Preview Brasil vs Swiss: Dua Tugas Berat Brasil

Mampukah Brasil kalahkan Swiss?

Jakarta, IDN Times - Brasil akan menghadapi Swiss dalam pertandingan kedua di grup E Pial Dunia 2018 di stadion Rosto Arena, Senin (18/6) dini hari nanti pukul 01.00 WIB.

Pertandingan ini menandai kembalinya Brasil di Piala Dunia setelah pengalaman tidak menyenangkan di Piala Dunia 2014. Brasil yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014 kalah dengan skor telak 7-1 dari Jerman.

Dengan kehadiran pelatih mereka Tite Brasil memiliki harapan baru. Namun meski diunggulkan, Brasil tetap harus waspada kepada tim yang dimotori oleh Xherdan Shaqiri ini. Brasil punya dua tugas dalam melawan Swiss: Pertahankan rekor dan misi balas dendam.

1. Dendam Brasil ke Swiss 9 tahun lalu 

Preview Brasil vs Swiss: Dua Tugas Berat Brasil twitter.com/BrazilEdition

Pertandingan ini akan membawa kenangan buruk bagi Brasil. Brasil dikalahkan Swiss pada 2009, dalam pertandingan fase grup Piala Dunia FIFA U-17 dengan skor 1-0. Hasil itu membuat Brasil angkat koper dan gagal maju ke babak gugur.

Saat itu, sejumlah pemain Brasil yang ikut serta dan bermain melawan Swiss dini hari nanti adalah: Penjaga gawang Alisson, gelandang Casemiro dan Philippe Coutinho, juga Neymar.

"Itu (kekalahan dari Swiss) adalah salah satu ironi kecil dalam hidup. Itu bukan waktu yang menyenangkan untuk kami karena kami tersingkir," kata Alisson seperti dilansir FIFA.com.

2. Demi pertahankan rekor 

Preview Brasil vs Swiss: Dua Tugas Berat Brasil Twitter/@FIFAWorldCup

Juara 5 kali Brasil tidak terkalahkan dalam pertandingan pembuka sejak Piala Dunia Italia 1934. Brasil telah memenangkan 16 dari 20 pertandingan pembukaan mereka di Piala Dunia. 

Mereka hanya kalah dua kali, pertama dari Yugoslavia dengan skor 2-1 pada tahun 1930. Kedua mereka kalah dari Uruguay dengan skor 3-1 di Pial Dunia Italia 1934.

Meski demikian, Swiss tidak akan diam begitu saja. Pelatih Swiss Vladimir Petkovic dan kiper Swiss Yann Sommer mengaku tidak takut dengan pemain bintang Brasil.

"Jika kita bisa menikmati permainan dan fokus serta punya kepercayaan diri yang cukup, maka Brasil tidak akan mudah menghadapi kami. Kami benar-benar fokus bermain dengan baik dan kami ingin mendapatkan sesuatu dari pertandingan ini," kata Sommer.

3. Susunan pemain 

Preview Brasil vs Swiss: Dua Tugas Berat Brasil Twitter/@FIFAWorldCup

Brasil: Alisson, Danilo, Thiago Silva, Miranda, Marcelo, Casemiro, Paulinho, Philippe Coutinho, Willian, Gabriel Jesus, Neymar.

Switzerland: Sommer, Lichtsteiner, Schaer, Akanji, Rodriguez; Behrami, Xhaka, Shaqiri, Dzemaili, Zuber, Seferovic.

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya