Jalan Bareng, Ini 5 Atlet Catur Muda Indonesia Hingga Georgia!

#ANGPOIN Ada yang kelahiran tahun 2000 lho!

Permainan catur termasuk dalam cabang olahraga yang tidak melibatkan kekuatan fisik, namun membutuhkan kecerdasan dan pikiran yang fokus. Bicara soal atlet catur wanita, ada banyak lho yang masih muda dan berusia 20-an! 

Chelsie Monica, salah satu atlet catur putri mengunggah momen throwback kebersamaannya dengan teman-teman atlet dari berbagai negara saat mereka sedang berlibur ke Kawasan Gunung Merapi Yogyakarta pada Ajang Japfa Grandmaster & Women Grandmaster 2019 lalu. Penasaran siapa saja atlet catur putri muda nan berbakat ini? Yuk simak artikel berikut!

1. Chelsie Monica Ignesias Sihite 

Jalan Bareng, Ini 5 Atlet Catur Muda Indonesia Hingga Georgia!Chelsie Monica dan papan caturnya. (instagram.com/chelsie.monica/)

Atlet putri asal Balikpapan ini sudah memiliki ketertarikan akan catur sejak masih kanak-kanak! Ya, Chelsie mulai aktif pada tahun 2003 saat masih berusia 8 tahun. Penghargaan pertama berhasil Chelsie raih pada tahun 2005 yakni Juara 2 pada Ajang Asean Age Group Chess Championship di Muangthai. Wah masih 10 tahun lho sudah bisa menang penghargaan internasional, sukses selalu Chelsie!

2. Rucha Pujari 

Jalan Bareng, Ini 5 Atlet Catur Muda Indonesia Hingga Georgia!Rucha Pujari sedang bermain catur. (instagram.com/ruchess27)

Rucha Pujari ini atlet catur yang berasal dari India. Penghargaan nasional pertama ia dapatkan pada saat berusia 7 tahun di Ajang di Chennai, salut deh. Tahun ini Rucha genap berusia 27 tahun dan sudah mengukir banyak prestasi di kompetisi catur lho, salah satunya Gelar Woman International Master dengan rating 2268 pada tahun 2017. Semangat dan sukses selalu ya, Rucha!

Baca Juga: 10 Pemain Basket Aktif di NBA dengan Jumlah Rebound Terbanyak

3. Medina Warda Aulia

Jalan Bareng, Ini 5 Atlet Catur Muda Indonesia Hingga Georgia!Medina Warda Aulia di Ajang Philippines 30th Sea Games 2019. (instagram.com/medinawarda/)

Genap berusia 24 tahun ini, Medina merupakan Grandmaster Wanita Termuda di Indonesia lho! Pada tahun 2019, Medina berhasil mendapatkan tiket Piala Dunia Catur setelah memenangkan Juara Kategori Putra dan Putri di Ajang Asian Zone Fide di UlaanBaatar.

Selain berprestasi di kompetisi catur, wanita kelahiran Jakarta ini juga telah berhasil menyelesaikan pendidikan akademiknya di Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Indonesia. Wah seimbang banget nih antara prestasi akademik dan olahraga, sukses untuk ke depannya Medina!

4. Keti Tsatsalashvili

Beranjak dari Asia, yuk kenalan sama Keti! Grandmaster wanita asal Georgia ini baru saja merayakan ulang tahun yang ke 29 pada 10 Juni lalu. Keti mendapatkan penghargaan FIDE International Women Master pada tahun 2008, di saat usianya masih 16 tahun. Selain mengukir prestasi di dunia catur, Keti ini memiliki hobi travelling lho! Hal ini sangat terlihat dari unggahan akun instagram Keti yang sering mengunjungi tempat-tempat indah di dunia.

5. Ummi Fisabilillah

Jalan Bareng, Ini 5 Atlet Catur Muda Indonesia Hingga Georgia!Ummi Fisabilillah di Ajang SEA Games 2019 (instagram.com/fisabil10/)

Ummi Fisabilillah ini kelahiran tahun 2000 lho, guys! Iya, masih berusia 21 tahun ini. Ummi mengikuti kompetisi internasional pertamanya pada saat Olimpiade Catur di Turki pada tahun 2012. Gak berhenti sampai di sana, Ummi juga berkontribusi di Ajang ASEAN+ Age Group Chess Championship di Vietnam pada tahun yang sama. Wah, semangat Ummi memang keren banget nih, masih 12 tahun sudah mengikuti banyak ajang bergengsi di dunia. Sukses dan semangat terus, Ummi!

Nah itu dia 5 atlet putri usia 20-an yang sangat berbakat di olahraga catur, favorit kamu siapa nih?

Baca Juga: Pecatur Muda Berbakat Lagi Disorot! 9 Potret Chelsie Monica

Hazna Deva Photo Verified Writer Hazna Deva

Menulislah ketika kamu tak mampu menyuarakan isi fikiranmu. haznadeva.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya