Comscore Tracker

Valverde Dipecat Barcelona, Digantikan Quique Setien

Quique Setien, selamat datang di Barcelona

Ernesto Valverde telah dipecat oleh Barcelona, setelah kalah dari Atletico Madrid di semifinal Piala Super Spanyol 3-2. Saat ini Barcelona masih memuncaki klasemen La Liga. Posisi Valverde digantikan oleh mantan pelatih Real Betis, yaitu Quique Setien yang dikontrak sampai Juni 2022.

1. Statistik Valverde selama di Barcelona

Valverde Dipecat Barcelona, Digantikan Quique Setienindependent.co.uk

Sebelum melatih Barcelona, Valverde melatih Athletic Bilbao dan Valencia. Valverde menggantikan Luis Enrique pada Mei 2017.

Valverde memimpin Barcelona dalam 145 pertandingan memperoleh 97 kemenangan, 32 hasil imbang, dan 16 kekalahan. Selama Valverde di Barcelona telah mempersembahkan dua gelar juara La Liga, satu juara Copa Del Rey, dan satu juara Piala Super Spanyol.

2. Xavi dan Ronald Koeman menolak Barca

Valverde Dipecat Barcelona, Digantikan Quique Setienforbes.com

Mantan pemain Barcelona Xavi Hernandez dan Ronald Koeman ditawarkan untuk mengisi kursi Valverde di bulan ini, tapi keduanya menolak tawaran Barcelona. Koeman saat ini melatih timnas Belanda.

Xavi dikabarkan siap melatih Barcelona jika ditawarkan di akhir musim, tapi Barcelona menginginkan pelatih tetap di bulan ini dan menunjuk Quique Setien. Xavi saat ini melatih klub Qatar Al Sadd.

Baca Juga: Dipecat Barcelona, Rapor Ernesto Valverde Ternyata Lumayan Bagus

3. Karier Quique Setien sebagai pelatih

Valverde Dipecat Barcelona, Digantikan Quique Setientelegraph.co.uk

Setelah pensiun Quique Setien memulai karier kepelatihannya di mantan klubnya Racing Santander pada tahun 2000. Lalu melatih Poli Ejido, kemudian tim nasional Guinea Khatulistiwa. Lalu berlanjut ke Lugo selama 5 tahun dengan membawa tim tersebut promosi ke Segunda Division B.

Di La Liga Setien melatih Las Palmas kemudian bergabung dengan Real Betis di 2017. Perfoma yang menurun membuat Setien meninggalkan Real Betis meskipun kontraknya masih tersisa satu tahun.

4. Quique Setien semasa jadi pemain

Valverde Dipecat Barcelona, Digantikan Quique Setienmirror.co.uk

Quique Setien selama kariernya sebagai pesepak bola pernah bermain untuk Racing Santander, klub kampung halamannya selama 8 tahun. Di sana Setien mencetak 45 gol dari 205 penampilannya.

Quique Setien juga pernah berseragam Atletico Madrid,  Logrones, dan pensiun di Levante. Semasa bermain Setien berposisi sebagai Gelandang tengah.

5. Quique Setien terinspirasi oleh legenda Barca Johan Cruyff

Valverde Dipecat Barcelona, Digantikan Quique Setienexpressandstar.com

Quique Setien memiliki gaya kepelatihan yang menekankan penguasaan bola mirip dengan gaya Johan Cruyff. Quique Setien berkata kepada Voices Coaches di 2019, "Saya ingat ketika Johan Cruyff datang ke Barcelona. Anda bermain melawan mereka, dan Anda menghabiskan seluruh pertandingan merebut bola. Saya berkata pada diri sendiri, Ini yang saya suka. Saya ingin berada di tim ini, dan saya tahu mengapa ini terjadi. Bagaimana Anda bisa membuat tim memiliki bola secara permanen, sehingga lawan berusaha merebut sepanjang pertandingan."

Bagaimana perfoma Barcelona dimasa Quique Setien, mampukah Setien memberikan gelar untuk Barcelona di musim ini?

Baca Juga: Quique Setien, Opsi Buntung atau Untung bagi Barcelona?

Ifan Wijaya Photo Community Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You