Bundesliga 2017/18 Berakhir, Ini Catatannya Selama Satu Musim

Bayern München masih mendominasi

Kompetisi Bundesliga musim 2017/18 telah resmi berakhir, Sabtu (12/05/2018). Bundesliga sudah memainkan laga terakhirnya yakni pekan ke-34 secara serentak. Tentunya, perjalanan selama satu musim kompetisi kasta tertinggi di Jerman tersebut, menyajikan pertandingan-pertandingan yang berkelas dengan berbagai drama, serta catatan-catatan penting yang menarik untuk disimak.

Berikut ini adalah beberapa ulasan dari kompetisi Bundesliga musim 2017/18 seperti dikutip dari Bundesliga.com.

1. Bayern München raih gelar juara

Bundesliga 2017/18 Berakhir, Ini Catatannya Selama Satu MusimTwitter.com/Bundesliga_EN

Musim ini, dominasi Bayern München di liga masih terasa. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan tim asuhan Jupp Heynckes tersebut menjadi juara selama 6 kali berturut-turut. Terlebih, kepastian gelar juara liga Bayern München didapatkan jauh sebelum kompetisi resmi berakhir, tepatnya pada pekan ke-29.

Meskipun pada laga terakhir Bayern München mengalami kekalahan telak 1-4 melawan Stuttgart, namun tidak mengurangi kemeriahan perayaan gelar juara oleh para pemain München. Dengan raihan gelar juara musim ini, Bayern München telah meraih gelar juara liga sebanyak 28 kali.

2. Lewandowski raih penghargaan pencetak gol terbanyak

Bundesliga 2017/18 Berakhir, Ini Catatannya Selama Satu MusimTwitter.com/Bundesliga_EN

Robert Lewandowski resmi dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak Bundesliga musim 2017/18. Lewandowski meraih predikat tersebut dengan torehan 29 gol selama satu musim di Bundesliga.

Pemain berkebangsaan Polandia tersebut berhasil mengalahkan pesaing terdekatnya Nils Petersen, yang berada di peringkat kedua dengan torehan 15 gol.

3. Hoffenheim lolos ke Liga Champions musim depan

Bundesliga 2017/18 Berakhir, Ini Catatannya Selama Satu MusimTwitter.com/achtzen99_en

Keberhasilan Hoffenheim mengalahkan Borussia Dortmund 3-1 pada laga terakhir, membawa tim asuhan Julian Nagelsmann ke Liga Champions musim depan. Pada klasemen akhir, Hoffenheim berada di peringkat ketiga dengan perolehan 55 poin.

Dengan hasil ini, sudah ditentukan empat tim yang akan mewakili Jerman di Liga Champions musim 2018/19 yaitu, Bayern München, Schalke, Hoffenheim, serta Borussia Dortmund.

4. Hamburg SV terdegradasi untuk pertama kalinya

Bundesliga 2017/18 Berakhir, Ini Catatannya Selama Satu MusimTwitter.com/HSV_English

Hasil buruk harus diterima oleh Hamburg SV pada kompetisi musim ini. Hamburg SV harus terdegradasi dari kompetisi Bundesliga bersama dengan FC Köln yang sudah terlebih dahulu terdegradasi. Hamburg SV sebenarnya berhasil meraih kemenangan 2-1 saat melawan Borussia Möchengladbach pada laga terakhir. Namun pada waktu yang sama, pesaing terdekatnya Wolfsburg juga berhasil meraih kemenangan 4-1 atas FC Köln.

Dengan hasil tersebut, Hamburg SV harus terdegradasi untuk pertama kalinya ke Bundesliga 2, setelah 54 tahun berkompetisi di Bundesliga. Sedangkan Wolfsburg yang berada di posisi 16 klasemen akhir atau batas zona aman dari degradasi, harus memainkan partai play-off melawan Holstein Kiel untuk menentukan tim mana yang akan berada di kompetisi Bundesliga musim 2018/19.

Itulah ulasan dari perjalanan satu musim kompetisi Bundesliga musim 2017/18. Sebagai salah satu kompetisi elite yang ada di Eropa, pada musim depan Bundesliga pasti akan dinantikan oleh para penikmat sepakbola.

Tentunya dengan harapan, ada tim yang bisa memutus dominasi juara bertahan sehingga akan ada juara baru dari ranah Jerman musim depan. So, menarik ditunggu bagaimana jalannya kompetisi Bundesliga musim 2018/19.

Ibnu Ramdhani Tanzilan Photo Writer Ibnu Ramdhani Tanzilan

Tidak pernah berhenti untuk selalu belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya