Inilah Tim yang Mengalami Kekalahan Terbanyak di Piala Dunia 2018

#WorldCup2018 Bahkan Inggris termasuk!

Perhelatan Piala Dunia Rusia 2018 resmi berakhir, Senin (16/7) dini hari WIB. Prancis berhasil merengkuh trofi Piala Dunia untuk kedua kalinya sejak terakhir tahun 1998, mengalahkan Kroasia pada partai final dengan skor 4-2, di Stadion Luzhniki, Moskow. Tentunya banyak rekor serta catatan-catatan yang terangkum dalam perhelatan turnamen akbar sepakbola empat tahunan tersebut.

Salah satunya catatan mengenai kekalahan terbanyak yang dialami negara peserta di Piala Dunia edisi ke-21 ini. Dari 32 negara yang berpartisipasi, ternyata ada tiga negara yang mengalami tiga kali kekalahan pada Piala Dunia 2018. Berikut ini adalah ulasan mengenai ketiga negara tersebut.

1. Mesir

Inilah Tim yang Mengalami Kekalahan Terbanyak di Piala Dunia 2018Twitter.com/FIFAWorldCup

Tergabung di Grup A bersama dengan tuan rumah Rusia, Uruguay, dan Arab Saudi, tim besutan Hector Cuper ini sama sekali gagal meraih satu kali pun kemenangan di fase grup. Dikutip dari laman FIFA, The Pharaohs harus mengakhiri kiprahnya di Piala Dunia dengan menempati peringkat terakhir di Grup A. Dari tiga kali bertanding, semuanya harus dilalui Mesir dengan kekalahan yakni saat melawan Uruguay (2-0), Rusia (3-1), serta Arab Saudi (2-1). 

Sementara dari segi produktivitas gol, Mesir hanya mampu mencetak 2 gol di Piala Dunia 2018 yang semuanya dicetak pemain bintang mereka, Mohamed Salah dan kemasukan 6 gol. Tentunya hasil ini mematahkan berbagai prediksi sebelum dimulainya Piala Dunia bahwa Mesir dinilai bisa menunjukkan penampilan terbaiknya dengan bertumpu pada Mohamed Salah.

2. Panama

Inilah Tim yang Mengalami Kekalahan Terbanyak di Piala Dunia 2018fifa.com

Panama jadi tim kedua yang mengalami tiga kekalahan pada putaran final Piala Dunia 2018. Tergabung di grup G bersama dengan Belgia, Inggris, dan Tunisia, tim berjuluk Los Canaleros ini juga gagal meraih kemenangan di fase grup. Sama seperti Mesir, Panama juga menelan tiga kekalahan dari tiga pertandingan saat menghadapi Belgia (3-0), Inggris (6-1), serta Tunisia (2-1).

Jumlah gol Panama juga sama dengan Mesir, hanya mencetak 2 gol dengan Felipe Baloy menjadi pencetak gol pertama bagi Panama di pentas Piala Dunia sekaligus menjadi pencetak gol tertua di ajang Piala Dunia 2018 (berumur 37 tahun). Sementara Panama juga menjadi tim dengan catatan kemasukkan terbanyak di Piala Dunia 2018, dengan 11 gol dari tiga pertandingan.

3. Inggris

Inilah Tim yang Mengalami Kekalahan Terbanyak di Piala Dunia 2018fifa.com

Menjadi salah satu kandidat juara Piala Dunia dengan selalu menyerukan slogan Football is coming home, Inggris justru harus menyamai rekor buruk Mesir dan Panama dengan menjadi tim yang mengalami tiga kekalahan sepanjang perhelatan Piala Dunia di Rusia. Inggris tercatat mengalami kekalahan saat melawan Belgia (1-0) di fase grup, Kroasia (2-1, melalui extratime) di semifinal, dan Belgia (2-0), pada perebutan tempat ketiga.

Total dari 7 pertandingan yang dilakoni Inggris sepanjang putaran final Piala Dunia 2018, tim besutan Gareth Southgate tersebut sudah mencetak 12 gol dan kemasukkan sebanyak 8 gol. Inggris juga mengakhiri turnamen sebagai peringkat empat dan Harry Kane yang menjadi andalan di lini depan, berhasil meraih gelar Golden Boot dengan torehan 6 gol.

Ibnu Ramdhani Tanzilan Photo Writer Ibnu Ramdhani Tanzilan

Tidak pernah berhenti untuk selalu belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya