Belgia Sang Kuda Hitam Piala Dunia yang Melaju Mulus

Ancaman serius bagi tim-tim besar dunia

Sochi, IDN Times – Belgia yang disebut sebagai kuda hitam dalam Piala Dunia 2018 membuktikan tajinya dalam pertandingan pembuka melawan Panama. Bukan sekedar menang dengan 3 gol tanpa balas, The Red Devils juga mendominasi jalannya pertandingan.

1. Catatan subur dan apik Belgia

Belgia Sang Kuda Hitam Piala Dunia yang Melaju MulusFIFA.com

Dalam catatan yang dilansir Strataea, Belgia sudah mengemas 10 pertandingan tanpa kekalahan –11 dengan mengalahkan Panama. Dari 11 pertandingan itu, Belgia hanya 2 kali seri: melawan Meksiko dan Portugal.

Mengalahkan Panama dengan skor 3-0 dan penguasaan bola sebesar 60 persen makin menegaskan status kuda hitam Belgia di Piala Dunia. Total Belgia melepaskan 15 tembakan dengan 6 mengarah ke gawang, 7 melebar dan 2 diblok.

Penegasan dominasi Belgia juga dapat kamu lihat dari 9 sepak pojok yang didapat Hazard dkk. Itu dari sisi penyerangan, belum lagi pertahanan. Melawan Panama, Belgia berhasil melakukan ball recovery sebanyak 41 dan 12 sapuan. Satu catatan yang perlu diperhatikan Belgia, mereka harus berhati-hati dengan pelanggaran yang mereka buat. 

2. Opsi beragam dari skuat Belgia

Belgia Sang Kuda Hitam Piala Dunia yang Melaju MulusFIFA.com

Tidak hanya kualitas pemain, Belgia juga punya kedalaman skuat yang mumpuni. Jika kamu memperhatikan bagaimana Belgia bermain melawan Panama, kamu akan sadar bahwa Belgia tidak terpaku pada satu atau dua pemain saja.

Contohnya adalah Lukaku, meski menjadi target-man, namun pemain lain macam De Bruyne, Mertens, Carassco, Hazard dan Meunier tetap dapat berkreasi menciptakan peluang dari berbagai sisi.

Bicara kedalaman, Belgia masih menyimpan Fellaini, Tielemans, Kompany, Vermaelen dan Janujaz. Belgia hanya memainkan Mousa Dembele dan Thorgan Hazard, Nacer Chadli sebagai pengganti.

3. Gol-gol keren Lukaku dan Mertens

Belgia Sang Kuda Hitam Piala Dunia yang Melaju MulusFIFA.com

Belgia mendominasi jalannya pertandingan dan membuat Panama nyaris tidak berkutik. Mertens membuat Belgia unggul melalui sepakan volinya setelah terjadi kemelut di depan gawang Panama. Skor 1-0.

Dua menit selepas turun minum, Gol kedua lahir melalui kreasi De Bruyne pada menit 69. Umpan silangnya menemui Lukaku yang lolos dari offside dan menyundul bola masuk ke gawang.

Lukaku mengakhiri pertandingan melalui gol keduanya. Ia berlari menuju kotak penalti sebelum melepaskan tembakan chip yang tidak bisa dijangkau Penedo.

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya