Preview Prancis Vs Belgia: Peluang Mencipta Sejarah

#WorldCup2018 Kekuatan yang berimbang

Saint Petersburg, IDN Times - Semifinal Piala Dunia 2018 akan dibuka dengan pertandingan Prancis melawan Belgia Stadion Saint Peterseburg, Rabu (11/7) dini hari pukul 01.00 WIB. Kedua tim sama-sama tidak terkalahkan dan selalu meraih hasil positif dari babak grup hingga penyisihan.

Prancis menundukkan Australia dan Peru dan bermain imbang dengan Denmark. Di babak penyisihan, Prancis berhasil mengalahkan Argentina dan Uruguay. Sementara Belgia berhasil melumat Tunisia, Panama dan Inggris di babak grup. Mereka juga gemilang dengan come back fantastis melawan Jepang dan kemenangan atas Brasil di semifinal.

Secara kekuatan keduanya tampak imbang, namun baik Prancis dan Belgia sama-sama memiliki celah dan strategi di pertandingan semifinal ini. Bagaimana keduanya bermain di Piala Dunia ini? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Bleacher Report.

1. Thomas Meunier absen, keuntungan untuk Prancis?

Preview Prancis Vs Belgia: Peluang Mencipta Sejarahen.psg.fr

Bek sayap kanan Belgia Meunier bermain bagus pada turnamen ini. Tidak hanya memiliki pertahanan yang baik, ia juga terlibat ketika tim menyerang dan merupakan bagian integral dari beberapa serangan balik Belgia yang mengesankan. Sayangnya Meunier dipastikan absen di semifinal ini. Naser Chadli diperkirakan akan menggantikan posisinya di kanan dengan Yannick Carassco bermain sebagai bek sayap kiri.

Nampaknya memang tidak ada masalah, namun perlu dicatat, Carassco akan menjadi sasaran dari serangan balik Prancis yang cepat. Ingat ketika Jepang berhasil mencetak gol pertama mereka, saat itu Carassco terlambat membantu pertahanan saat Jepang melakukan serangan balik. Terlebih ia akan melawan Kylan Mbappe yang memiliki lari yang kencang seperti saat melawan Argentina.

2. Sama-sama punya serangan balik, siapa yang akan unggul?

Preview Prancis Vs Belgia: Peluang Mencipta Sejarahfifa.com

Kedua tim sama-sama bagus dalam melakukan serangan balik dan mereka akan berusaha melakukannya dalam pertandingan nanti. Permainan cepat di 10-15 menit awal laga diperkirakan akan terjadi karena kedua pelatih sama-sama mengejar gol cepat. Namun Belgia harus waspada dengan serangan balik cepat Prancis. Tentu mereka tidak ingin Paul Pogba menemukan celah dan memberikan umpan kepada Antoine Griezmann atau Mbappe yang akan berlari kencang mendapatkan bola dan melewati 1-2 pemain Belgia.

Jika Prancis tertinggal lebih dulu, trio Belgia Eden Hazard, De Bruyne dan Romelu Lukaku bisa lebih mengeksploitasi pertahaan Prancis. Roberto Martinez bisa mulai dengan penyelarasan yang lebih standar, Lukaku sebagai penyerang tengah, tetapi kemudian beralih ke strategi yang digunakan saat melawan Brasil.

3. Belgia bisa manfaatkan tinggi pemain

Preview Prancis Vs Belgia: Peluang Mencipta Sejarahskysports.com

Belgia bisa menggunakan umpan-umpan panjang yang diarahkan ke depan gawang Prancis. Mereka punya sejumlah pemain tinggi yang akan berhadapan dengan Varane dan Umtiti. Sebut saja Lukaku, Chadli dan juga Fellaini. Kedua nama terakhir menjadi penyelamat Belgia dari Jepang.

Tidak hanya itu, dalam kondisi set piece kedua bek Belgia seperti Vincent Kompany dan Toby Alderweireld bisa membantu serangan. Jika skenario serangan balik dan memanfaatkan tinggi pemain gagal, kedua tim juga memiliki pemain yang siap melakukan tembakan jarak jauh.

Siapapun pemenang laga ini, mereka akan mencatat sejarah. Prancis bisa kembali merasakan nikmatnya final setelah 2006, sedang Belgia berpeluang mengulangi sukses 1986 sebagai tim peringkat 4 bahkan melampauinya.

Nantikan saja!

Baca juga: Prancis Vs Belgia di Semifinal, Begini Persiapan Kedua Tim

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya