bila ingin lolos ke semifinal menyusul kekalahan 0-1 di markas Spurs pada pekan lalu. Kala itu, Sergio Aguero membuang peluang mencetak gol away setelah eksekusi penaltinya ditepis kiper Tottenham, Hugo Lloris.

Pelatih City, Pep Guardiola menyebut timnya siap membalikkan situasi di pertandingan leg II perempat final. Menurut Gurdiola, City sejatinya tampil bagus dan mendominasi di laga leg pertama lalu. Namun, apapun bisa terjadi di Liga Champions.

"Kami sebenarnya mengontrol pertandingan, tetapi itulah yang terjadi. Namun, saya yakin kami akan bisa mencetak gol di pertandingan kedua nanti. Itu tantangan bagi kami," ujar Guardiola dikutip dari bbc.com.

5. FC Porto menang tiga gol di Liga Portugal, pemanasan sempurna menjamu Liverpool dengan keharusan menang tiga gol

Sedang On Fire, 6 Tim Perempat Finalis Liga Champion ini Siap Tempurtwitter.com/FCPorto

Tim top Portugal, FC Porto membutuhkan kemenangan tiga gol saat menjamu Liverpool di pertandingan kedua perempat final Liga Champions, Rabu (17/4) malam waktu setempat. Mengalahkan Liverpool di atas dua gol tentunya bukan tugas yang mudah bagi Porto. Sebab, Liverpool merupakan lawan yang belum bisa dikalahkan Porto dalam delapan pertemuan.

Namun, Porto berhasil melalui pemanasan sempurna jelang menghadapi Liverpool. Akhir pekan kemarin, Porto meraih kemenangan 3-0 atas tuan rumah Portimonense di Liga Primer Portugal (13/4). Tiga gol kemenangan Porto diciptakan Yacine Brahimi di menit ke-14, Moussa Marega di menit ke-73 dan Hector Herrera di menit ke-93. Ini merupakan kemenangan kelima beruntun yang diraih Porto di Liga Portugal.

Kemenangan tiga gol atas Portimenense tersebut tentunya akan membuat tim asuhan Sergio Conceicao ini punya semangat membara untuk melakukan comeback saat melawan Liverpool nanti. Apalagi, Porto akan kembali diperkuat dua pemain penting, yakni Pepe di lini pertahanan dan penyerang Hector Herrera yang mencetak satu gol ke gawang Portimenense.

6. Liverpool kirim pesan siap menghadapi Porto lewat kemenangan 2-0 atas Chelsea

Sedang On Fire, 6 Tim Perempat Finalis Liga Champion ini Siap Tempurtwitter.com/LFC

Liverpool memang akan menghadapi tantangan berat di markas FC Porto. Meski unggul dua gol di leg I, belum ada jaminan Liverpool bisa lolos ke semifinal Liga Champions. Namun, bukan hanya Porto yang siap tempur, The Reds juga dalam kondisi on fire.

Akhir pekan kemarin, Liverpool meraih kemenangan penting saat mengalahkan Chelsea 2-0 di Anfield, Minggu (14/4). Dua gol kemenangan Liverpool dicetak Sadio Mane dan Mohamed Salah. Melalui kemenangan ini, Liverpool seolah mengirim pesan bahwa mereka siap menghadapi Porto.

Finalis Liga Champions tahun lalu ini hanya perlu bermain imbang untuk memastikan lolos ke semifinal. Bila kalah dengan skor selisih satu gol ataupun selisih dua gol tetapi Liverpool bisa mencetak gol di markas Porto, maka The Reds tetap melaju ke semifinal.

Dengan sedang on fire-nya Mane dan Salah, Liverpool akan PeDe menghadapi Porto. Musim lalu, Liverpool menang 5-0 di markas Porto pada laga babak 16 besar dengan Mane mencetak hat-trick dan Salah membuat satu gol.

Di website resmi klub, Pelatih Liverpool, Juergen Klopp menyebut mewaspadai kebangkitan Porto yang kali ini akan tampil dengan skuad lengkap. "Tentu saja ini menjadi pertandingan berat. Kami akan mencoba bermain maksimal di sana. Kami tahu, Porto akan kembali bisa memainkan Pepe dan Herrera yang mungkin akan mengubah situasi. Tapi kami siap menghadapi pertandingan sulit ini," ujar Klopp seperti dikutip dari liverpoolfc.com.

Menarik ditunggu apakah hasil bagus (kemenangan) yang diraih tim-tim top ini di liga domestik, akan berpengaruh besar pada penampilan mereka di pertandingan kedua perempat final Liga Champions tengah pekan ini. Menurut kalian, siapa empat tim yang akan lolos ke semifinal?

Baca Juga: 4 Alasan Liverpool Unggul dari Porto di Perempat Final Liga Champions

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

JADWAL SALAT & IMSAK

27
MEI
2019
22 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You