Legenda Madrid Sebut Los Blancos Bakal Menyesal Bila Memecat Zidane

Fans Madrid hanya perlu bersabar

Penampilan tidak istimewa Real Madrid di La Liga Spanyol musim 2017/18 ini membuat salah satu legenda Madrid yang juga ambassador La Liga, Steve McManaman, ikut angkat bicara.

Pria asal Inggris yang ikut membawa Madrid juara Liga Champions di tahun 2000 dan 2002 serta juara La Liga Spanyol edisi 2001, 2003 ini berbicara beberapa hal tentang Real Madrid di musim ini. Satu di antaranya tentang nasib sang pelatih, Zinedine Zidane. Apa kata dia?

1. Dukung Zidane tetap melatih Real Madrid di musim depan

Legenda Madrid Sebut Los Blancos Bakal Menyesal Bila Memecat Zidanewww.independent.ie

Dibandingkan musim lalu, penampilan Real Madrid di La Liga Spanyol musim ini memang mengalami inkonsistensi. Tidak konsistennya penampilan Real Madrid tergambar dari peringkat mereka di klasemen La Liga yang hanya berada di posisi 3.

Hingga pekan ke-29 (Tinggal 9 pertandingan), Los Blancos--julukan Real Madrid kini tertinggal 15 poin dari pimpinan klasemen Barcelona, seperti dikutip dari Soccerway.com.

Real Madrid hampir pasti gagal mempertahankan gelar Liga Spanyol. Dan, situasi itu memunculkan tekanan pelatih bagi sang pelatih, Zinedine Zidane. Beredar rumor bahwa Zidane akan diganti di akhir musim.

Namun, legenda Real Madrid, Steve McManaman, menyebut manajemen Madrid tidak perlu mengganti Zidane. Menurutnya, Zidane masih sangat dibutuhkan tim yang kini tengah memburu hat-trick juara Liga Champions.

"Dari apa yang saya lihat sejauh ini, Zinedine Zidane sudah sangat sukses. Dia mencintai Madrid, dia mencintai klub ini. Dia menjalin hubungan sangat baik dengan pemain dan staf. Saya pikir mereka harus mempertahankan Zidane selama yang mereka bisa,” tegas McManaman, dikutip dari Laliga.es.

2. Tidak sepakat Zidane digantikan pelatih Tottenham Hotspur

Legenda Madrid Sebut Los Blancos Bakal Menyesal Bila Memecat Zidanewww.fourfourtwo.com

Kalaupun di akhir musim nanti, manajemen Real Madrid mengambil langkah memecat Zidane, McManaman menyebut langkah tersebut bukan solusi terbaik. Sebab, tidak akan mudah mencari pengganti yang punya kualitas seperti Zidane.

"Jikapun manajemen harus melakukan perubahan, lalu pelatihnya diganti, tapi lalu siapa yang akan menggantikannya," ujarnya.

Spekulasi yang santer beredar, Zidane akan diganti oleh pelatih Tottenham Hotspur, Maurico Pocchettino mulai musim kompetisi 2018/19 mendatang. Namun, spekulasi tersebut dinilai McManaman tidak berdasar. Justru, dia menilai akan menjadi kesalahan bila mengganti Zidane dengan Pocchettino.

Menurut pria yang semasa bermain berposisi sebagai winger dan terkenal dengan gocekan dan kecepatan lari ini, Zidane jauh lebih mengenal Madrid ketimbang Pocchettino.

“Dia (Zidane) mengenal betul klub ini. Zidane sangat mengetahui sejarah dan seluk-beluk Real Madrid. Menurut saya dia pantas untuk dipertahankan oleh Real Madrid,” sambung McManaman yang kini berusia 46 tahun.

3. Anggap fans Madrid perlu bersabar

Legenda Madrid Sebut Los Blancos Bakal Menyesal Bila Memecat Zidanefootball.ua

Selain menyoroti masa depan Zidane, McManaman juga menyoroti kiprah Real Madrid musim ini. Menurutnya, performa Los Blancos memang kurang konsisten. Sehingga mereka harus tertinggal dengan poin yang cukup jauh di bawah Barcelona. Ia menganggap hal ini tidak biasa, mengingat pencapaian yang diraih oleh Real Madrid tahun lalu.

Namun, McManaman menilai fans harus bersabar. Apalagi, meski terbilang gagal di La Liga, tetapi Madrid masih berpeluang meraih di kompetisi Eropa. Real Madrid masih berpeluang meraih trofi Liga Champions. Cristiano Ronaldo dkk akan menghadapi Juventus di perempat final, yang digelar awal April mendatang.

Dan, Madrid layak senang karena Ronaldo tengah on fire. Di laga terakhir, Ronaldo membuat 4 gol saat Madrid menang 6-3 atas Girona (19/3/2018).

“Kami tahu kemampuannya. Kami sungguh sangat gembira karena di fase penting seperti ini, kami kembali bermain bagus dan mencetak banyak gol," ujar Zidane, dikutip dari As.com.

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya