Comscore Tracker

Lagu Resmi Piala Dunia Paling Berkesan dalam 24 Tahun Terakhir

#WorldCup2018 Mana yang paling berkesan buat kamu?

Jakarta, IDN Times - Piala Dunia memang bukan sekedar sepak bola, tapi juga musik. Buktinya, setiap Piala Dunia selalu punya lagunya sendiri. Piala Dunia tahun ini, misalnya, mengusung lagu berjudul 'Live It Up' yang dibawakan Nicky Jam, Will Smith dan Era Istrefi. Musik ini menampilkan mantan pemain timnas Brasil Ronaldinho dan cuplikan dari turnamen-turnamen sepakbola sebelumnya.

Sebelum 'Live It Up', banyak lagu resmi mengiringi Piala Dunia dalam 24 tahun terakhir. Nah, Berikut ini 7 lagu Piala Dunia yang berkesan.

1. We Are the Champions (1994)

https://www.youtube.com/embed/04854XqcfCY

Lagu ini adalah lagu resmi Piala Dunia 1994 yang dibawakan oleh band asal Inggris, Queen.

Gak cuma Piala Dunia, lagu ini sering diputar di berbagai acara olahraga, khususnya setelah adanya pemenang dalam satu pertandingan final.

2. The Cup of Life (1998) 

https://www.youtube.com/embed/dZDj2CnG5dE

Ricky Martin mengeluarkan album ini pada 9 Maret 1998, sebagai single kedua dari Vuelve (1998). 

"The Cup of Life" menjadi lagu resmi Piala Dunia 1998 di Perancis dan menduduki puncak tangga lagu di banyak negara di seluruh dunia. Bahkan lagu ini sempat dicover P-Project dengan judul Lagunya Lagu Bola.

3. Boom (2002) 

https://www.youtube.com/embed/HZ_L0jlsaOI

Untuk Piala Dunia 2002 yang diadakan di Korea-Jepang, penyanyi asal Amerika Anastacia membawakan lagu ini.

Di awal video, sebuah mobil sedang menyetir dan radio memainkan "One Day in Your Life". Tiba-tiba mobil berhenti dan lampu kilat terlihat di langit. Kemudian lagu dimulai dan Anastacia tampil di panggung kecil di depan orang banyak. Selama video tersebut, beberapa orang mendapat sorotan ke pesta ini, beberapa dari mereka adalah pemain sepak bola.

4. The Time of Our Lives (2006) 

https://www.youtube.com/embed/4aOxDHqWyK0

Lagu ini dibawakan oleh kuartet Il Divo dan penyanyi R & B Amerika Toni Braxton. 

Pada hari yang sama itu dirilis sebagai single di benua Eropa, mencapai sepuluh besar di Swiss, dua puluh teratas di Jerman dan Norwegia, dan tiga puluh teratas di Italia dan Austria, serta nomor lima puluh dua di Hot Eropa 100 Singles.

 5. Waka-waka (2010) 

https://www.youtube.com/embed/pRpeEdMmmQ0

Lagu yang dibawakan Shakira ini memiliki arti This Time For Africa karena dijadikan lagu resmi Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Di Amerika Serikat, lagu ini memuncak di nomor 38 di chart Billboard Hot 100 dan kemudian mendapat sertifikat platinum oleh Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA) karena terjual lebih dari satu juta unit.

Lagu ini juga mendapat sertifikasi platinum sembilan kali di Swedia dan sertifikasi platinum enam kali di Spanyol. "Waka Waka telah terjual 10 juta unit di seluruh dunia, menjadi salah satu single terlaris sepanjang masa.

6. We Are One (2014) 

https://www.youtube.com/embed/TGtWWb9emYI

Ini adalah lagu yang dibawakan rapper Pitbull untuk Piala Dunia 2014 yang diadakan di Brasil. Lagu ini juga menampilkan penyanyi Amerika Jennifer Lopez dan penyanyi Brasil Claudia Leitte.

"We Are One" telah mengalami kesuksesan komersial, mencapai 20 besar di negara-negara termasuk Austria, Perancis, Jerman, Italia, Spanyol, dan negara tuan rumah Piala Dunia, Brasil. Lagu ini mencapai puncaknya di nomor 1 di 3 negara.

7. Live It Up (2018) 

https://www.youtube.com/embed/V15BYnSr0P8

Pada 21 Mei 2018, Will Smith memposting di media sosial bahwa ia dan penyanyi Nicky Jam akan berkolaborasi untuk lagu tema Piala Dunia 2018 resmi. Pesannya adalah: "One Life to Live. Live it Up".

Nicky Jam juga menyatakan bahwa: "Untuk merekam Lagu Resmi untuk Piala Dunia FIFA adalah pencapaian seumur hidup. Tidak banyak artis memiliki hak istimewa untuk dapat mengatakan mereka telah menjadi bagian dari ini. Saya sangat bangga dan bahagia," katanya.

Baca Juga:Piala Dunia 2018: Spanyol Pecat Julen Lopetegui

Line IDN Times

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You